Cara Mengatasi No Account Access pada Google Analytics di Android | Good Ideas. Great Stories.

Aplikasi Google Analytics Android


Artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi ketika Google Analytics—sebuah tools yang sangat powerful—yang digunakan pada smartphone Android milik saya bermasalah.

Bagi kalian yang belum tahu banyak tentang Google Analytics, tools ini merupakan layanan gratis dari Google yang berfungsi untuk menampilkan statistik pengunjung pada web atau blog yang kalian miliki. Tidak hanya jumlah kunjungan, Google Analytics bisa melihat user behaviour seperti durasi kunjungan pengunjung di situs kalian dan dari mana mereka berasal.

Google Analytics
Aplikasi Google Analytics di Android

Google Analytics semakin mempermudah seorang webmaster dalam mengelola dan mengatasi data situs atau blog dengan adanya aplikasi yang tersedia di platform Android (and of course for the other OS too). Ya, kalian bisa dengan mudah mengakses website dan blog dikelola di manapun saja. Sembari ongkang-ongkang di cafĂ© atau angkat kaki menikmati pecel di pinggir jalan pun bisa. Ah, syurgawi dunia memang nikmat rasanya.
Tapi, bagaimana cara mengatasinya jika Google Analytics tersebut bermasalah dengan otorisasi akses? Ya, saya pernah mengalaminya di smartphone Android milik saya. Sangat annoying rasanya dan pengin saya kremus saja gawai ini. *kriuk*

No Account Access Google Analytics
No Account Access


Sebab, tidak ada badai apapun, secara makjegagik muncul pesan “No Account Access”. Loh, saya kan sudah login di Google Analytics, kok ya bisa enggak ada akses akun. Pun ketika saya lihat Account Access authorization beberapa aplikasi lain tidak bermasalah.

Tapi aplikasi ini lain cerita, ia tidak bisa memunculkan data yang seharusnya bisa diperlihatkan. Saya sudah menutup aplikasi Google Analytics beberapa kali, namun hasilnya sama saja. Nah, kali ini saya akan mencoba membantu kalian yang tentu saja membaca artikel ini untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Cara menyelesaikan “No Account Access” di Google Analytics Android?

Jadi begini, saya ingin memberikan tips terlebih dahulu. Ini bukan tentang aplikasi Google Analytics saja, tapi semua aplikasi. Jika ada aplikasi yang bermasalah, cukup lakukan pertolongan pertama dengan melakukan restart ulang device tersebut.

Jangan gunakan cara lain yang justru bisa saja salah. Sederhana saja. Matikan device yang bermasalah kemudian hidupkan kembali. Kemudian lihat aplikasi yang bermasalah tersebut. Apakah masih bermasalah atau sudah normal kembali.

Jika masih bermasalah? Kalian bisa menyelesaikan “No Account Access” yang menyebalkan ini dengan cara berikut ini:

1. Gunakan hanya satu akun Google saja

Kemungkinan yang pertama, akun Google kalian mengalami crash authorisasi. Jika begini adanya, ya sudah. Logout semua akun Google yang ada di device Android milikmu.

Account Delete Google Analytics di Android
Hapus saja akun Google-nya!

Hal yang bisa kamu lakukan adalah menghapus akses dari semua akun milikmu. Sisakan satu atau login menggunakan satu akun saja. Inilah yang bisa kamu lakukan:
  • Buka Setting
  • Masuk ke menu Accounts
  • Tap Google Account
  • Hapus akun Google yang lain. Sisakan satu saja
  • Restart ulang Android kamu
  • Buka aplikasi Analytics

Menghapus Akun Google Analytics
Sinkronisasi akun Google melalui Accounts
Setelah itu, periksa aplikasi Analytics milikmu, apakah masih bermasalah atau tidak. Jika sudah tidak bermasalah, tambahkan akun yang lainnya kembali dan berbahagialah.

2. Cobalah hapus data dan cache aplikasi GoogleAnalytics

Mungkin saja data aplikasi di Android Google Analytics bermasalah, jika begini adanya, kamu harus mencoba menghapus data aplikasi tersebut. Enggak mengerti caranya? Gampang kok:
  • Buka Settings
  • Masuk ke Apps atau Manage Apps
  • Carilah aplikasi Google Analytics atau Analytics
  • Simpel saja, tap Clear Data dan Clear Cache
Clear Cache dan Clear Data Analytics Android
Clear Cache dan Data Google Analytics

3. Mungkin Google Service Framework-nya bermasalah

Google Service bisa saja mengalami crash walaupun aplikasi ini termasuk pre-installed app yang ada hampir di semua device Android. Fungsinya? Ya untuk melakukan sinkronisasi data dengan Google, sehingga (seharusnya) bisa berjalan dengan baik.
  • Buka Settings
  • Masuk ke Aplikasi atau App Manager
  • Cari dan buka Google Service Framework
  • Tap Force Stop dan Clear Cache
  • Restart 

Menghapus Google Service Framework
Google Service Framework
Tidak ada aplikasi yang benar-benar sempurna, termasuk aplikasi dari Google. Mungkin saja, ini adalah bug yang harus segera dibereskan oleh Google. Ada baiknya, setiap pembaruan aplikasi langsung kalian perbarui. Jika masih bermasalah, periksa versi Analytics milikmu. Jika ada versi terbaru, lakukan update alias pembaruan untuk mengurangi bug yang ada.

Apakah Google Analytics kamu masih bermasalah? Atau kamu punya cara lain untuk mengatasinya? Silakan share di kolom komentar di bawah ya. Hope this helped and have a nice day!

Komentar

Sampaikan pendapatmu di sini:

Posting Komentar

Good Ideas. Great Stories.

Feel free if you want to send an email to me and ask anything, or just to say hello!

hello@jungjawa.com

Copyright © jungjawa 2018