Paijo dan Kecerobohan dari Blog yang Ia Miliki


“Kamu harus gagal dan tahu kesalahan yang sudah diperbuat agar bisa berhasil nantinya”

“Lebih dari 80% atas apa yang kamu kerjakan sekarang itu akan sia-sia. Jadi, jangan berpikir kita tidak boleh melakukan kesalahan.”

*** 

Apa yang lebih menyebalkan dari kecerobohan yang fatal? Apalagi tindakan tersebut justru dilakukan atas aset berharga yang dimiliki. Tapi, saya mencoba mengubah sudut pandang ini dari sisi lain. Ya, ceroboh dan kesalahan itu penting. Setidaknya, saya bisa menuliskannya di sini sebagai pembelajaran bagi saya dan semua pembaca jungjawa.com. Mbel... Mbelgedhes!

*** 

Ceritanya begini, saya memiliki beberapa partner blog. Termasuk mengelola performa dan menangani properti statistik alias Analytics yang ada di blog tersebut. Hasilnya, saya ikut terjun langsung menanganinya mulai dari hal-hal kecil seperti remahan rengginang.

Beberapa blog memiliki jumlah tayang halaman atau page view per hari di atas 1.000 page view (momen tertentu bisa mencapai 3.000 page view).

Ya, angka yang cukup menggiurkan karena jika dikalkulasikan selama satu bulan, maka akan ada kurang lebih 30.000 page view per bulan. Lumayan kan? Buat beli cilok sama jajan olshop mure-mure.

Kemudian, sebuah kecerobohan terjadi karena salah satu partner saya. Ya, kalian pasti tau kok namanya. Paijo! Benar sekali. Ia melakukan perbaikan di blog miliknya tersebut justru tanpa sepengetahuan saya. Duh gusti...

Sebenarnya hal ini tidak menjadi masalah apabila Den Bagus e Paijo mengerti akan hal-hal teknis terkait properti statistik yang digunakan.

Sayangnya, ia tidak mengerti akan hal tersebut dan justru tidak menanyakannya kepada saya. Wah, sontak saya kaget karena salah satu properti statistik tersebut adalah tracking code dari Google Analytics dan peletakan Adsense di blog miliknya.

Untung saja, aya tidak perlu waktu lama untuk menyadari hal ini. Sebab, beberapa hari sebelumnya, ketika saya memeriksa dashboard Analytics dan baru menyadari bahwa page view blog tersebut menurun secara drastis.

Makjegagik anjlog!
Saya pikir itu wajar. Sebab, beberapa blog yang saya kelola juga mengalami hal yang serupa dan ndilalah ranking Alexa kok ya ikut membengkak. Duh gusti paringono orson sarsaparilla.

Setelah saya periksa ke blog yang bersangkutan, ternyata tracking Analytics hilang beserta tampilan Adsense yang sudah saya set. Lha marai mumet ndase nek ngene ki.

Sejak 6 Februari, jumlah kunjungan merosot tajam hingga di bawah angka 1.000 page view. Sebab, tidak ada data yang masuk ke dalam Analytics.

Untung saja saya menyadarinya pada tanggal 11. Tidak lebih dari seminggu. Kebetulan bin kebeneran nek ngene ki carane.

Apabila hilang selama satu bulan? Maka akan ada data yang hilang dan tentu itu tidak bagus untuk portofolio performa blog yang kita miliki.

Bisa saja klien meragukan klaim unique visitor, page view dan lain sebagainya dari blog kita. Kok bisa? Ya karena ada periode waktu yang ‘bolong’ tersebut. Paham nggih?

Apakah hanya sampai di Analytics saja? Tidak. Ada hal penting lagi yang sudah saya singgung di depan. Ya, properti Google Adsense sebagai salah satu monetisasi blog tersebut.

Saya juga merasakan hal yang tidak beres di properti blog tersebut. Bahkan, performa Adsense di blog tersebut justru ambyar layaknya sego kucing yang straplesnya sudah dilepas (wes ra jaman nganggo karet meneh). Buyar, dek!

Sialnya, saya tidak melakukan backup bulanan terhadap blog tersebut. Hanya backup tahunan yang justru secara desain dan teknis sudah sangat jauh berbeda. Bad things finally happened!

Adsense yang hilang tentu tidak menjadi masalah. Ya, walaupun hampir satu minggu tanpa menghasilkan pendapatan ya bikin sakit hati sih.

Baca Juga: Ada Apa dengan Path dan Paijo?

Persoalannya bukan Adsense yang tidak menghasilkan. Tapi Adsense milik orang lain yang justru dipasang di blog Paijo. Loh, kok bisa ya?

Ternyata, Den Bagus e Paijo ini meminta bantuan orang lain untuk memperbaiki blog miliknya. Mungkin saja, orang tersebut sedikit ‘nakal dan banyak akal—yang ternyata sudah tutup—’ dan menggunakan slot iklan di blog tersebut tanpa sepengetahuan pemilik sahnya.

Adsense diganti miliknya dan melakukan ‘pencaplokan’ lahan yang seharusnya jadi milik sah blog tersebut. 
Data drop marai mumet

Kok bisa sih? Lha ya bisa tho ya. Jadi gini, beberapa orang mungkin bisa keblinger melihat statistik berupa angka. Ya, saya pernah sedikit basa-basi tentang statistik sih. Ya gitu, ya gimana. Ya pokoknya bikin kepengin dan mupeng. Ya kalo udah mupeng? Ya pengen enaknya aja sih.
Bukan permasalahan namanya jika tidak kita ambil hikmahnya. Terutama jika menyangkut pekerjaan. Sudah selayaknya asset yang dimiliki harus dijaga dan dirahasiakan layaknya kartu as terakhir.

