HTTP vs HTTPS: Blog Kamu Perlu Nggak Ya? | Good Ideas. Great Stories.
Artikel ini disponsori oleh Hostinger.co.id , penyedia layanan web hosting murah kelas dunia.



Kalo kamu sering browsing online atau hanya sekadar blogwalking, mungkin akan liat dua perbedaan mendasar pada beberapa situs yang tampil di halaman pencarian. Yakni menggunakan HTTP dan HTTPS. Bedanya gimana? Berdampak pada SEO gak, terus apakah blog semenjana juga perlu menggunakan  HTTPS? Let's see.

Saya pernah menulis tentang HTTPS yang sudah diterapkan di platform blogspot, tapi artikel ini tidak akan membahas ulang, melainkan efek dari penggunaan enkripsi HTTPS terhadap performa SEO. Jadi, setidaknya bisa menjawab apakah saat ini kamu butuh HTTPS/SSL untuk blogmu atau tidak.

Apa itu HTTPS?

Sebelum kita bicara lebih jauh, ada baiknya kamu kenalan dulu sama yang namanya HTTPS. Basicnya, yang membedakan HTTP dan HTTPS adalah huruf S di belakangnya. Itu saja. Artinya adalah Security (Hypertext Transport Protocol Security).

Hal ini berguna untuk melindungi data pengguna (dalam hal ini pengunjung website) dengan membaginya dalam tiga lapisan.
  • Enkripsi, memastikan aktivitas user tidak dilacak atau menghindari pencurian informasi sensitif seperti kata sandi.
  • Data integrity, menghindari proses file corrupt pada saat file transfer dilakukan antara client dan server.
  • Authentifikasi, melindungi terhadap serangan siber dan membangun kepercayaan user karena adanya security sign (bisa kalian lihat ada gembok hijau di address bar browser)

Tapi, apakah penggunaan HTTPS/SSL memengaruhi hasil pencarian? Terutama terkait ranking, indexing dan impression.

Ranking Pencarian

Pada tahun 2014, Google mengumumkan bahwa mereka telah melakukan update terhadap algoritma pencarian dan memasukkan HTTPS website dalam parameter mereka. Ya, pada awalnya security masih dianggap sebagai sinyal kecil terhadap ranking pencarian, tapi mereka akan mempertimbangkan untuk memperkuatnya.

Nyatanya? Kalau kita lihat, hampir seluruh hasil pencarian di halaman pertama lebih mengutamakan situs dengan protokol HTTPS. Search engine suggestions say that having a secure site is must!

Pun kita bisa menyimpulkan secara sederhana aja kok, kamu coba search dengan keyword tertentu. Apakah hasil pencarian di halaman utama masih diungguli oleh protokol HTTP? Silakan buktikan di kolom komentar ya.

Situs dengan HTTPS/SSL
Address barbakal hijau kalo dah pakai HTTPS/SSL
 Saat ini, HTTPS masih bisa dianggap sebagai protokol paling aman untuk mengatasi berbagai serangan siber. Tapi, ada jenis protokol baru yang masih dikembangkan yakni HSTS (HTTP Strict Transport Security) dengan standar yang lebih ketat. So, simple aja sih. Saat ada teknologi yang bisa kita pakai untuk meningkatkan performa situs dan keamanan pengguna secara bersamaan, kenapa nggak?

Keamanan juga bukan hal sepele loh, untuk blogging, kita perlu HTTPS/SSL sebagai parameter yang digunakan untuk memudahkan pencarian. Membedakan situs yang 'lebih aman' dan tidak. Sebagai pembeda.

Fyi, ada banyak layanan pembuatan website yang bisa bantu kamu terkait HTTPS/SSL ini, salah satu rekomendasi saya adalah Hostinger. Kamu bisa membuat website sendiri dengan mudah dan aman. Selain itu, kamu bisa mendapatkan tawaran menarik dari Hostinger yakni pembelian sertifikat SSL dengan durasi lifetime. Seumur hidup loh. Harganya? Diluar perkiraan saya, ternyata nggak mahal kok. Kalo penasaran, kamu bisa cek di www.hostinger.co.id/beli-ssl

Kenapa saya merekomendasikan Hostinger?

Selain harga yang murah, saya senang dengan fleksibilitas. Hostinger menawarkan pembelian sertifikat SSL tanpa harus membeli domain/paket hosting di Hostinger juga. Hal ini berbeda dengan kompetitor lain yang selalu merekomendasikan untuk membeli paket hosting dan mendapatkan sertifikat SSL secara cuma-cuma atau gratis.

"Kalo kita sudah punya hosting di tempat lain, gimana dong?"

Saya pernah mengalami sebuh permasalahan yakni ketika saya menaruh website saya di provider hosting yang berbeda. Padahal saya membutuhkan sertifikat SSL. Apa ya saya harus migrasi hanya untuk mendapatkan sertifikat SSL saja? Kan kurang praktis.

At least, menurut saya, blog dengan protokol HTTPS/SSL sudah wajib adanya. Lagian, kalo memang serius untuk membuat konten, kenyamanan pengunjung kenapa harus dipermasalahkan? 

Good luck ya! Semoga artikel singkat ini bermanfaat buat kamu yang baru saja terjun atau sudah menyelam lama di dunia blogging. Yuk sharing-sharing santai di kolom komentar, kalau ada pertanyaan lebih lanjut bisa lewat komentar di bawah atau email saya di hello@jungjawa.com

Eits, kayaknya lebih enak di kolom komentar ya. Biar nda ribet.
Have a nice day!

Komentar 4

Sampaikan pendapatmu di sini:

  1. Pernah di grup ramai-ramai bahas apa perlu https dan lainnya. Aku cuma bisa diam memantau, karena memang nggak paham. Tapi pas blogspot bisa diubah jadi https, aku asal ikut saja :-D

    BalasHapus
  2. Duh lama nggak main ke blognya uda. Nanti lah tak coba https

    BalasHapus
  3. Gue udah pake https nih bro di blogger. Hehehe...ikutan para mastah blog aja sih awalnya. Hahaha

    BalasHapus
  4. BROKER TERPERCAYA
    TRADING ONLINE INDONESIA
    PILIHAN TRADER #1
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT
    Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.
    Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin
    Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
    Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

    Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!

    BalasHapus

Good Ideas. Great Stories.

Feel free if you want to send an email to me and ask anything, or just to say hello!

hello@jungjawa.com

Copyright © jungjawa 2017