Bisnis Tanpa Modal: Bisa Apa?

Artikel ini disponsori oleh KoinWorks, sebuah layanan perbankan online yang melayani program pendanaan atau pembiayaan

tanpa modal bisnis


Pernah kepikiran enggak sih kalau bisnis bisa diciptakan tanpa modal. Istilah yang sering terdengar adalah bisnis modal dengkul saja. Enggak perlu uang atau investasi berupa fresh money.

Sebenarnya, realistis saja. Apakah itu semua mungkin terjadi? Membangun bisnis tanpa modal, hanya berdasarkan keinginan. Bisa apa?

Saya tidak bermaksud skeptis terhadap orang-orang yang memiliki kemauan berbinis yang tinggi. Bukan. Setahu saya, bisnis adalah sebuah sistem yang di dalamnya terdapat dua hal penting. Rencana dan manajemen sumber daya. Bahkan sebuah bisnis yang sangat sederhana memerlukan modal minimal selain kemauan saja.

Sebuah bisnis tidak mungkin berjalan tanpa modal. Ya, pasti ada walaupun sedikit. Kesuksesan dalam bisnis pun bukan perkara instan. Victory loves preparation.

Modal itu penting. Selain itu, kita perlu memiliki modal finansial yang tentu saja akan digunakan untuk membiayai awal dari bisnis tersebut. Modal yang akan memutar roda bisnis.



Berbicara modal, baru-baru ini saya mengenal tentang sebuah alternatif pembiayaan yang jenisnya peer to peer lending. Whoops!

Dan salah satu platform investasi P2P lending (peer to peer lending) ini adalah KoinWorks.com. Ya, KoinWorks menawarkan P2P lending dengan marketplace untuk para pendana dan peminjam.

Seperti yang saya singgung di atas. Seseorang yang ingin membangun usahanya tentu membutuhkan modal. Di sisi lain, ada pihak yang ingin berinvestasi. Nah, KoinWorks lah yang akan menghubungkan atau menjadi hub antara peminjam dan pendana.

website Koinworks


Dan dalam industri ini, peraturan peer to peer lending sudah dikeluarkan guna guna meningkatkan kepercayaan, keamanan dan kenyamanan konsumen melalui Peraturan OJK 77/POJK.01/2016. You can just Google it. :)

Nah, sepertinya solusi atas modal memulai bisnis sudah terpecahkan. Apakah support modal dari pihak luar itu penting? Ya. Realistis lah ya, semua bisnis akan membutuhkan modal untuk berkembang. Ketika sebuah bisnis tidak memiliki modal, maka hal fundamental yang kita lakukan (ya, semua orang juga tau ini sih) adalah mencarinya.

Caranya? Ya sudah saya jelaskan di atas sih.

Sayang sekali kalau ide bisnis yang sudah oke punya terhambat gara-gara modal. Pun untuk kalian yang memiliki modal, peer to peer lending bisa menjadi hub untuk dua pihak yang saling membutuhkan.

Fyi aja sih, di KoinWorks kita bisa minimal berinvestasi mulai dari Rp. 100.000 saja dengan keuntungan investasi 18% per tahun. Fair enough isn’t?
Punya ide bisnis tapi engak punya modal? Sudahlah. Enggak perlu bingung.
Punya modal tapi enggak punya ide bisnis? Sudahlah. Enggak perlu pusing.

Masih belum percaya hal seperti ini? Artinya kamu masih belum cukup punya modal keberanian untuk membangun bisnis dan berinvestasi.

Baca juga: Predatory Pricing: Tentang Strategi Bisnis yang Ternyata Bakar Duit

Kesimpulannya, kamu masih belum punya modal yang cukup banyak untuk membangun bisnis dan rencana investasi yang kuat. Solusinya sudah ada. Tinggal kamu aja sih, mau atau enggak untuk mengeksekusinya.

Jadi, kalo setelah baca tulisan ini dan kamu masih berpikir bahwa bisnis itu enggak perlu modal. Kamu harus segera berubah. Cepat pergi sana! Jangan menghabiskan waktu di artikel ini lagi. Eksekusi! Bisnis atau investasi!

Komentar

  1. jian tenan, jaman saiki sing penting kreatip mas, rasah nggo modal, modal dengkul karo nekat pokokke dadi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dadi sih, Pak. Ning rodo ngoyo.

      Hapus
    2. Nek modal nekat karo dengkul yo dadi sih pak. Ning angel munggah e.
      Dadi ajur :)

      Hapus

Posting Komentar

Popular Post

Pengalaman Pengembalian Dana (Refund) Tiket Pesawat di Traveloka

LOGO BARU PIZZA HUT

SAMUDRA!