Ricky Elson: Anak Muda Punya Dampak yang Besar untuk Membangun Indonesia

ricky_elson_tedxuns_jungjawa


"Seseorang yang memiliki pengetahuan yang tinggi, wajib untuk memberikan manfaat" - Ricky Elson
Seperti ilmu padi, semakin berisi maka akan semakin merunduk. Mungkin seperti itulah pribahasa yang tepat dari apa yang kita harapkan kepada kita sebagai kaum intelek di Indonesia.

Nah, di acara TEDxUNS, Ricky Elson memaparkan tentang anak muda dan semangat untuk membangun Indonesia. Ricky Elson sendiri telah ikut membangun bangsa ini dengan mengembangkan potensi kincir angin bersama mahasiswa-mahasiswanya di Ciheras, Tasikmalaya.

Baca juga: Clean Tech dan Para Penari Langit

Ciheras merupakan sebuah karya nyata bahwa kita sebagai anak muda mampu dan sanggup untuk memberikan dampak dan ikut berkontribusi dalam pembangunan bangsa. Ricky Elson percaya bahwa anak muda memiliki semangat yang tinggi dan selalu memiliki daya juang yang hebat.

"Potensi terbesar yang dimiliki Indonesia untuk saat ini adalah anak muda," kata Ricky.

Telah terdapat 10 kincir angin yang beroperasi di Ciheras. Rencananya akan ada 1000 kincir angin yang beroperasi dalam jangka waktu 4 tahun kedepan. Tentu, ini dapat memberikan kemandirian energi disana. Dan bagi banyak daerah di Indonesia yang belum teraliri listrik, ini merupakan sebuah harapan dari tangan-tangan tulus yang akan mewujudkannya. Ya karena jika kita tau lebih jauh, ada daerah yang sudah 70 tahun sejak Indonesia merdeka belum teraliri oleh listrik!

Menurut Ricky, anak muda adalah salah satu komponen mesin penggerak bangsa. Setiap hari selalu ada saja berbagai permasalahan muncul diberbagai daerah. Sehingga solusi dan peran serta kita semua sangat dibutuhkan atas permasalahan yang terjadi.

Tetapi, ada hal sepele yang jika kita cermati lebih detail akan memberikan dampak yang besar. Yaitu permasalahan pola pikirnya. Ini yang harus diubah. Seringkali kita merasa sia-sia ketika telah melakukan sebuah riset. Berbagai alasan muncul untuk tidak mengembangkan riset dan belajar lebih jauh. Ya alasannya riset tidak didukung, birokrasi yang rumit, takut gagal dan lain sebagainya

Baca juga: Bener Nggak Kalo Teknologi Bakalan Mempersempit Lapangan Pekerjaan?

Padahal itu bukan menjadi masalah utama yang perlu dipikirkan. Seharusnya sejak dari awal perlu memiliki keyakinan dan kemampuan untuk mandiri. Jika kita yakin dan mampu secara mandiri, kita dapat mewujudkan hal yang mungkin pada awalnya kita merasa tidak sanggup. Impossible is nothing.

Ya intinya, seperti yang pernah dibahas di jungjawa.com, kita harus percaya bahwa anak muda dapat memberikan value kepada lingkungan dimana ia berada. Intinya, kita bisa melakukan apapun untuk membangun demi kemajuan Indonesia!



Image credit: instagram.com/tedxuns

Komentar

  1. Wah... mas Arif selalu buat gue ngerasa keren jadi anak muda. :) Gaya bahasa yang dipake dengan cara menyampaikannya sangat luwes, jadi selalu aja saya senang membaca post di sini.

    Memang bener mas, Indonesia yang bisa diandalkan saat ini adalah anak MUda. Tapi, ada sisi lain yang menyalahkan maksud itu. Sehingga, berakibat buruk pada penilaian anak muda. Gue selalu percaya, bahwa masih banyak orang di luar sana yang emang bisa dan mempu membuktikan bisa membangun bangsa dengan baik. Contohnya mas Ricky.

    Makasih wejangannya mas jung. :)

    BalasHapus
  2. Langsung cari tahu siapa Ricky Elson.

    Pemuda Indonesia hebat-hebat, cuma belum seluruhnya mau berkontribusi ke negaranya :))

    Semangat!

    BalasHapus
  3. Aku juga salut nih sama beliau, sayangnya negara kita belum bisa aware dengan anak muda yang berpotensi begini... Oiya, coba kamu cari tahu ttg dokter Warsito. Orang Indonesia yang potensial dan diabaikan juga. Meskipun bukan muda lg, kisah beliau mungkin bisa diulas kapan kapan di sini

    BalasHapus
  4. Di Indonesia banyak orang hebat kurang dihargai, ya. :')
    Iya, sih. Anak muda memang punya dampak besar bagi negara. Pramoedya juga pernah bilang mengenai itu. Meskipun maksud si Pram untuk menjatuhkan Soeharto dan menuntut keadilan. :))

    Duh, kok komen gue sampe ke sini-sini. Bahaha.

    Hm, impossible itu kan sebenernya im possible, ya? Eaak.

    BalasHapus
  5. anak muda indonesia semuanya aslinya hebat-hebat tai kebanyakan yang hebat-hebat ini tidak banyak yang didukun, bahkan ada yg berdiri sendiri tanpa campur tangan pemerintah

    BalasHapus
  6. Begininih ank muda yang keren, harus kreatif dan innovatipp. Dan pemerintah harusnya sangat mengapresiasi

    BalasHapus
  7. Imposible is nothing! Yeah! \:D/
    *terus lupa hari ini mau ngapain, lanjut tidur* *anak muda hina*

    BalasHapus
  8. Anak muda haraoan bangsa, tp sayangnya di negara kita, anak2 muda kreatif masih kurang wadah gitu. Pendidikan aja masih mahal bgt....

    BalasHapus
  9. Penuh inspirasi banget orang ini ya mas keren!

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Post

Pengalaman Pengembalian Dana (Refund) Tiket Pesawat di Traveloka

LOGO BARU PIZZA HUT

SAMUDRA!