Jangan Pernah Males Baca Buku Kalo Pengen Kreatif! | Good Ideas. Great Stories. -->

"Always read something that will make you look good if you die in the middle of it" - P.J. O'Rourke

Udah dari dulu banyak yang bilang kalo buku adalah jendela ilmu pengetahuan. Pertanyaan besarnya adalah: “Apakah dengan baca buku bakalan bikin kita kreatif?”

Sebenernya udah banyak penelitian yang dilakukan tentang manfaat membaca buku, salah satunya adalah manfaat dibidang kesehatan dan psikologis. Pernah gak lo ngerasa kalo habis baca satu buku bikin lo punya kekuatan super sehingga jadi lebih pintar dan sehat karena buku itu? Mungkin. Tapi gak kok, lo gak bakalan bisa jadi sejauh itu terus gara-gara baca buku bisa jadi super book man. Boom!

Membaca buku itu baik dan merupakan kebiasaan yang harusnya sih lo pertahankan. Tapi, masalahnya adalah nggak banyak dari kita yang punya kebiasaan baik itu, yaitu membaca. Padahal sebenernya, membaca adalah salah satu cara mempelajari bahasa. Tau nggak sih lo kalo bahasa merupakan salah satu alat untuk berpikir?

Baca juga: 7 Cara Kreatif Buat Nyari Ide

Seperti yang udah terjadi di masa pemerintahan kolonial belanda dulu, mereka mendirikan pusat kajian budaya jawa (termasuk bahasa di dalamnya) di negara Belanda. Ya tujuannya biar mereka bisa menggunakan politik divide et impera yang konon terkenal banget buat menaklukkan daerah jajahan mereka.

Makanya banyak penelitian, literatur dan para ahli merekomendasikan kalo aktivitas membaca harus dimasukkan kedalam rutinitas harian kita. Etapi bukan buat bikin daerah kolonial lagi loh, bukan itu.

Tapi lebih kearah menumbuhkan kreativitas kita. Apalagi kalo lo lagi terjun di bidang kreatif (kek desainer, penulis atau marketing), kita diharuskan untuk terus-terusan membaca. Tapi lucunya ya kita lebih sering baca blog, tweet atau status update di media sosial. Iya sih bagus, biar tau informasi dan tetep up to date, tapi otak kita nggak bekerja dengan cara kalo kita lagi baca buku. Kenapa? Karena membaca buku adalah kegiatan yang memaksa kita untuk menghilangkan distraksi yang ada dan fokus untuk membaca.

Baca juga: Mau Jadi Kreatif Itu Gampang!

Poin pentingnya, kemampuan fokus pada buku yang kita baca ini yang jadi katalis untuk meningkatkan kreativitas. Penelitian menunjukkan bahwa membaca adalah cara terbaik buat nyantai dan ngilangin stress. Bahkan katanya membaca bisa bikin lo santai melebihi saat lo dengerin musik atau jalan-jalan sore.

Sebab, pas lagi lo membaca bakalan ada sensasi dari otak lo buat berimajinasi di dunia sastra. Butuh waktu 6 menit aja untuk memperlambat denyut jantung kalo lo lagi baca buku, which mean lo bisa santai dengan cara membaca.

Jadi, akhirnya lo sadar kan kalo membaca adalah aktifitas merangsang imajinasi dari kata-kata. At the end, lo juga harus sadar why God gave us a book? Because that make us more creative!



Image credit: pixabay.com

Good Ideas. Great Stories.

Feel free if you want to send an email to me and ask anything, or just to say hello!

hello@jungjawa.com

Copyright © jungjawa 2018