Bagi seorang blogger, momen ketika tulisan kita dibaca oleh orang banyak adalah hal sederhana yang sangat menyenangkan. Tentu saja, hal itu akan tercapai ketika banyak sekali pengunjung yang mencari artikel kita kemudian membacanya. Lha kalo banyak yang baca kan menyenangkan, tho?

Baca juga: Dear Blogger, Bongkar Kebiasaan Berkomentar Milikmu!

Channel organic atau search engine adalah salah satu kanal yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan traffic loh, guys. Jadi, kalo kita mau visibilitas blog kita terlihat baik di mata search engine, mau nggak mau ya harus cari tahu cara belajar SEO yang benar.

Tapi tunggu dulu. Belajar SEO untuk blog itu susah-susah gampang. Apalagi, SEO itu ndak seperti makan makanan pedas. Pas dimakan langsung terasa pedasnya. Ndak gitu.

Terus gini:

"Sudah serius belajar SEO tapi blognya nggak muncul juga di halaman pertama hasil pencarian. Jangankan halaman pertama, masuk ke hasil pencarian aja untung-untungan."

Sebenarnya gini, kemungkinan besar apa yang kita pelajari itu masih kurang loh ya. Kurang banget. Selain itu, bisa juga metode belajar kita yang masih salah. Mungkin, kita perlu lebih jauh ngobrol biar nyamain visi tentang masa depan rumah tangga bersama, ya kan? #ikiopo

Pendeknya, SEO hanyalah tools. Mengapa? Karena asumsinya sederhana. Penulis digital atau blogger yang ingin mempelajari SEO tentu sudah menguasai tentang bagaimana membuat artikel atau konten tulisan yang menarik. Nah, SEO tadi berguna untuk memperluas audiens penulis tadi melalui search engine.

Kenapa belajar SEO? Balik lagi ke alasan utama SEO sebagai tools. Ya untuk menghubungkan para pencari konten (pengguna search engine) dengan penyedia konten (blogger) dong ya.
Sebenarnya, alasan belajar SEO untuk saya yang masih pemula itu sangat sederhana sekali. Gini, traffic dari search engine itu kan gratis dan melimpah. Maka, boleh dikatakan, SEO itu adalah teknik yang cost-effective untuk mengakuisisi pengguna atau pengunjung. Karena gratis. Oke?

Kalo boleh dibandingkan. Ketika kita melakukan promosi konten melalui media sosial, maka kita memerlukan biaya untuk marketing. Got it?

Pengecualian untuk blog yang memiliki resource yang cukup tinggi di media sosial. Seperti fans Facebook Page yang melimpah ruah atau followers Twitter yang sangat banyak. Maka, cost marketing tadi 'mungkin' nggak seberapa besar jika dibandingkan traffic yang didapat.

facebook-ads-untuk-blog
Facebook Ads via pixabay.com


Sedangkan blogger atau penulis yang tidak memiliki resource media sosial yang memadai tentu akan sulit bersaing untuk mendapatkan traffic dari media sosial. Pengecualian lain ketika ia secara konsisten mampu memproduksi artikel-artikel viral. Wah, kalo itu pasti udah kece banget cara dia menulis.

Optimasi website di mesin pencari adalah proses yang harus kita lakukan secara berkala karena search engine (terutama Google) selalu memperbarui algoritma hasil pencarian mereka dan menampilkan website yang paling relevan dan teroptimasi dengan baik.

Oke, cukup basa-basinya. Artikel ini bukan 101 cara untuk memunculkan blog milik kita di hasil pencarian. Tapi, sebagai introduction tentang SEO dan hal-hal menarik ketika kita mempelajari SEO. Dan jungjawa.com sudah membuat podcast untuk artikel ini. Jadi, kalo kamu ndak punya waktu baca artikel ini, kamu bisa mendownload podcast ini dan mendengarkannya.



