4 Tahun Ngeblog, Sebuah Catatan Perjalanan | Good Ideas. Great Stories.
Empat tahun lalu, saya sedang membaca buku. Terbitan Bukune dengan judul "Kancut Keblenger: Digital Love". Beberapa penulis yang cukup populer berkesempatan menuliskan kisahnya di sana. Saya menulis sebuah artikel untuk buku tersebut. Kemudian waktu berlalu dengan sangat cepat. Tak terasa sudah empat tahun lebih sejak saya menulis artikel tersebut.

Saya mulai membuat blog sejak SMP, sebuah blog yang sangat kekanak-kanakan yang dulu terlihat keren, tapi sekarang terlihat menggemaskan jika diingat kembali. Menulis untuk klub sepak bola kesayangan, AC Milan dan sang bintang, Ricardo Issacson Dos Santos Leite yang lebih mudah jika dipanggil dengan nama Kaka saja.

Waktu itu saya tidak memiliki orientasi yang jelas tentang dunia blogging. Bahkan, mengerti tentang aktivitas blogging pun tidak.

Hanya menulis saja. Entah ada yang mau membaca, membagikannya atau pun rutin mengunjunginya. Saya tidak peduli. Sungguh.

Hingga akhirnya saya mengenal Dzalika. Seorang wanita yang hingga sampai saat ini saya anggap sebagai kakak dalam dunia kepenulisan. Khususnya sebagai orang yang memperkenalkan saya di dunia blogging lebih dalam lagi.

Dari dirinya, ada banyak hal yang saya bisa pelajari. Tentang bagaimana menulis yang baik untuk pembaca dan diri sendiri. Hingga mempelajari EYD dan diksi yang digunakan dalam menyusun sebuah artikel.
Membawa kami mengikuti sebuah project kolaborasi sebuah majalah online, Notif Magz. Sungguh menyenangkan. Pun dengan Katanium pada akhirnya.

Banyak hal yang terjadi selama empat tahun terakhir. Mengenal Blogger dari berbagai daerah hingga sampai dengan ikut bergabung bersama komunitas blogger. Ya, Warung Blogger dan Blogger Solo.

Dan rasanya, saya cukup kecil di dunia blogging yang sungguh sangat luas ini. Mungkin saya tidak bisa travelling kemana-mana layaknya Bena, Fubuki Aida maupun Om Yosh.

Mungkin juga saya tidak bisa meracik bahan masakan dan bumbu-bumbu agar menarik dalam sebuah artikel seperti yang dilakukan oleh Mak Ranny atau Mak Etyabdoel.

Pun saya harus mengakui ada banyak yang harus saya pelajari dari sisi teknologi Web/Blog development seperti Pandu Tuxlin, Mas Slara atau Udafanz.

Selain itu, saya juga banyak belajar dari blogger dengan sudut kemiringan pemikiran hampir 180 derajat seperti Ilham Bachtiar.

Atau menulis dengan lugas dengan mengandalkan inner beauty laksana Zulfana Imama. Bahkan, saya haru mengakui kalau untuk masalah lucu-lucu, Landhiani dan anime adalah juaranya.

Pada awalnya saya sudah memiliki roadmap yang saya pelajari dan pernah saya bahas bersama Dzalika. Membawa jungjawa.com pada niche desain. Yup, siapa yang tidak merasa terbantu dengan desain? Imagine words without design.

Keren tho?

Namun, semakin ke sini saya sadar. My subjective opinion was dominated here. Sehingga saya menulis untuk segalanya. Ya ndisen, ya nulis ya bantu-bantu orang lain juga. Apa yang lebih mengasyikkan ketika bisa membantu orang lain?

Sehingga, saya menulis tidak hanya untuk diri sendiri saja, tapi juga untuk orang lain. Berharap dengan begitu saya mampu membantu mereka. Menulis tutorial, tips dan segalanya tentang blogging based on my experience.

Baca juga: Mengejar Passion, Coba Pikir Dulu

Membantu membuat desain, template blogspot dan berharap akan ada banyak orang yang bahagia dengan usaha saya. Dan saya bahagia dari bayaran yang mereka sisihkan untuk saya sebagai syukur atas istilah harga teman. Sungguh simbiosis mutualisme yang mengasyikkan.

Untuk fee? Saya ndak mau pasang tinggi. Bagi saya, blogging bukan perkara uang. Bukan perkara berapa banyak yang saya hasilkan dari job review atau content placement selama satu bulan. Atau, perkara berapa banyak lomba yang dimenangkan.

Toh itu semua tidak akan ada artinya kalau kita tidak berguna untuk membantu orang lain. Untuk apa kaya tapi hanya untuk diri sendiri? Segala-galanya butuh uang, tapi uang bukan segala-galanya.

