Loh, Kok Ada Normal 0 False False False EN-US X-NONE X-NONE di Blog Post Saya?



Rasanya udah sering banget ditanyain perihal kenapa postingan blog kok ada kode-kode aneh yang tiba-tiba muncul gitu aja. Uniknya, di editor blog kan nggak ada, tapi setelah di publish, kode itu muncul. Beberapa temen juga sering nanyain tentang ini. Ya, udah ketebak lah pertanyaannya kek gimana: Ini bisa dibenerin nggak, deh?

Well, jadi gini, buat kalian yang ngeblog menggunakan platform Blogger dan mengalami kejadian ini, nggak perlu khawatir. Soalnya gini, perlu lo ketahui kalo editor Blogger itu akan menyalin style apapun yang lo copy menggunakan fitur copy paste.

Jadi, semisal lo buka sebuah website dan menyalin dengan cara menyorotnya dan langsung lo paste di editor Blogger, maka style dari website tersebut ikut disalin juga. Nah, masalahnya, editor Blogger itu nggak cuman style website yang dia copy, style Microsoft Word pun ia copy.

Dan penyebab munculnya kode error Normal 0 False False False EN-US X-NONE X-NONE tadi ya karena lo melakukan copy paste tanpa clear format. Dan parahnya, mungkin nggak lo edit lagi, tapi langsung publish gitu aja.

Jadi, gimana caranya agar kode error tersebut nggak muncul?

Gampang kok sebenernya, ada banyak cara. Termasuk cara ribet dan cara simpel. Tapi, gue lebih menyarankan lo menggunakan one touch click aja, biar nggak ribet. Tapi sebelumnya, untuk kasus ini, kode error tersebut karena murni style dari Ms. Word yang secara nggak sengaja ikut disalin di editor Blogger loh ya.

Buat error lain misalnya gara-gara script atau format template yang sedikit nyeleneh nggak dibahas di artikel ini. Tutorial ini berdasarkan pengalaman pribadi gue. Jadi, solusi tiap orang bisa aja berbeda. For me, I have this one. And trust me, it's work!

Mungkin lain kali akan gue bikin artikel lain sesuai error yang terjadi. Kalo lo perlu bantuan, akan gue bantu sebisa mungkin deh. Fair enough?

Copy Paste dan Clear Format

Seperti yang udah gue bilang di atas tuh. Jadi gini, setelah lo copas dari Ms. Word, jangan lupa untuk clear format post tadi. Caranya gampang deh, select all (Ctrl+A) seluruh post yang ada di editor Blogger milik lo. Kemudian cukup klik remove formatting. Nah, ini udah otomatis seluruh post style tadi terformat ulang. Jadi bersih gitu.

Remove formatting ada di pojok kanan atas

Kalo lo penasaran sama yang perbedaannya, lo bisa liat bedanya melalui format HTML editor secara langsung. Coba liat gambar dibawah ini dulu. Jadi, di bagian kiri itu adalah hasil copas langsung dari Ms. Word tanpa adanya clear format. Tuh kan, banyak banget stylenya yang dicopas langsung. Terus, di bagian kanan, itu udah gue clear format. Stylenya jadi bersih kan? Nah iya gitu.

Mulai sekarang pake clear format ya!

Format yang nggak kebaca oleh editor Blogger tadi ya dianggap sebagai teks biasa tanpa format syle. Maka, muncul deh kode Normal 0 False False False EN-US X-NONE X-NONE tadi.

Selanjutnya, tinggal lo edit ulang dan sesuaikan editing dengan Ms. Word tadi. Seperti format font yang italic, bold atau underline. Terus, format heading, sub heading bahkan kalo kamu make minor heading juga. Format paragraph juga, seperti rata kiri atau rata kanan-kiri. 

Menurut gue, ini adalah cara yang paling simpel, walaupun sedikit ribet pada saat mengulang format style dari Ms. Word. Soalnya, lo harus memerhatikan formatnya satu per satu buat nyamain format yang ada di Ms. Word

Last but not least, kalo lo punya tips lain, boleh nih share di kolom komentar. Okay? Feel free to share too.

Komentar

  1. Baru tahu permasalahannya aku, ms :-D

    BalasHapus
  2. Kalo gue sih kelar tulis di word, copy semuanya ke notepad. Karena notepad kan ga ada stylenya, baru deh dicopy ke dashboard.

    BalasHapus
  3. kalau saya sih biasanya sehabis ngetik di Word biasanya di cek dulu nga saya langsung publish siapa tau ada yang typo atau format barisannya salah, tapi nga pernah hilangin format yang di Word. Dan disaya belum pernah juga tuh ada kek gituan, apa beda template beda pembacaannya juga yah bang ?

    BalasHapus
  4. Untungnya gue belom pernah ngalamin hal kek gini, tapi infonya bermanfaat banget :)

    BalasHapus
  5. Sering banget ngalamin kayak gini, karena ngetik di ms word baru copy paste ke editor blogger.
    Thanks infonya :) *langsung dipraktekin...

    BalasHapus
  6. ya ya ya pake notepad juga bisa, dari word copy ke notepad trus copy yg dr notepad ke blogger editor,

    BalasHapus
  7. Kalo gw biasa nya di word dan selama ini ngak ada masalah

    BalasHapus
  8. Awal ngeblog suka galau gegera ini. XD Tapi, setelah ke klinik nyeri. Eh, maksudnya tanya2 di Google, ternyata nemu jawabannya. Kalo gue sih, nulis dari Word, edit fullnya baru di editor blogger.

    Makasih wejangan ilmunya mas.

    BalasHapus
  9. Kalo untuk tulisan yang panjang, gue suka numpang bersihin format di notepad (win) atau text edit (osx). Tapi kalo cuma tulisan pendek doang mah gue biasanya suka numpang bersihin format di addres bar browser huehehe

    Salam, Indra Permana

    BalasHapus
  10. Waduh, gue nih suka banget kelupaan kalo habis copy dari Ms. Word. Ya, meskipun belum pernah muncul false gitu. Thanks, Rif. Sudah mengingatkan. Semoga gue gak lupa untuk clear format lagi. :(

    BalasHapus
  11. Ya ampun, kalo bahasin soal script ataupun kode HTML kadang suka pusing sendiri, abisnya gak paham sama begituan -__-

    BalasHapus
  12. Dibiasain nulisnya di notepad. Kalo emang masih di ms word, iya kode2 itu masih kebawa2 kalo copas langsung.
    Nice tipsnya gan, saya malah kalo ngilangin lebih ribet, masuk ke edit html-nya.

    BalasHapus
  13. Gue sering tuh kejadian begituan.. awalnya nggak tau kenapa haha, kalo gue solusinya sih masuk ke format html, ntar tinggal diapusin aja. Tapi biasanya panjang banget -_-

    BalasHapus
  14. Bayangin deh tadi sebelom kakak kasitau aku buka html-nya dan aku hapusin tuh style yang ke-kopi satu-satu sampe stress. Soalnya jadi ngaruh ke sidebar dll... Aku hampir putus asa. Sebelum diedit, homepage-nya cuma nampilin satu post yang itu doang. Kzl pokoknya.
    DAN AKU BARU TAU ADA FITUR BEGINI... what a waste banget ya blogging lama ngga tau fitur-fiturnya. Huahahaha.

    Pokoknya makasih banyak!

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Post

Yuk Kenalan dengan Berbagai Jenis Power Plant yang Ada di Indonesia

Pengalaman Pengembalian Dana (Refund) Tiket Pesawat di Traveloka

LOGO BARU PIZZA HUT