SEO Offpage yang Wajib Kamu Tahu | Good Ideas. Great Stories.


Para pemilik website dan orang-orang yang berkecimpung di dunia blogger tentunya sudah tak asing lagi dengan SEO atau Search Engine Optimization. Sekedar pengetahuan untuk kamu yang belum tahu, SEO ini memiliki 2 tipe yang biasa dipakai untuk optimasi website atau pun blog yakni SEO onpage dan SEO offpage.

Meski memiliki 2 tipe, tapi tujuan dari SEO tetap sama, seperti yang dilakukan IDwebhost yakni menaikkan traffic dan ranking laman atau website di search engine. Setiap orang yang memiliki website tentu ingin websitenya muncul di halaman pertama bukan? Dengan meningkatnya ranking website di mesin pencari akan membuat brand awareness dan traffic website meningkat.

Kemudian hal itu akan membuat website anda secara langsung bisa menghasilkan unlimited money untuk kamu. Entah itu website jualan, atau hanya website blog yang mengandalkan ads atau iklan.

Kali ini kita tidak akan membahas secara utuh mengenai 2 tipe tersebut. Hanya salah satu tipe yang akan kita bahas yakni SEO offpage. Apa sebenarnya SEO Offpage dan bagaimana cara-cara serta perkembangannya? Berikut pembahasannya:

SEO-Offpage-01


Apa itu SEO Offpage?

Dalam ruang lingkup SEO, offpage ini lebih mengacu pada hal-hal yang tidak berhubungan dengan website anda secara langsung. Kalau Onpage itu lebih secara langsung berhubungan dengan website anda seperti misalnya link internal, konten dan kata kunci, offpage lebih kepada back linking atau link building.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, tujuan dari pemakaian SEO ini tak cukup dengan peduli pada website dan brand saja. Kamu juga harus meningkatkan reputasi di mata para calon pelanggan agar mereka semakin ingin mengunjungi dan mengenal lebih jauh tentang website dan bisnis yang sedang kamu bangun dengan website tersebut.

Apa yang membuat SEO Offpage menjadi penting?

Ketika seseorang sedang mencari info tentang brand, biasanya orang tersebut punya pendapat tersendiri atas produk tersebut. Entah dari review, komentar kolega mereka, atau kenalan di dunia maya. Nah, Offpage SEO ini pada dasarnya sama dengan logika itu. Pada tipe SEO yang ini, mereka akan memberi tahu search engine seperti google mengenai pendapat para pengunjung tentang websitemu.

Kemudian pendapat tersebut bisa membuat websitemu meningkat visibilitasnya dan mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari. Teknik ini juga bisa membuat para pengunjung websitemu menyebut brand milikmu dan kemudian menautkannya di konten yang ada di dalam websitemu.

SEO-Offpage-03


Banyak orang yang berpikir bahwa Offpage SEO ini hanya soal link building. Padahal pada kenyataannya ada banyak cara untuk optimasi penggunaan SEO Offpage.


Metode Jadul Offpage SEO

Berikut ini beberapa metode jadul yang dipakai pada Offpage SEO.

Promo Di Forum-Forum

Metode ini adalah salah satu metode yang paling jadul untuk offpage SEO. Metode ini sebenarnya tidak merugikan, tapi metode ini menurut banyak pihak memakan waktu banyak. Dalam metode ini kamu akan diminta untuk menyebutkan brand milikmu di forum-forum yang sesuai dengan brand milikmu. Menurut banyak pihak, dari pada menghabiskan waktu untuk melakukan itu, kamu disarankan melakukan hal yang lebih penting untuk websitemu seperti misalnya menaikkan kualitas dan kuantitas konten.

Memastikan Website Ada Dalam Mesin Pencari

Cara ini sangat umum dilakukan dulu. Kamu harus memastikan apakah websitemu muncul dalam pencarian Google atau mesin pencari yang lain. Tapi dengan perkembangan algoritma yang makin rumit, cara ini bagi sebagian pihak yang sering menggunakannya merasa bahwa cara ini tidak memberikan hasil yang signifikan lagi.

Buat Konten Untuk Direktori Artikel

SEO-Offpage-04


Menulis atau membuat sebuah konten untuk direktori artikel juga jadi cara jadul yang biasa dilakukan. Tapi pada kenyataannya cara ini juga tidak maksimal. Banyak orang yang tidak membaca website direktori ini. Biasanya karena artikel yang tidak berkualitas, atau tidak relevan. Cara ini tetap bisa kamu pakai dengan catatan artikel yang kamu buat adalah artikel berkualitas dan relevan. Bahkan semenjak Google Panda muncul, website direktori adalah website yang trafiknya menurun drastis.

Mengikuti Reddit dan Sosmed Sejenis

Dulu mengikuti Reddit atau StumbleUpon dan sosmed sejenis bisa memberikan efek yang cukup bagus untuk website anda. Tapi dengan catatan apa yang anda share disana menjadi viral. Tapi kesempatan itu sangat kecil. Pertama untuk menjadi viral itu masih terlalu sulit untuk menemukan formulanya, dan yang kedua, di website semacam ini pembaruannya sangat cepat. Sehingga ketika kamu posting sesuatu, dalam waktu beberapa jam postingan itu bisa hilang.