Di blog ini, saya ingin menulis apa yang dibutuhkan oleh orang lain. Tentang apa yang kalian pedulikan. Sebisa mungkin saya menuliskannya dengan baik sehingga bisa membantu apa yang sedang dicari.

Saya ingin menggunakan pengalaman saya–tentang blogging, desain dan sometimes maybe about search engine optimization–untuk membantu orang lain di luar sana. Mempermudah mereka yang ingin mempelajarinya dan menghadapi permasalahannya.

Saya tidak ingin membuatnya ribet dan terkesan susah. Email saya selalu terbuka untuk kamu yang mungkin saja ingin bertanya-tanya. Jangan sungkan untuk mengirimkannya di hello@jungjawa.com.

Bebas. Mau ngobrol tentang SEO, ngobrolin desain blog atau kita bisa diskusi ringan tentang Attack on Titan. Bebas.

Pun jika memungkinkan, saya juga akan menuliskannya di jungjawa.com. Dengan harapan akan lebih banyak orang yang terbantu atas permasalahan yang sama dari diskusi kita tadi.

Terima kasih sudah bersama saya hingga saat ini. Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk kalian yang meluangkan waktu membaca di blog ini, terutama artikel ini.

Thank you, as always, for reading.

Komentar 34

Sampaikan pendapatmu di sini:

  1. Bang
    Bantu saya dong
    Gimana caranya dapat uang tapi g kerja
    Mohon y tipsnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. saya nggak tau. Kalo saya tau, nggak bakal ngasih tipsnya :D

      Hapus
  2. Pun dengan saya, dulu asal nulis saja. Dan sekarang mulai sedikit memprioritaskan beberapa tema. Paling penting lagi adalah, dari blog saya bisa mendapatkan banyak keluarga hampir di setiap kota. :-)

    BalasHapus
  3. Mas Jung hatimu sungguh mulia
    Niat baikmu juga luar biass

    BalasHapus
  4. jung :)
    aku terharu. sungguh terharu. Jung panutanqoe :)
    semoga tetap menjadi jungjawa yangs sederhana dan layaknya jung yang bena kenal. aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya termasuk orang yang terbaru dengan ilmu dari Jung. Semoga esok hari saya bisa membalas kebaikan Jung.

      Hapus
  5. Ish mantap sebuah niat ngeblog yang muliaa.
    Semogaaa setiap kosakata dari blog ini bisa jadi alasan masuk surga yaaa..

    BalasHapus
  6. wah sudah 4 tahun yaa bang jung ternyata nge-blog. boleh deh nanti tanya2 sama bang jung

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Wah mantap deh bisa bantu orang lain.. Saya aja belum bisa sepertinya berbuat seperti yang dilakukan karena kebanyakan blog aku tentang lomba aja nih...

    BalasHapus
  9. Wah semenjak SMP ya...saya malah setelah lulus kuliah. Fighting!

    BalasHapus
  10. Saya suka blogger seperti ini. Uang dan penghargaan memang penting tp isi tulisan itu sendiri jauh lebih penting. Ini tentang seberapa besar kita bermanfaat utk org lain

    BalasHapus
  11. beruntungnya punya kenalan yang bisa mengarahkan tentang ngeblog yang lebih bermanfaat dan produktif ya
    saya dulu ngeblog jg gitu
    curhat ga jelas aja
    akhirnya ketemu komunitas
    jadi makin terpacu
    malah sekarang jd tambahan penghasilan hehehe

    BalasHapus
  12. Selamat 4 tahunan ya. semoga selalu sukses dan selalu memberikan kontribusi terbaik di dunia blog *celingak celinguk nyari nama saya ditulisan ini* :p

    BalasHapus
  13. wah...aku mulai ngeblog setelah punya anak, telat banget ya...tapi alhamdulillah, biar telat tapi bermanfaat...

    BalasHapus
  14. Mantab mas Jung udh ngeblog sampai 4 tahun.. saya dulu awalnya ngeblog juga mau fokus ke Niche tekno.. tapi cm bertahan 1 tahun dan ternyata lebih enak menulis dari pengalaman saya sendiri.. karena ngeblog itu kayak hobi, uang yg didapat saya anggap sebagai bonus dari hobby saya mas

    BalasHapus
  15. Wah selamat Mas Happy Aniv ke 4. Sukses terus buat jungjawa.com semoga punya ku juga bisa awet dan semangat nulis. Sekarang soalnya kaya gunung naik turun haha

    BalasHapus
  16. Selamat memasuki tahun ke-4 karena tidak mudah untuk konsisten! Tentunya banyak pengalaman yang didapatkan, manfaat bisa berupa materi dan non materi. Jika keduanya bisa beriringan tentunya juga baik.

