Gimana Caranya Belajar Tentang Engineering? Ikutilah Blog Ini! | Good Ideas. Great Stories.


Setelah sekian lama saya melakukan setup untuk blog baru, akhirnya bisa meluncurkannya juga pada tanggal 26 Juni 2017 kemarin. Saya membuat sebuah blog baru tentang dunia engineering menggunakan platform  blogger.com. Hehehe...

Saya akan mencoba mendedikasikan blog baru yang saya buat ini untuk membagikan sedikit pengetahuan, berita dan ide-ide tentang dunia mechanical engineering.

Silakan berkunjung ke subdomain saya di engineering.jungjawa.com ya. Oh, fyi aja sih, isi artikelnya nggak berat-berat banget kok. Walaupun membahas tentang dunia teknik, kalian yang notabene non-teknik juga bisa baca-baca. Enggak terlalu njlimet. Beneran!

Nantinya, engineering.jungjawa.com khusus membahas tentang dunia engineering (mungkin akan lebih banyak tentang EPC dan power plant) dan info-info terbaru dari dunia teknik.

Eh, tapi ada yang nanya nih, cukup kritis nih. Hehehe...

"Kok bikin di blogger.com, kan blogspot tuh. Kenapa nggak bikin di Wordpress aja? Lebih pro kan ya"

"Lah, kok pake subdomain kang? Enggak bikin domain baru aja? SEO-nya gimana dong?"
Hehehe... jadi gini, pertama, saya memilih layanan Blogger untuk hosted blog saya ya karena induk blognya, jungjawa.com ini menggunakan Blogger, jadi lebih gampang aja untuk manajemen blognya. Biar enggak ribet ya sekalian aja.

Lagian kalau saya bikin di Wordpress, saya harus login sana-sini kalau mau ngeblog. Wah, bisa rempong kali ya. Kalo pake Blogger kan saya cuman single login dan voila! Langsung bisa ngeblog saat itu juga.

Kedua, perihal pemilihan domain sih karena alasan finansial saja. Satu domain kan bisa bikin banyak sekali subdomain. Kalau saya harus bikin domain baru artinya menambah tagihan biaya tahunan untuk memperpanjang domain. Takut boros nantinya.

Oh iya, untuk jungjawa.com gimana dong? Enggak masalah sih. Saya juga khawatir seandainya saya terlalu fokus di blog sebelah, eh yang ini enggak terurus. Tentu saja tidak. Saya cuman ingin refreshing sekaligus mendalami bidang yang memang saya geluti.

Belajar Engineering Itu Gampang

Jungjawa.com nanti juga akan update kok. Ya update suka-suka juga sih, bisa tentang desain, tentang SEO atau tentang sponsored post (whahaha....). Intinya biar enggak jenuh aja sih. Plus, blog baru dibikin untuk main SEO juga. Jadi, bisa sebagai bahan riset dong ya :p

"Kok enggak digabung aja kontennya dengan jungjawa.com?"
Wah, saya sudah mencobanya loh ya. Jangan salah. Hasilnya enggak bagus dan minim peminatnya, karena targetnya ternyata berbeda. Mereka enggak related dengan konten yang saya buat.

Focused Content

Terlalu banyak konten dan bikin enggak fokus. Sedangkan nantinya saya ingin memfokuskan engineering.jungjawa.com di satu topik saja.

Saya pernah menulis beberapa post terkait engineering di jungjawa.com. Hasilnya? Ambyar dek, koyo sego kucing sing ora dikareti. Buyar.

Beberapa blog post saya tentang engineering (sedikit sih) ya bisa kalian baca kek gini:

Mudah mudahan blog baru saya bisa ikut memberikan manfaat. Kalau boleh sih ya bisa kalian kunjungi juga, baru beberapa post sih. Terus kalau mau ngasih masukan juga boleh kok, tulis di kolom komentar ya.

Mohon kerjasamanya kakak :)

Komentar 12

Sampaikan pendapatmu di sini:

  1. Wah mantap, kak. Saya juga baru merubah konten blog seluruhnya membahas tentang jurusan saya, PWK.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap, sama dong. Topiknya bisa lebih dalam lagi

      Hapus
  2. Wah, bagus idenya bikin blog terpisah. Aku juga maunya gitu, ada satu blog khusus untuk tema scoliosis. Tapi berhubung punya kebiasaan malas login takutnya terbengkalai :( Good luck ya buat blog barunya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai satu akun aja. Makanya single login, tapi ada banyak Blog. Hehehe

      Hapus
  3. boleh nih blog engineering yang bersubdomain, anak teknik dan digital sejati ya. Lumayan tuh mainin SEO nya..

    BalasHapus
  4. Makin berkembang ini blog hahhahahhaha. Kayaknya makin banyak artikel yang beragam di sini mas :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, makin semangat biar sama kek kehidupan nyatanya hehehe

      Hapus
  5. Oh, kalau gaya nulisnya kayak yang waktu itu pernah gue baca "Energi Listrik dari Rem Kereta" mah emang ringan, sih. Meski bukan anak teknik, gue paham. :D

    Dulu gue juga kepikiran gini nih, Jung. Pengin khusus fiksi gitu. Eh, tapi nggak jadi-jadi. Biarlah dicampur aja. Hahaha. Nantilah kalau beneran niat dan finansial udah oke baru pengin bikin yang khusus makan dan jalan-jalan. Semoga saja nggak wacana. XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat yog! Gw tunggu yak. Kalo sudah jadi, saya dikabarin.

      Hapus
  6. Mantap nih, Bang Jung. Memang gitu bagusnya kalau kurang peminat, mending dipisahkan ya, Mas. Jadi khusus gitu..
    AKu suka pembahasan teknik nih, dan gak pake lama. Aku otw TKP aja ya..he

    BalasHapus

Good Ideas. Great Stories.

Feel free if you want to send an email to me and ask anything, or just to say hello!

hello@jungjawa.com

Copyright © jungjawa 2018