Konten yang ada di podcast dan di artikel ini sebenarnya sama aja. Cuman agak beda sedikit tapi nggak terlalu jauh kok. Cuman gimmick sederhana. Dan semoga dengan adanya podcast ini, kamu yang baca-baca tentang SEO semakin semangat untuk menerapkannya di blog. Yeay!

Oke, lanjut nih.

Kenapa sih belajar SEO?

Seperti penjelasan sebelumnya. SEO akan memperbanyak 'kemungkinan' pembaca blog milik kita. Kemudian, ketika blog kita memang memiliki goals tertentu, maka SEO akan mempermudah kita untuk mencapai goals yang kita inginkan.

Google Search Engine Indonesia
Google Search Engine via pixabay.com


Selain itu, seringnya blog kita muncul di hasil pencarian akan memperbesar kemungkinan blog kita makin terkenal. Apalagi blog kita punya hal-hal informatif yang dibutuhkan oleh pembaca.

Belajar SEO di mana ya?

Belajar SEO itu bisa otodidak. Materi belajarnya bisa kita cari di internet. Gampang kok. Kalo kamu mau belajar banyak ya bisa ke blognya milik Mas Sugeng. Kemudian, kalo kamu ingin belajar banyak tentang SEO dan materinya selalu update, kamu bisa ke blognya Moz.

Terus ada juga Quora dengan topik SEO, belajar dari blognya Sujan Patel atau juga bisa kita belajar dari Neil Patel. Pokoknya internet memberikan banyak sekali materi tentang SEO yang gampang untuk dipelajari. Tentu ya kita terapkan di blog, agar apa yang kita pelajari bisa langsung kita lihat hasilnya.

Hal teknis SEO itu seperti apa?

Jadi, masih banyak yang salah kaprah tentang SEO. Karena masih banyak blog yang salah menggunakan tag dan lain sebagainya. Teknis dari SEO sendiri itu termasuk kata kunci artikel tersebut, sampai hal teknis fundamental seperti pemilihan nama domain.

Hal-hal teknis dalam SEO
Hal-hal teknis dalam SEO via pixabay.com


Bahkan, desain dan loading yang baik akan menambah nilai SEO blog tersebut. Apapun yang relevan dengan konten akan membuat nilai SEO blog kita semakin meningkat, termasuk desain dan kecepatan situs tadi. Dasar-dasar penggunaan tag seperti H1, H2, H3, H4 itu juga perlu dipelajari. Termasuk penggunaan alt tag untuk gambar yang digunakan di blog kita.

Tapi jangan fokus di sana. Sebab, fokus kita adalah menulis artikel yang relevan dan baik untuk pengunjung. Dan hal-hal teknis seperti itu udah bisa kita dapatkan dengan mudah. Kalo di blogger, kita bisa dengan mudah mencari template yang sudah SEO friendly. Kalo kamu menggunakan Wordpress, kamu bisa install berbagai plugin SEO untuk menaikkan optimasi SEO yang sudah kita lakukan.

Tools buat SEO apa aja?

Sebenarnya, tools untuk cek SEO itu banyak banget. Mulai dari yang biasa aja sampai yang direkomendasikan untuk SEO expert. Kamu bisa menggunakan tools sederhana seperti SEO Quake, Keyword Planner dan Analytics sebagai alat untuk mengukur performa SEO blogmu.

SEO Quake via seoquake.com


Oh iya, mungkin juga butuh Copyscape buat jaga-jaga plagiarisasi konten yang kita tulis di blog. Sebab, duplikasi konten adalah hal yang bisa memperburuk kualitas sinyal SEO blog kita.

Jadi, kesimpulannya seperti ini, SEO membuat kita mengoptimasi tulisan yang ada di blog untuk human dan bot. Lalu, untuk membuat pengunjung human senang, kita harus membuat mereka menyukai relevansi konten yang kita buat.