    BalasHapus
  17. Aku duluuu banget masih nulis alay2 gitu. Tp waktu berlalu kita jd makin byk belajar apalagi kalau sdh kenal dg byk blogger yg lbh senior. Jgn berhenti belajar deh

    BalasHapus
  18. Ngeblog itu apa yg diulas gak akan habis. Saya aja msh bingung soal SEO. Hrs mau byk tahu dan knal byk org

    BalasHapus
  19. Perjalanan yang lama membuahkan hasil ya kak. Ngeblog awalnya tulisan. Acak acakan dan seiring berjalannya waktu pasti mengetahui tulisan yg baik dan bisa menghasilkan lagi dari ngeblog

    BalasHapus
  20. Bersyukur bisa singgah di blog ini, mengenal mas JungJawa - atau siapalah nama aslinya - yang orang Solo.
    Selalu ada "magnet" ketika saya "bertemu" dengan kampung halaman. Saya merindukan Solo setiap saat. Maka saya selalu senang menemukan orang-orang Solo di jagat dunia maya. Kalau sebelumnya saya telah mengenal mbak Ety Abdoel, mbak Ranny, mbak Arinta, sekarang ada mas JungJawa.
    Salam kenal, Mas :)

    BalasHapus
  21. Kalo aku baru mulai tahun 2009 ..ya alay juga sih walau umur tak lagi muda , suka utama Atik template gratisan... , Makin kesini banyak ilmu yg didapat .apalagi blog teman2.. terus coba2 memonetize..

    BalasHapus
  22. wah aku malah masih newbie banget didunia blogging. sampe skrg jg masih blm tahu mau dibawa kemana hubungan ini.. eh blogku maksudnya.. nichenya aja blm tahu apaan hahaaha..


    tapi pengen juga berbagi manfaat ke banyak org melalui share di blog. kayak yg dilakukan jung skrg ini. terutama ttg seo

    BalasHapus
  23. Wah selamat ya mas ngeblognya udah 4 tahun aja.. jadi inget dulu aku buat blog masih jamannya alay waktu masih sekolah hihi isinya ya gitu deh banyakan curhatnya

    BalasHapus
  24. Nama aku kok gak disebut di artikelnya sih, Jung *lah* wkwkwk

    BalasHapus
  25. Salam kenal kakak... Banyak yang bisa diulik di blog ini...

    BalasHapus
  26. Mas Jung,
    Mau tanya doonk..kalo template sering gonta-ganti ((akibat mudah bosan)) itu ngefek gak siih...ke SEO atau penilaian-penilaian serupa ala mbah Google?

    Aku pernah pesen template ke salah seorang blogger, dan doi pesen-pesen ke aku..."Jangan ganti-ganti lagi yaa, mbak...Ini terakhir kali."

    Kan KZL aku digituin yaa..?
    Apakah ada basic keilmuannya gittu...kalo sering gonta-ganti ((pasangan, eh..)) template, maksudnya.
    Hiihhii..

    Haturnuhun.

    BalasHapus
  27. Kalau bahas Tokyo Ghoul boleqa aq? Masnya, blog aku nggak dicantumin dalam kategori orak arik nggak genah nih?

    BalasHapus
  28. YASALAAAAAAM ADA NAMAKU DI SINI :")))))))))))))))))))

    Maturnuwun mz sudah saya yang jelata nista ini sudah dimasukkan ke dalam postingan blog napak tilas perjalanan blogging huhuhu... biarpun hidup saya hanya bermodal indomi dan inner beauty.

    BalasHapus
  29. aku terharu disebut di sini jung :D
    Kamu mungkin bukan travel blogger jung. Tapi kamu selalu berhasil membuat pembaca menjelajahi setiap huruf dalam belantara kalimat tulisanmu. wkwkwkwk

    BalasHapus
  30. Aku Suka banget sama Tulisan ini, menginspirasi dan tidak monoton membosankan...
    enak dibaca... Thanks Ilmunya ya...

    BalasHapus
  31. Mantap, Mas Jung! Tetap menjadi diri sendiri yang sederhana, yooo~
    Kalau ngobrolin Attack on Titan kayaknya selow bener. :p

    Btw, Uni Dzalika memang mentor yang baik hehe. :D

    BalasHapus
  32. komunitas kancut keblenger ini masih ada gak sih mas? aku soalnya udah gak update tentang komnunitas blogger yang pentolan lama.

    deddyhuang.com

    BalasHapus

Good Ideas. Great Stories.

Feel free if you want to send an email to me and ask anything, or just to say hello!

hello@jungjawa.com

Copyright © jungjawa 2017