Gimana Sih Caranya Menulis Blog Tanpa Keyword? | Good Ideas. Great Stories.
blog-tanpa-keyword-tapi-value


Seriously? Awalnya gue nggak kepikiran tentang keyword dan lainnya. Apalagi untuk menulis sebuah artikel di blog. Entah itu blog milik sendiri seperti di jungjawa.com ini atau untuk media lain.

Buat gue, keyword stuffing keknya udah so last year banget. Gimana nggak kuno? Gue sebagai pengguna internet ikut kena imbasnya. Misal gue cari sesuatu tentang topik A, nah yang gue temuin bukan hal yang gue maksud. Tapi jauh melenceng gara-gara keyword atau kata kunci yang nggak bener tadi.

Gue sih nggak masalah lah ya, tapi blog tadi pasti punya bounce rate yang gede banget karena kontennya yang tipu-tipu. Visitor sekali masuk langsung close tab gitu aja. Emangnya mau narget visitor yang aslinya human being apa robot dan spider sih?

Sebenernya gue males banget buat belajar keyword yang harus kita pake di blog. Menurut gue, itu apa banget lah. Gue lebih suka menyebut keyword atau kata kunci dengan istilah lain, yaitu value.

Blog sukses belum tentu berguna

Jadi gini, apa sih value dari artikel atau post yang kita buat di blog? Yakin nggak kalo post kita tadi emang punya value yang bener-bener dibutuhkan oleh pengunjung? Nah, itu dia yang harus kita cari. Bukannya orientasi keyword tadi.

Lo boleh aja nulis artikel panjang lebar yang isinya full targeted keyword. Tapi kan gini, ujung-ujungnya orang buka artikel milik lo buat cari informasi. Fyi aja sih, gue lebih suka menggunakan search engine berdasarkan opini dari penulis. 

Misal gini, biasanya orang akan mencari lezatnya Sop Buntut Bu Ugi di Tawangmangu dengan cara menulis “Bu Ugi Tawangmangu” atau “Sop Buntut Bu Ugi”. Tapi, karena gue mau cari artikel yang pure opini jujur tentang Sop Buntut Bu Ugi, maka gue akan menulis “Sop Buntut Bu Ugi menurut gue”.

Pencarian dengan kata "gue" (kiri) dan pencarian biasa (kanan)

Nah, kata “gue” dan “menurut” di atas gue masukkan dalam keyword pencarian yang gue lakukan agar mendapatkan artikel tentang opini jujur. Soalnya, kalo gue nggak menyertakan kata “gue” dan “menurut”, maka akan banyak sekali artikel yang isinya cuman enak-enaknya aja. Yeah, BS.

Jadi, gue sebenernya cuman mau cari artikel yang memang punya value buat pembaca. Bukan artikel yang keyword stuffing. Sehingga, buat lo yang mau nulis tentang artikel dengan keyword tertentu, jangan terpaku sama keyword atau kata kunci itu tadi. Bikinlah value buat pembaca lo.

Penggunaan kata opini dalam bentuk keyword kata "gue" bisa diubah dengan "saya" atau yang lain. Berlaku juga dalam pencarian menggunakan bahasa Inggris.

Blog dibikin kek diary gimana? Boleh banget, misal lo punya cerita apa kek, ceritain aja di blog lo. Seenggak-enggaknya lo punya value kan? Mau komedi, tutorial, unboxing, travel-notes, tips dan lain sebagainya pasti punya value. Gue nggak ngebahas jenis, tapi cara menulisnya. Fokus di konten aja deh, gak usah pusing mikirin H1, H2, H3 dan seterusnya.

Makanya, gue kan udah pernah nulis kenapa sih kita belajar SEO, ya karena buat banyakin pembaca misalnya. Ya kalo mau banyak pembaca nggak usah SEO juga bisa, cukup belajar bikin konten yang bagus. Kelar.

"Sebab, fokus kita adalah menulis artikel yang relevan dan baik untuk pengunjung. Dan hal-hal teknis seperti itu udah bisa kita dapatkan dengan mudah."
Btw, Bena Kribo dulu belajar SEO nggak ya buat ngeblog? Hmmm...

Are you in for the value?

Kalo misalnya, lo mau bikin artikel tentang review helm misalnya, ya jangan pake bahasa muluk-muluk yang ngasih tau kelebihan helm tersebut. Usahakan jujur aja. Wong kita kalo mau cari keburukan tentang suatu hal juga di search engine, kan? Hehehe... 

Jadi gini, lebih baik bikin post atau artikel yang memiliki value daripada orientasi keyword melulu. Tolong, hargailah visitor atau pengunjung sebaik mungkin tanpa harus keyword oriented. Pengen bangetkan visitor yang masuk ke blog kita bakalan jadi returning visitor? Nah loh.


Hargai juga blog yang sudah susah payah kita bangun, tidak membiarkannya menjadi abal-abal dengan terus memberikan value adalah pilihan bijak. So, udah nentuin value buat blog mu belum? What are you waiting for?

Komentar 30

Sampaikan pendapatmu di sini:

  1. Iya emang, sebel banget kalok lagi googling terus nemu blog yg isinya gak jelas. Bahasannya apa banget -_-

    BalasHapus
  2. Untung blog gue ada ilmu nya, dikit. Haha. Tapi keyword planner lumayan ngebantu juga sih. Ya masing-masing orang punya perspektif yang berbeda. Ya jadi gitu aja sih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi, Planner emang ngebantu, tapi kalo terlalu kesana, jadi gak balance mah gawat.