Buatlah konten yang menggugah selera pembaca untuk membaca sampai habis hingga melakukan goal berupa share. Ketika pengunjung blog milikmu datang, buatlah navigasi yang mudah untuk mereka, termasuk mempermudah dengan adanya share button. Kenapa? Semakin banyak yang melakukan engagement terhadap kontenmu, maka akan memberikan sinyal relevansi kepada bot sebagai pertanda konten yang baik.

Buatlah konten untuk human! Kemudian buatlah bot mengerti konten apa yang kita buat. Itu saja sih, semua tentang SEO dan optimasi belajar SEO. Gimana, cukup menarik, kan?


Header image credit: pixabay.com

Komentar 30

Sampaikan pendapatmu di sini:

  1. Semakim tulisan kita banyak yang baca, dan pembaca merasa senang biasanya mereka membagikan tulisan kita *Berharap ada yang di page one artikelku ahahhaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kalo blognya mas sitam sendiri kan udah ada keyword 'hujan bulan juni' buat nangkring di halaman pertama. Lagian, trend search visitnya naik terus kan, Mas? :D

      Hapus
    2. Heeee, alhamdulillah mas mayan naik hahahahha. Jadi makin semangat nulis ahahhah

      Hapus
    3. Mangat om, research topik lagi dari artikel yang rame. Ada indikasi itu bisa jadi channel entrance yang sangat bagus :D

      Hapus
  2. Balasan
    1. Iya, jian pancen pengen tak mute :D

      Hapus
  3. Ampunnnnnn deh kalo paham banget tentang SEO nyerah duluan.
    cuma paham sedikit doang cuma, itu juga karena keseringan ngetik artikel seo on page dan artikel seo off page :/

    BalasHapus
  4. Buat aku SEO adalah hal wajib kalau web/blog ingin tetap survive.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung tujuan bloggernya juga menurutku. Kalau memang ingin jadi TOP di tengah persaingan yang ketat memang harus bisa survive. Tapi ada juga blogger-blogger yang tujuannya melatih kemampuan menulis, berbagi cerita, pengalaman dan pengetahuan. Yang jenis ini meskipun tidak jadi TOP dia tetap nulis terus, ngeblog terus, dia survive. :))

      Hapus
    2. Bener kata Ilham. Kalo memang blogger yang udah punya niche yang spesifik sekali, akan sulit mengalahkan traffic yang dipunya. Survive ndak survive ndak bisa juga diukur dari traffic :)

      Hapus
  5. Seo itu juga penting yah, ternyata, saya agak kurang mengerti tentang seo itu sendiri. Trafiknya juga bisa naik ya, mau belajar ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi hati-hati. Bisa naik bisa turun. Kalo kamu main SEOnya salah, ya ndak bisa mengandalkan traffic organic.

      Hapus
  6. jujur kalau soal SEO saya sendiri bingung harus mulai dari mana, soalnya banyak banget materi tentang SEO. yang saya tahu hanya SEO dasarnya saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua yang expert dan profesional dalam bidang SEO juga belajar dasar loh om :D

      Hapus
  7. ampun mastahhhh. . . .pengetahuan SEO nya mantep wuyyyy. . . .anjayyyy

    SEO itu penting (untuk yang butuh), dan selain SEO yang paling penting adalah research keyword menurut ane, SEO bagus tapi kalau keywordnya gak ada yang cari ya buat apa juga sih (menurut ane). . yaa, kembali ke pengguna masing-masing aja deh hehehe peace


    *liat di komen kok gak bisa titip link ya hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. "ampun mastahhhh. . . .pengetahuan SEO nya mantep wuyyyy. . . .anjayyyy"

      Mastah yang benar-benar mastah adalah mastah yang mengakui kemastahan orang lain, padahal dia sendiri lebih mastah :D

      Titip link passive om. Ntar juga dikunjungin balik loh. Saya mah terserah yang ngomen sajalah :D

      Hapus
  8. Gue udah kenyang banget disuapin beginian nih mase. Udah pernah gue tulis juga di blog gue tentang pengalaman belajar SEO. Waktu itu gue lagi bekerja di bidang e-commerceat herbal.

