Mau Jadi Kreatif Itu Gampang!



Saya seringkali menemui orang orang dengan pemikiran luar biasa pesimis. Jika berbicara tentang kreatif, yang bisa mereka katakan tidak jauh jauh dari "amati, tiru, modifikasi" seakan akan makna kreatif sesempit daun rambutan.

Kreatif itu sulit, kreatif itu membutuhkan pemikiran panjang. Pokoknya kreatif itu nggak kayak apa yang para motivator bilang, susah banget jalaninnya. Adalah sedikit dari pemikiran pemikiran yang mendominasi masyarakat kita, dan sebagian besar anak muda Indonesia. Padahal negeri ini butuh banyak insan insan dengan ide segar penuh inovasi. Berbicara inovasi, tentu kunci utama adalah dengan berpikir kreatif.

Baca juga: FoPo, Belajar Menangani Masalah Pangan dengan Kreativitas

Berawal dari pemikiran tentang sulitnya berpikir kreatif, ungkapan "amati, tiru, modifikasi" juga dirasa sulit. Kemudian lahirlah para copaser atau plagiarisme yang sukses membuat yang dicopas menjadi sedih dan kecewa. Bahkan ada yang memutuskan berhenti dari kegiatannya karena para copaser yang tak punya hati ini.

Kalau dipikir-pikir, kreatif itu mudah. Kok bisa? ya bisa dong kalau mau sedikit berpikir "dalam". Menurut saya, kreatif hanya tentang empat hal.

1. Kreatif Itu Tentang Berpikir Apa yang Belum Ada

Kreatif Itu Tentang Berpikir Apa yang Belum Ada

Ya, teknologi dan penemuan penemuan sensasional lahir dari sesuatu yang "belum ada" dan "tidak mungkin". Dengan menemukan gagasan sesuatu yang belum pernah ada, dan berusaha berbuat lebih untuk hal itu. Kamu sudah termasuk insan dengan pemikiran kreatif.

2. Kreatif Itu Tentang Berusaha Memudahkan yang Sulit

Kreatif Itu Tentang Berusaha Memudahkan yang Sulit

Ya, sebenarnya berpikir kreatif sesederhana itu. Banyak hal hal sulit di sekitar kita yang butuh sebuah pemikiran baru untuk membuat sesuatu yang sulit tersebut menjadi mudah. 

3. Kreatif Itu Tentang Memberi Makna Bagi Sesama

Kreatif Itu Tentang Memberi Makna Bagi Sesama

Kreatif adalah bagaimana kita berguna bagi lingkungan sekitar. seseorang dikatakan berguna bagi sesamanya ketika ia mampu bermanfaat bagi orang lain. Dengan semangat memberikan manfaat bagi sesama, kamu secara otomatis akan tergerak memikirkan sesuatu yang tak pernah terbayangkan sebelumnya.

4. Kreatif adalah Tentang Sesuatu yang Sedikit Namun Mampu Memberi Banyak

Kreatif adalah Tentang Sesuatu yang Sedikit Namun Mampu Memberi Banyak

Berpikir kreatif tidak harus dengan suatu gagasan besar dan heroik. Banyak mereka yang sukses dikenal sebagai “insan kreatif” berangkat dari hal kecil yang luput dari perhatian banyak orang. Berpikir kreatif  butuh ketelitian tingkat tinggi, ketenangan luar biasa, dan ketulusan hati mengagumkan.

Baca juga: Yuk, Jadi Pemuda yang Kreatif

Saya juga bukan seseorang yang bisa selalu berpikir kreatif, tapi setidaknya ada pos-pos dalam hidup yang hanya bisa diisi oleh pemikiran kreatif sebagai penanda nilai diri. Kreatif itu mudah, jika mau mencoba.


All image credit: pixabay.com

Tentang penulis
+Faizah Akhsan. Penyuka diving, basket dan penggila novel fiksi.  Read my blog at riffatakhsan.com or just contact me on Twitter at @riffatakhsan

Guest post adalah artikel yang ditulis oleh kontributor jungjawa.com. Bulan September ini jungjawa.com bakalan ngebahas tentang Creative Thingking. Pengen ikutan bikin guest post juga? Prove your existence and send your email to hello@jungjawa.com with subject [Guest Post]_Judul Post_Author. Good luck! 

Komentar

  1. Terima kasih untuk postingannya, Jung :)

    BalasHapus
  2. Kalo menurut temen gue, yang bisa gue pahamin pake logika,
    KREATIF = Kere Tapi Aktif
    Maksudnya hampir sama kayak poin-poin yang lo jabarkan, jadi kasarannya kalo lagi gak punya uang, kan maksain tuh gimana caranya kita bisa buat, dan hasilkan hal yang sama dengan pengeluaran yang bisa kita pake. jadilah sesuatu yang bisa dibilang kreatif.

    BalasHapus
  3. ATM (Amati-Tiru-Modifikasi). Cara ini sebenarnya bisa dibilang cara yang kreatif. Emang iya sih selama ini banyak plagiarisme yang terjadi tanpa nyantumin sumbernya. Tapi kalo ATM ini bisa direalisasikan dengan baik, gue rasa orang itu bisa dibilang kreatif. ATM beda dengan menjiplak. Saat orang dapet ide dari sumber tertentu, lalu memodifikasinya dengn gaya dan karakter yang dia punya, orang itu bisa dibilang kreatif. Dan itu nggak sama dengan menjiplak. Karena ATM sama halnya ketika ada orang terinspirasi oleh kegiatan orang lain, misalnya warung bakso, lalu dia melakukan hal yang sama dengan mendirikan warung bakso. Tetapi dia mengembangkan warung tersebut dengan ciri dan desain yang lebih kreatif. Gampangnya ATM itu merealisasikan inspirasi yang di dapat dari orang lain atau sumber lainnya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Post

Pengalaman Pengembalian Dana (Refund) Tiket Pesawat di Traveloka

LOGO BARU PIZZA HUT

SAMUDRA!