One More Thing: Desain Blog (GRATIS)


Tepat satu tahun yang lalu saya menulis tentang sebuah catatan perjalanan blog ini. Kemudian tepat hari ini pula, saya membaca tulisan itu lagi dan menemukan hal yang seharusnya sudah saya lakukan sejak dari dulu. Helping people problems.

Saya menyukai dunia blogging, terutama terkait hal-hal teknis seperti data, kode dan desain. Tapi, bukan berarti saya mengesampingkan writing skills. Ya nulis, ya kadang bantu-bantu desain juga.

Seringkali saya menemukan blog yang boleh dibilang memiliki tampilan kurang memuaskan. Entah karena desain yang tidak tuntas atau pemilik blog tersebut tidak memiliki pengetahuan dasar untuk memperbaiki blognya sendiri.

Mungkin, sudah mencoba untuk memperbaikinya tapi gagal. Sudah membaca berbagai tutorial dan literatur tentang 'how to solve this and that' tapi-ya-ujungnya-nggak-ngerti-juga. Udah baca-baca dev.jungjawa.com juga nggak ngerti. Ya kalo ngerti dikit, lha kalo makin pusing?

Why? Karena memang pada dasarnya tidak semua orang menguasai segala hal. Well, I'm very lucky guy. Blogging yang sudah menjadi hobi ini membawa saya untuk sedikit demi sedikit bisa mendesain blog sendiri, walaupun hanya lewat blogspot.

Lha terus gimana?

Blogging adalah hobi dan mendesain blog menjadi hal yang menyenangkan. Bagaimana jika saya berbagi kesenangan ini? Sounds pretty good, right?

Nggak muluk-muluk sih, ya kalau ada yang bisa saya bantu terkait coding/desain blog di blogspot/Blogger bisa hubungi saya melalui Twitter atau hello@jungjawa.com. Saya nanti coba bantu aja dan carikan solusinya. Siapa tau bisa diskusi bareng, hal-hal baru yang enggak pernah kepikiran. Jadi, pengerjaan tetap kalian yang melakukannya.

Kenapa kalian yang ngerjain sendiri? Karena saya ingin kalian ikut terlibat dan belajar. Do it yourself, you shouldn't give up even if it's hard to understand. Ya, kalo cuman orang lain yang ngerjain, nanti ada masalah lagi kan nggak ngerti ya susah. Supaya blogger nggak cuman dipandang sebelah mata. Ibarat punya rumah tapi mau pasang TV/hal-hal simpel aja harus butuh bantuan orang lain.

One more thing

Apakah ada biaya untuk itu semua? Nggak. GRATIS. Saya memang ingin banyak blog yang bagus. Bagus kontennya, bagus desainnya, enak bacanya. Kalau kalian ingin menghargai bantuan saya, jangan berikan ke saya. Kalau dalam bentuk uang, bisa kalian donasikan. Sudah banyak crowdfunding enabler di Indonesia. Mungkin Kitabisa.com bisa jadi contohnya.

Terkadang hidup butuh kebaikan kecil yang tidak terasa itu sangat berharga untuk orang lain. Bukan perkara besar atau kecil bantuan yang kita berikan, tapi maukah kita membantu orang lain.

Thank you, as always, for reading

Komentar

  1. Hmm lha blog punya saya termasuk kategori tampilan kurang memuaskan tidak yaaaa malah dadi insekyur huhuhu (di luar ukuran huruf yang barangkali tidak lansia-friendly menurut standar mas Arif wqwqwq)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huruf-huruf di blog aku sekarang ukurannya sudah rabun-friendly dibandingkan sebelumnya! (Tapi masih belum lansia-friendly.)

      Hapus
  2. Duh ternyata blognya Bang Jung nggak cuma satu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blognya sih satu, subdomainnya aja yang banyak haha

      Hapus
  3. Salut mas, jiwa sosialnya menginspirasi.

    Semoga saya bisa konsultasi juga di sini

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Post

Yuk Kenalan dengan Berbagai Jenis Power Plant yang Ada di Indonesia

Pengalaman Pengembalian Dana (Refund) Tiket Pesawat di Traveloka

LOGO BARU PIZZA HUT