Why We Should Know About Clean Technology?



Teknologi dapat dianggap sebagai implementasi dari sains dan diterapkan pada kehidupan sehari-hari, khususnya di dunia industri. Sehingga, jika kita bahas lebih jauh lagi, clean technology adalah metode atau teknologi yang menggunakan sumber energi tanpa mengganggu keseimbangan ekosistem lingkungan.

Terus, kenapa sih kita mesti ngerti tentang clean technology? Jadi gini, kalo kita make teknologi ini, kita dapat mengurangi polusi dan emisi karbon di udara. Contohnya kayak natural gas vehicle, green building, paperless officesgreen manufacturing process dan masih banyak lagi lainnya.

Baca juga: Clean Tech dan Para Penari Langit

Ada banyak hal yang bisa dilakuin kalo kita paham dan ngerti tentang clean technology. Kita bisa bikin lingkungan yang sustainable tanpa harus mengorbankan faktor lain.

Buat lo yang tinggal di kota besar atau urban area, kerasa banget kan polusi yang terjadi? Baru jalan bentar aja polusi udah dimana-mana. Apalagi ditambahin sama kemacetan, makin lama makin tua aja di jalan.

Kalian pasti pengen banget bisa menghirup udara bersih, at least lo pengen nafas segar tanpa harus make masker. Nah, salah satu solusinya adalah penggunaan compressed natural gas (CNG) sebagai bahan bakar transportasi publik. Ya pengennya sih polusi udara dan emisi karbon di daerah urban bisa turun. Karena faktanya, secara global polusi di urban area membunuh lebih dari 3 juta orang setiap tahunnya.

Sektor korporasi misal, bisa berbenah diri dan dapet banyak keuntungan dari clean technology yang diterapkan. Contohnya aja penerapan green buildings dan green manufacturing process, bisa ngasih input efisiensi energi yang digunakan. Selain itu, penggunaan LED dan air conditioner yang emang green based bisa menghemat daya yang digunakan suatu perusahaan dibandingkan make alat-alat yang masih konvensional.

Clean technology juga bisa diterapkan pembangkit listrik loh. Apalagi negara kita punya banyak opportunity terkait sumber daya alam yang dimiliki. Energi matahari, wind power, biogas, tidal dan lainnya bisa menjadi solusi dari kebutuhan energi yang kita tau kalo setiap tahunnya semakin menggila.

Ya soalnya asik sih, kalo kita bisa bikin teknologi dan manfaatin teknologi tapi nggak ngerusak lingkungan. Kalo bisa ya standard of living kita bisa naik dan juga meminimalisir dampak ke lingkungan.

Baca juga: Ngehasilin Energi Listrik dari Rem Kereta, Emang Bisa?

Kesimpulannya, clean technology memberikan berbagai solusi terkait ekonomi, energi dan lingkungan. Memanfaatkan teknologi ini dapat memberikan dampak yang signifikan baik di bidang industri maupun melindungi kelestarian sumber daya alam.

Kalo emang kita pengen lingkungan yang bersih dan pertumbuhan ekonomi yang bagus ya mau nggak mau harus nyoba ngerti sama yang namanya clean technology. Iya kan?



Image credit: azocleantech.com

Komentar

  1. Contoh konkretnya di daerah mana bang?

    BalasHapus
  2. gue kira clean technology itu hanya berupa sekedar menghapus history di chrome. ehe. ternyata salah banget. bhgaagag.
    selain CNG, apalagi tuh, bang?

    sama kyak pertnyaan yg d atas. yg udh make cng itu d daerah mana, bang?

    BalasHapus
  3. postingannya bagus :D
    mampir juga ya kak di blog aku ekienglandmuse.blogspot.co.id
    salam kenal

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Post

LOGO BARU PIZZA HUT

Pengalaman Pengembalian Dana (Refund) Tiket Pesawat di Traveloka

Yuk Kenalan dengan Berbagai Jenis Power Plant yang Ada di Indonesia