    Agak belibet dan terlalu technical. Buat blogger yang pengin punya trafik tinggi sih harus banget belajar SEO, terutama yang maenin GA. Cara gampangnya soh buat postingan yang Viral aja kalo mau blognya rame.

    Untungnya belajar SEO ini gede banget sih impact-nya buat yang emang serius maen di internet. Contohnya blog sebelah gue yang udah tiga bulan lebih nggak pernah diupdate, tapi masih tetep rame yang ngunjungin. Karena di beberpa postingan emang sengaja dibikin SEO friendly. Bahasa kerennya gitu. Pas gue cek dengan beberapa keyword, ternyata ada beberapa postingan yang duduk manis di pejwan gugel. Mayan kan. Sampe sekrang gue cek, selalu ada komen baru di postingan itu.

    Kalo mau cepet berhasil belajar SEO. Deketin orang dalem Google.

    BalasHapus
  9. Sempet belajar sih, tapi ya gitu. Gak paham. Wahaha. Habisnya cuma pengin nulis karena butuh tempat sampah aja, Mas. Kasihan kepalanya banyak mikir gak jelas. :(

    BalasHapus
  10. Gue pengin belajar yang teknis-teknisnya nih kak. Tapi malas. Hahahaha. *dikepruk* Ngobrol-ngobrol dooong yuk. \(w)/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngobrol? Solo sini, gw seloow. Haha

      Hapus
  11. Bang jung, aku masih belum paham soal SEO.. apalagi soal kode html itu bang, cara belajar seo yang selo itu caranya gimana ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengerin podcast aku dulu, Kang. Hahaha. Selo aja sih. Kalo yang templet" itu bisa dihandle pake templet yang SEO friendly kok. Wis akeh sing gawe.

      Hapus
  12. Om. Orang seperti aku kayanya sulit banget menyesuaikan SEO. haha. dan sepertinya kalau terus memperhatikan SEO g enjoy dalam menulis :( adakah solusinya? tapi kadang aku memperhatikan SEO juga sih. Memang smuanya butuh proses untuk bisa di page one.

    Btw, monggo bisa sitilik webku. aku kayanya perlu dapat banyak masukan nih dari mas terkait membangun konten blog. hehe. webku insanwisata(dot)com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belajar sih kalo menurut gue, SEO kan bisa kita set segimananya. Ya kalo masalah enjoy gak enjoy, ya nulis aja seenak mungkin dulu. Yang penting kan konten yang dibikin. Kalo bisa bikin konten yang bagus, artinya pengunjung seneng kan? SEO itu biar bikin konten kita gampang dicari orang, bukan buat tipu-tipu konten sih. IMHO.

      Boleh, ntar tak kasih masukannya. Salam kenal juga :D

      Hapus
  13. Yang komen cowok banyakan, ya emang mereka lebih paham detail technically kalo udah ngomongin SEO yg njlimet itu ya.
    Kalo di blog saya, hmmm masih pemula sih nyobain supaya kedetek di pejwan. Itu jg niatnya supaya yang saya tulis, diketahui orang yg emang buuh informasi tsb.

    Kok panjang komennya hehe, salam kenal mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mbak.
      Ah nggak kok, jangan memulai yang teknis ya cowok, non-teknis ya cewek. Jangan gitu, ngapain juga dikotak-kotakan. Adanya, yang mau ngerti hal 'njlimet' tadi atau orang yang nggak mau akan hal itu.

      Hapus
  14. Saya masih harus belajar banyak dan butuh waktu untuk mencerna tentang SEO nih kayaknya. 😁

    BalasHapus

Good Ideas. Great Stories.

Feel free if you want to send an email to me and ask anything, or just to say hello!

hello@jungjawa.com

Copyright © jungjawa 2017