Eh? Welcome 2022! | Good Ideas. Great Stories.




Hai! Selamat datang 2022. Berarti sudah 2 tahun lebih pandemi hadir di dunia sejak Covid-19 muncul di Wuhan untuk pertama kalinya. Sudah lama rasanya saya tidak menulis di blog. Padahal kolom Insight maupun Opinion perlu diisi terkait hal-hal yang mungkin bermanfaat dan sedang saya pelajari.

***

Tahun 2021 bagi saya rasanya sangat singkat sekali. Padahal ya jumlah harinya tetap 365 hari. Tidak kurang, tidak juga lebih. Mungkin di artikel post blog ini saya hanya ingin merangkum beberapa hal yang saya kejar di 2021 dan apa yang sudah terjadi. Next, harapan di tahun 2022 adalah goals yang realistis untuk dicapai dan semoga bisa menjadi lebih bermanfaat.

Memang virus corona masih menjadi momok pandemi sejak 2020. Bahkan sekarang sudah ada varian baru yang dapat bikin panik, omicron. Meski begitu, rasanya kurang bijak jika pandemi dijadikan alasan untuk tidak berkembang lebih baik.

Berikut roll up saya untuk tahun 2021:

  • Januari, menjadi bulan yang sangat panjang bagi saya karena harus menjalani aktivitas karantina mandiri. Pasca libur Nataru 2020, mobilisasi yang tinggi justru membuat saya positif Covid-19 dari hasil PCR. Hampir satu bulan penuh saya harus menjalani karantina mandiri. Namun, ini adalah moment turning point terbaik saya yang justru lebih dalam mengenal listerasi keuangan, investasi aset bahkan dari Github sampai industri blockchain.
  • Bulan Maret-April adalah bulan dimana siklus bull run Bitcoin mencapai masa jayanya. Sedangkan saya yang memantau teknologi blockchain sejak 2018 justru baru memberanikan diri untuk mulai mengambil beberapa porsi aset di sana. Sebelum pada akhirnya bear market dimulai pada bulan Mei.
  • Pelajaran di bulan Juni sangat berharga bagi saya. Sebab, saya mencoba melewati batas aman dari jam kerja 24 jam yang dimiliki. Yap! Mencoba memulai kembali side hustle atau kerja freelance yang telah hiatus hampir 3 tahun lamanya.
  • Periode bulan Juli sampai dengan bulan Agustus adalah buah kerja keras saya selama satu bulan sebelumnya. Beberapa project freelance sudah mulai masuk dan menyita waktu kosong saya. Mungkin nanti akan saya ceritakan di postingan blog ini selanjutnya. Menurut saya akan jauh lebih menarik dibahas di sebuah artikel khusus.
  • Keputusan untuk terjun dan menekuni aset kripto di bulan Mei telah menunjukkan hasil yang lumayan di bulan September. Sebenarnya nggak terlalu wah juga. Kalkulasi saya lebih kepada momentum selain bottom line di pasar saham Indonesia pada bulan sebelumnya dan pesimisme pasar terkait isu bangkrutnya perusahaan properti di China, China Evergrande Group.
  • Oktober-November, adalah bulan terbaik bagi saya di tahun 2021. Apa yang saya pelajari selama tiga tahun telah membuahkan hasil yang sangat menggembirakan. Singkatnya ini adalah bulan paling cuan di tahun 2021. Hehehe...
  • Penghujung tahun alias Desember, saya melihat ke depan lagi. Bagaimana beberapa project teknologi seperti NFT, Metaverse dan Web 3.0 akan semakin berkembang. Sekaligus menjadi bulan dimana lingkungan kok ya malah mbahas minning Bitcoin. Padahal sudah sejak 2016 rame kok ya baru 5 tahun kemudian populernya.

2022, what's next?

Nggak muluk-muluk sih untuk tahun 2022. Saya hanya berharap beberapa project saya bisa lanjut kembali. Menulis kembali lebih banyak di jungjawa.com dan dev.jungjawa.com. Alternatif lain bisa dengan melanjutkan kembali podcast yang 5 tahun lalu saya mulai melalui soundcloud dan memindahaknnya ke Spotify. Mungkin kedepan akan lebih banyak menulis tentang apa yang sudah saya pelajari selama tiga tahun kebelakang ini.

Menulis ketika berumur 25 tahun ke atas tentu sangat berbeda jika dibandingkan dengan usia 20-an. Ini yang saya rasakan perbedaannya. Tentu ada pandangan lain, yakni saya sangat yakin sekali nantinya jika saya membaca tulisan ini 10 tahun mendatang, sudut pandangnya juga bisa berbeda lagi.

Mungkin ada tiga hal yang masih menjadi prioritas saya di tahun 2022, yaitu blog, investasi dan teknologi blockchain. Hmm.. mungkin itu saja dahulu. Menurut kalian, apa yang bisa kita pelajari di tahun ini? Silakan sharing di kolom komentar ya. Happy new year!

Komentar

Sampaikan pendapatmu di sini:

Posting Komentar

Good Ideas. Great Stories.

Feel free if you want to send an email to me and ask anything, or just to say hello!

hello@jungjawa.com

Copyright © jungjawa 2022