      Hapus
  3. Ilmu baru nih, Jung. Kayaknya saya harus jadi returning visitor di blog kamu.

    BalasHapus
  4. Value, satu kata yang selalu gua usahakan tiap bikin postingan. Gua gak pengen orang dateng ke blog gua tapi waktunya jadi terbuang gitu aja.

    Dan bener sih, ketika masukin keyword di google tapi yg muncul malah blog2 gak jelas jadinya kesel bgt. Semoga jungjawa.com gak begitu. Hahaha..

    BalasHapus
  5. Sering juga ketemu blog yang judul ama sisinya beda lalu tulisan didalamnya macem macem dan ngga jelas. mungkin lagi ikutan lomba SEO ya mas hehehe

    BalasHapus
  6. Betul, bang. Suka sakit hati liat hasil googling isinya artikel sampah. Banyak yg copas juga. Padahal kita nulis di blog itu dengan sepenuh hati.

    BalasHapus
  7. Saya pernah bertemu dengan teman-teman blogger. Mereka kerjaannya mencari kata kunci menggunakan Google Planner atau apa namanya. Setelah aku cek, ternyata tulisan dia "dangkal" dan fotonya pun menggunakan fotoku (mungkin karena objek sama).

    Kalau saya sendiri yang penting judulnya itu berkaitan dengan yang aku tulis. Masalah anti ada orang baca atau tidak belakangan, yang penting mencoba menulis lebih baik lagi :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yak, yang penting nulis lagi, lagi dan lagi mas. :D

      Hapus
  8. Ah. Artikel bagus mas.
    Setuju kok soal keyword stuffing. It's not good if you do keyword stuffing. And value? Agree. Totally agree. Content is the king.

    Menulis karena memang konten bermanfaat dan memiliki nilai tambah buat yang baca. Ditambah dengan pemanfaatan keyword? Wel, itu akan jadi nilai tambah sebuah situs itu sendiri.

    Salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal mas. Itu sih ilmu yang saya dapet dari Sujan sama Neil. Soalnya background mereka yang emang orang marketing kali ya. Hehe...

      Hapus
  9. bener mas....value. memberikan value/ilmu/pengetahuan kpd pembaca blog qta. setelah pembaca tau ilmu qta..gk usah takut kesaing dah, krn allah gk akan salah membagi rizqi kpd umatnya...itu seh pendapat saya mas, nuwun

    BalasHapus
  10. Ini baru ilmu yang bermanfaat hehe

    BalasHapus
  11. Sungguh ini sangat bermanfaat bagi saya pribadi sebagai blogger yang ingin tahu keywords itu bagaimana, tapi dengan membaca artikel ini sudah lah saya akan sedikit abagikan tentang keywords dan mulai fokus untuk membuat konten yang berkualitas :-) mohon doanya semoga artikel yang saya buat berkualitas dan tidak robotik :-)

    BalasHapus
  12. Satu kata deh buat artikel ini.."mencerahkan". Ribet bgt gw belajar SEO, malah pening sndiri. Yang penting nulis ajalah terus. Thx y

    BalasHapus
  13. Ilmu baru lagi dari, Jung. Makasih 😊

    BalasHapus
  14. Gue 5 tahun ngeblog gak pernah mikirin keyword, tapi kayaknya paling gampang bikin keyword mesum (dan isi artikelnya gak mesum), banyak yang kejebak tuh :'))

    BalasHapus
  15. Dulu gue pernah bekerja sebagai internet marketing yang udah pasti sedikit banyak belajar tentang SEO, Keyword dan apapun itu. Nah, dari situ gue pun dapet pelajaran bahwa untuk blogger sekelas yang ngeblog cuma buat happy, ngasih informasi dan value, nggak usahlah pake begituan. Dengan jujur aja udah bisa ngasih nilai lebih untuk pembaca daripada yang maen keyword tapi hanya untuk pengunjung belaka.

    Pengunjung belum tentu pembaca. Kalo pembaca udah pasti pengunjung. hehehe.

    BalasHapus
  16. Kak Jung tulisannya pencerahan banget. Sampai sebelum baca ini, aku kadang masih suka mikirin keyword (walaupun ujung-ujungnya yang ditulis tetep curhatan tanpa keyword yang jelas). Pas bangetlah baca ini setelah vakum bulan lalu ehehehe~

    BalasHapus
  17. Hahhahaha
    Baru tau aku nyarinya ditambahin 'menurut gue'
    Bisa bisa. Entar tak coba lah

    BalasHapus
  18. Blogku tidak ada maksud buat ditemukan di google. Wong isinya sampah-sampah semua, hahaha. Google bukan segalanya.

    BalasHapus
  19. vlue oh value, moga saja tulisanku ada manfaatnya buat org lain meski gak nangkring di pejwan hehe

    BalasHapus
  20. Habis ngebaca ini, jadi mikir buat ningkatin skill nulis sampe rengat. Rajin nulis dan rajin baca for a better value. Thanks atas pencerahannya, Njung!

    BalasHapus
  21. Saya stuck banget sama seo. Itulah kenapa saya suka nulis pada sesuatu yang berikan dampak ke pembaca

    BalasHapus

Good Ideas. Great Stories.

Feel free if you want to send an email to me and ask anything, or just to say hello!

hello@jungjawa.com

Copyright © jungjawa 2017