Metode Offpage SEO Kekinian

Zaman sudah berubah. Metode jadul kini sudah jarang dipakai. Berikut ini beberapa metode offpage Seo kekinian yang bisa kamu coba.

Link Building

Metode yang satu adalah salah satu metode paling populer dan efektif sekarang ini dalam ruang lingkup tipe offpage SEO. Dalam metode ini kamu pada dasarnya berusaha mengumpulkan votes sebanyak-banyaknya ketika memberikan link eksternal untuk kontenmu. Sehingga hal tersebut bisa menaikkan peringkat website dan mengungguli kompetitormu. Sama halnya seperti konten, kamu harus memastikan mendapatkan backlink yang punya kualitas bagus. Akan jadi sia-sia jika kamu mendapatkan backlink banyak tapi kualitasnya buruk. Ada banyak hal yang menentukan sebuah link itu berkualitas atau tidak. Pertama adalah konteks yang relevan dengan kontenmu, backlinks yang populer, dan link natural yang bukan berbentuk seperti javascript. Nah, untuk yang terakhir ini, kamu pasti bertanya, bagaimana cara mendapatkannya?

SEO-Offpage-02


Sekedar pengetahuan, link yang natural atau natural link ini adalah link yang paling disukai mesin pencari. Natural ini artinya websitemu disukai oleh pemilik website yang lain dan kemudian mereka memberikan link ke websitemu karena isi konten yang sesuai dengan website yang kamu punya.
Untuk bisa mendapatkan natural link ini cukup sulit. Salah satu cara terbaik adalah mengupload konten dengan kualitas yang bagus dan layak untuk dijadikan backlink website orang lain. Jangan hanya mementingkan kuantitas konten terus-terusan. Kamu juga harus memperhatikan kualitas kontenmu.

Selain itu ada cara lain yang bisa kamu pakai untuk membangun link yakni dengan memposting di blog lain. Tapi untuk cara yang satu ini jangan terlalu sering dilakukan karena aturan pemakaian backlink ini selalu berubah.

Pergunakan Social Media Sebaik Mungkin

SEO-Offpage-05


Tadi di atas sempat disebutkan bahwa menggunakan Reddit adalah salah satu cara kuno. Iya. Itu merupakan salah satu cara kuno yang tidak bisa kamu pakai di Indonesia. Kenapa? Selain alasan yang disebutkan di atas, Reddit itu diblokir di Indonesia penggunaannya. Selain itu bisa dipastikan Reddit bukan sosmed yang sering dipakai orang Indonesia. Tapi jika kamu menggunakan sosmed yang lain pada metode SEO Offpage ini, seperti misalnya menggunakan Facebook, Instagram, dan Twitter, maka itu bisa jadi salah satu metode yang bagus untuk meningkatkan traffic websitemu. Memang biasanya link yang ada di sosmed tersebut adalah no-follow links, tapi link tersebut tetap berharga. Dengan mempromosikan websitemu di sosial media seperti Facebook dan Instagram, akan membuat traffic websitemu naik signifikan.

SEO Lokal

SEO lokal atau Local SEO ini juga menjadi salah satu cara kekinian SEO Offpage yang bisa kamu pakai. Seperti yang kamu tahu, sekarang ini pengguna smartphone semakin meningkat. Selain itu koneksi internet juga semakin baik dan tersebar rata dan semakin luas. Metode ini bisa menjadi salah satu metode yang cukup efektif untuk optimasi websitemu. Local SEO ini lebih berfokus memberikan hasil pada pencarian yang berkaitan dengan lokasi penggunanya saat itu.

Jika kamu ingin menggunakan Local SEO, kamu bisa memakai Google Places for Business Page dan melengkapi semua infor yang dibutuhkan. Kemudian tinggal menyinkronkan dengan akun Google+ milikmu. Google akhir-akhir ini baru saja mengeluarkan data yang menyatakan bahwa 87% orang memakai HP mereka ketika dalam perjalanan dan 95% mencari informasi lokal melalui HP mereka.

Baca Juga: Cara Redirect Website dan Apa Manfaatnya

Itu tadi sedikit penjelasan tentang apa itu SEO Offpage, metode jadul dan metode kekiniannya dan kenapa Offpage SEO ini penting. Sekarang pilihan tinggal ada pada dirimu sendiri-sendiri. Mana yang menurutmu paling cocok untuk kamu pakai di websitemu. Atau, kamu bisa mencoba semuanya dan melihat hasilnya lalu memformulasikannya sendiri.

Komentar

Sampaikan pendapatmu di sini:

Posting Komentar

Good Ideas. Great Stories.

Feel free if you want to send an email to me and ask anything, or just to say hello!

hello@jungjawa.com

Copyright © jungjawa 2018