Tidak perlu diserahkan ke orang lain yang justru bikin hati dongkol. Kelakuan Paijo kali ini bikin hati saya esmosi. Esmiso. Smesiyo. Ah.. Pokok e Semosi! Saya hanya berpesan kepada Paijo, hai kamu Paijo yang membaca tulisan saya ini. Jangan cengengesan. Saya serius. Lain kali, kamu harus hati-hati dong ya. Saya sudah melakukan yang terbaik untuk blog milikmu. Sudah saya set agar performanya tidak anjlog. Mbok baleni meneh? Tak kwetag!

Ingat, kalau saja saya gelap mata dan tidak punya nurani karena ngiler Adsense, akunmu sudah saya habisi sejak dahulu.

Komentar

  1. Typo jung.
    Udah komenku cuma ini aja. Sisanya uapikk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya, enggak sadar ada kesalahan penulisan.
      Terimakasih, Bena :)

      Hapus
  2. Menurut anda, apakah baik jika ada seorang kawan yang ingin menitipkan google adsensenya di blog saya? Sebatas menitipkan kode html saja.. Mohon balasannya wahai juragan orson sarsaparilla.. Via WA boleh ya gan..

    BalasHapus
  3. Nah loh, hal beginian pernah saya alami juga Jung, dan yang disalahkan saya, padahal saya ga ngerti2 amat kode-kodean apalagi script.. Tapi tetep aja yang salah saya.. Karena emang yang mengelola webnya. Dan berujung resignlah dr tu perusahaan tanpa seperakpun royalti bonus penjualan yang di janjikan.

    Hih... Ko curcol sih.. Wkwkwk

    BalasHapus

  4. Gini caranya, kok jadi mupeng blognya mau jg dibenerin sama sampean :") muahahah tapi ndak mampu bayar mazzz

    BalasHapus
  5. Pesan moralnya adalah kalau mau utak atik blog pilih orang yang dipercaya aja. Jadi aku minta diutak-atik sama Jung aja deh blognya. Nabung dulu ah. Pasti mahal.

    BalasHapus
  6. mbok ya sekali kali blog ku dibantuin gitu biar makin hits. udah deh, jangan partneran ama Bejo. ama aku aja :p

    BalasHapus
  7. Kalau saya sebelum utak-atik blog, biasanya saya backup dulu mas.. Kecuali melakukan percobaan di localhost jadi lebih aman dan nyaman hehehe

    BalasHapus
  8. wew, ini semacam temen main tikung
    ibarat pagar makan tanaman >.<

    saya malah kena jingling, padahal saya blogger yang tak tau apa-apa T_T

    BalasHapus
  9. Ah males, ah.. Tulisannya campur bahasa jawa. Aku ndak ngerti, Mz. Ndak ngertiii.....

    Tapi turut prihatin sih dgn apa yg terjadi dgn blog itu. Greget pasti kl kita udah berikan yg terbaik, tp malab diacak-acak gitu ajah. Hemsss....

    BalasHapus
  10. bantu aku dong kk buat naikin pvnya ajib banget itu pv sebanyak itu. Lain kali harus berhati hati memilih partneran untuk mengelola blog mas biar engga ada kecerobohan atau hal negatif lainnya

    BalasHapus
  11. Temennya Paijo asyem tenan ya, Mas. Memanfaatkan blog orang lain untuk keuntungannya sendiri. Lagian, Mas Paijo aneh juga, kan selama ini yang ngurus blognya Mas Jung, kenapa minta diutak-atik sama orang lain???

    BalasHapus
  12. Wih, Mas Jung nulis ini pasti sambil nahan marah dan kesal dengan Paijo ya. Semoga Paijo tidak ceroboh lagi dan ga bikin Mas Jung meledak kayak remahan rengginang. Sayang PV nya bisa jatuh dari 1000 ...

    BalasHapus
  13. Jujur ya, aku enggak gitu paham SEO dan Adsense juga. Hahaha.. Boleh dong Diajarin gimana ngelola SEO dan Adsense. Mayan buat nambah2 PV dan penghasilan. Hehehe

    BalasHapus
  14. Yang sabar ya Mas Jung 😊
    Blogku mau di anu-anuin juga dong Mas, biar nganu-nganu 😁.

    BalasHapus
  15. wah pv nya asyik bangettt. Aku maish belum sampai 1000 pe rhari kurang dikit lah

    BalasHapus
  16. Woo...Paijooo, paijooo...!
    Haahha....aku gak paham. Ini tulisan fiksi atau non-fiksi, mas?

    Huuhuu...

    BalasHapus
  17. Akuuu pernah lupa waktu beres2 blog. Asal tak hapus aja pdhal itu analitik dll. Gemezzz deh

    Ya wis mau dong titip iklanku, ahahah

    BalasHapus
  18. Mas aku ikut ngiler dengan jumlah PV-nya. Caranya ningkatinnya sebanyak itu gmn? #dikeplak

    BalasHapus
  19. Wuih pv 1000 per hari? Gimana caranya biar bisa segitu ya?

    Blog saya pvnya masih dibawah ratusan. Syedih

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Post

LOGO BARU PIZZA HUT

Pengalaman Pengembalian Dana (Refund) Tiket Pesawat di Traveloka

12 Akun Instagram Inspirasi Desainer Grafis