Sejarah Maritim Indonesia dalam Balutan Museum Bahari Jakarta | Good Ideas. Great Stories.
Artikel ini disponsori oleh Docar, platform marketplace jasa sewa mobil online



Catatan sejarah telah membuktikan bagaimana nenek moyang bangsa kita telah menjadi penakluk samudra yang sangat disegani. Termasuk beberapa peninggalan catatan tersebut dalam relief Candi Borobudur, tentang nenek moyang kita yang menguasai teknik pembuatan kapal. Sampai dengan bagaimana kapal Jung dibuat. Menarik

Enggak salah juga jika kita memiliki museum yang menjadi tempat dipamerkannya berbagai koleksi yang berhubungan dengan kejayaan maritim tanah air. Ya, Museum Bahari, yang berlokasi di daerah Penjaringan, wilayah Jakarta Utara.


Museum Bahari  menyimpan berbagai koleksi sejarah maritim Indonesia yang memperlihatkan kekayaan dan kejayaan dunia kemaritiman Indonesia, sejak jaman kerajaan Nusantara sampai saat ini.

Perahu serta kapal asli dan miniatur

Salah satu jenis koleksi sejarah Museum Bahari yang mengundang decak kagum pengunjung dari dalam maupun luar negeri adalah perahu-perahu maritim tradisional Indonesia. Terdapat 19 buah perahu atau kapal asli yang menjadi koleksi museum ini.

Jukung Karere via nativeindonesia.com


Well, salah satunya adalah Jukung Karere, sebuah perahu dari Papua yang dibuat dari batang kayu utuh sepanjang 11 meter. Phinisi dan Lancang Kuning menjadi kapal lainnya yang juga turut dipamerkan. Setidaknya, terdapat juga 107 buah miniatur perahu serta kapal, baik itu yang masih tradisional maupun yang sudah modern. Mantap soul!

Perlengkapan nelayan

Selain perahu, Museum Bahari juga mengoleksi berbagai perlengkapan dan benda-benda kelautan yang sering dipakai nelayan untuk melaut. Baik itu perlengkapan yang masih tradisional maupun yang dipakai pada jaman modern. Diantaranya adalah teropong, jangkar, kompas dan peralatan navigasi lainnya.

Sisi lain Museum Bahari via mapio.net


Berbagai lagu masyarakat nelayan Indonesia juga turut dipamerkan bersama dengan cerita-cerita rakyat yang berhubungan dengan dunia kemaritiman di Indonesia. Koleksi-koleksi ini diharapkan membuat bangsa kita tidak melupakan kejayaan bahari yang pernah dan akan selalu dimilikinya. Ya, kita adalah bangsa yang besar karena teritori laut yang dimiliki.

Sejarah kemaritiman Indonesia

Sejarah kemaritiman Indonesia sudah dimulai ratusan tahun yang lalu, sejak jaman raja-raja Nusantara. Hal-hal yang berhubungan dengan sejarah tersebut juga menjadi koleksi berharga yang terdapat di Museum Bahari. Foto-foto serta lukisan raja-raja maupun pahlawan Indonesia yang berhubungan dengan kemaritiman terlihat di museum ini.

Replika kapal via setuparch.blogspot.com

Fyi aja sih, pengunjung juga bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai beberapa raja tersebut, diantaranya adalah mengenai Raja Sriwijaya. Tidak hanya sejarah masa lalu, tetapi sejarah dan perkembangan teknologi perkapalan juga bisa ditemui di museum ini. 

Peralatan TNI AL

Saat ini keamanan wilayah laut Indonesia berada di bawah wewenang TNI Angkatan Laut. Karena itu di museum yang banyak menyimpan sejarah kemaritiman tanah air, juga disimpan berbagai perlengkapan yang digunakan oleh tentara nasional tersebut. Ay ay captain!

Peralatan persenjataan yang digunakan TNI AL menjadi salah satu jenis koleksi museum ini. Terdapat juga berbagai jenis peta dan perlengkapan kartografi yang digunakan oleh TNI AL maupun masyarakat maritim Indonesia lainnya.

Museum Bahari menempati sebuah bangunan berlantai 3 yang dulunya digunakan sebagai gudang untuk menyimpan rempah-rempah milik VOC. Bangunan yang didirikan tahun 1652 ini, menghadap ke teluk Jakarta yang sangat Indah. Disamping bangunan museum, terdapat menara Syahbandar yang didirikan sejak 1839.

Menara Syahbandar via thearoengbinangproject.com


Untuk bisa menikmati keindahan museum dan berbagai koleksi di dalamnya, kita bisa menyewa mobil carteran melalui Docar. Dengan layanan ini, kunjungan ke museum yang memiliki berbagai koleksi mengagumkan tersebut akan menjadi lebih lancar dan nyaman. Docar tak hanya melayani kota Jakarta, tapi juga melayani kota lainnya antara lain Surabaya, Bandung, dan Malang.
Museum Bahari menyimpan berbagai koleksi yang sangat mengagumkan seperti perahu atau kapal, peralatan nelayan, bukti-bukti sejarah maritim dan peralatan TNI AL.


Header image credit: cityseeker.com

Komentar 5

Sampaikan pendapatmu di sini:

  1. Aku blm pernah kesini masa. Tapi itu ada peralatan TNI AL, ada seragam juga gak disana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalau seragam kurang tau. Kenapa? Kamu mau grosir? Coba ke tanah abang
      *mari kakak di lihat kakak
      *murah kakak
      *diskon kakak

      Hapus
  2. Seharusnya museum seperti ini banyak digandrungi anak muda ya, ini kan peninggalan sejarah sama kayak mantan (bersejarah tapi tak patut dikenang) *loh*

    BalasHapus

Good Ideas. Great Stories.

Feel free if you want to send an email to me and ask anything, or just to say hello!

hello@jungjawa.com

Copyright © jungjawa 2018