7 Cara Kreatif Buat Nyari Ide | Good Ideas. Great Stories.
cara-kreatif-jungjawa

Nemuin ide kreatif itu gak gampang. Kadang kita butuh kayak aha! moment atau eureka effect kek yang dialamin sama Archimedes.

Disaat tertentu yang namanya ide kreatif adalah hal penting dan bahkan bisa jadi krusial banget. Makanya, justru kita yang harus lebih giat buat nemuin ide-ide kreatif tadi biar kreativitas kita bisa ada terus menerus. Kan nggak banget pada waktu yang dibutuhkan, ide kreatif gak juga dateng. Eh? Ternyata masih on the way.

Kek sekarang ini nih, internet kan udah bisa diakses dimana aja, semua orang bisa punya ide kreatif. Soalnya, yang namanya inspirasi mah bisa dari mana aja. Tapi justru itu yang bisa bikin ada kemiripan ide, soalnya inspirasinya juga dari sumber yang sama.

Baca juga: Q&A: Carolina Ratri, Creativity Do Change

Terus, ujung-ujungnya kek plagiat gitu. Tsaelah. Padahal ya gara-gara inspirasinya samaan. Jadilah kek plagiarisme. Makanya perlu ada cara tertentu biar bisa ngehasilin ide kreatif. So, what does it take to get great idea?


1. Jangan pernah bikin ribet. Think simple!

Kalo ini sih masalah pola pikir. Seringkali kita mikirin sesuatu yang harusnya nggak dipikirin. Terutama hal-hal kecil yang nggak ada hubungannya sama ide yang bakalan kita eksekusi.

Logikanya gini, kalo dari konsep aja lo sudah mikir ribet. Gimana mau bikin ide lo jalan? Ya wajar sih ujung-ujungnya cuman jadi wacana doang.

“Kreatif itu sederhana. Ambisi ingin keren dan lain-lain itu yang membuatnya menjadi rumit” – Pidi Baiq

Kalo gue sih, simpel aja. Bahkan terkadang, sering mikir simpel bisa bikin kita dapet ide-ide kreatif loh. Siapa sangka kalo resleting itu guna banget. Simpel aja kan?


2. Bingung mau mulai darimana? Coba deh visualisasikan

sketching-problem-slideshare-net
Visualize! - source: slideshare.net
Pernah nggak lo bingung pas mau eksekusi ide yang lo punya. Padahal lo bisa dengan mudah memulainya kalo lo bisa memvisualisasikan ide mentah yang lo punya. Buat apa? Ya biar gampang nyari titik awalnya.

Emang sih,orang kreatif kadang selfish banget dan pengen banget nyelesein sesuatu dari ide yang ia punya secara mandiri. Gak pake bantuan orang lain. But we’re talking big business here. Kalo ide kreatif lo mau berkembang, lo harus nyoba bikin visualisasi ide lo tadi.

Ujung-ujungnya lo punya kesempatan berkolaborasi dengan orang lain. Sehingga apa yang lo bikin tadi bisa makin ngehits. Oke kan?


3. Kreatif itu gampang kok, it’s all about connecting things

gojek-app-indonesia
GoJek! - via duniaku.net
Udah jadi rahasia umum kalo kreativitas itu padahal ya cuman itu-itu aja. Contohnya kek GoJek sendiri deh. Nadiem Makarim ya cuman pas kepepet macet aja pake ojek. Hasilnya? Dia malah kepikiran bikin aplikasi GoJek yang mempermudah pengguna jasa transportasi ini.

Padahal kita semua sering liat ojek, sering make berbagai aplikasi juga dan lucunya lagi sering kejebak sama kemacetan juga. Tapi kepikiran nggak buat nyambungin hal-hal berbeda tadi? Nggak. Lebih sering menghujat kemacetan dan nyalah-nyalahin stakeholders yang ada. Gak bikin solusi, ya kan? (nyengir-nyengir sendiri :p)

Mereka yang punya kemampuan berpikir kreatif tadi bisa nyambungin hal-hal yang udah ada bahkan masalah-masalah sederhana bisa diselesein gitu aja. Ya karena prespektif mereka, masalah yang ada itu bisa diselesein dan jawaban permasalahan itu udah ada, cuman kitanya aja yang belum bisa 'bikin jembatan' antara masalah dan jawaban dari masalah itu.


4. Jangan pernah bikin ide jadi sempurna, lakuin aja dulu. Better done than perfect

done-is-better-than-perfect
Done is better! via theradiantmama.com
Kalo lo adalah anak startup pasti ngerti banget nilai dari sebuah ide. Iya sih ide bagus tapi kalo gak dieksekusi ya gak bakal jadi keren. Sebagai contoh kita bisa liat Facebook deh.

Facebook sendiri berdiri dari idenya Mark tentang katalog seluruh mahasiswa di kampusnya. Tapi Mark sendiri nggak mau biarin ide yang ia punya ilang gitu aja. Setelah ia menyelesaikan konsep dasar dari website yang ia buat, ia mulai ngoding. Bahasa kerennya dari nulis program.

Mark nggak nunggu ide yang ia punya jadi perfect, tapi dia langsung mengeksekusi ide yang ia dapat. Seiring dengan waktu, Mark baru nambahin berbagai fitur yang dibutuhkan oleh Facebook kayak status relationship, bikin grup dan lain sebagainya.

Done is better than perfect, is not about coming up with ideas. Yang terpenting adalah kita percaya kalo ide yang kita punya itu bakalan keren. Siapa sangka Twitter yang cuman punya 140 karakter bisa booming? Padahal kalo dipikir lagi, apa sih enaknya pake media sosial tapi karakternya dibatasin. Ribet amat dah.

Go with your idea, before it's too late!


5. Kalo mau beda, jangan pernah takut salah

android-lollipop
Android Lollipop - via sinyal.co.id
Sekali lagi, ngapain takut salah? Kalo lo salah, lo bakalan tau kenapa lo salah dan gimana caranya bikin ide lain biar nggak jatuh dikesalahan yang sama.

Percaya apa nggak? Sebelum diakuisisi oleh Google, Android adalah startup yang bikin operating system buat kamera. Andy Rubin sendiri awalnya bikin Android buat ngembangin yang namanya smart camera. Tapi gara-gara Google, mereka pivot buat bikin OS di ekosistem mobile device. Hasilnya? Ya kek sekarang lo liat deh.

Itu aja udah bisa jadi bukti kalo ide apapun yang lo punya jangan pernag takut salah. Percaya deh gak ada yang namanya ide jelek, kalo pun ada pasti cuman eksekusinya aja yang salah. Kalo udah salah ya jangan diem aja. Pivot!


6. Nggak usah ribet mikir ini itu deh, do first think later

nike-just-do-it
Just Do It.- via adweek.com
Jadi inget taglinenya si Nike nih, Just Do It. Ya emang sih, kalo segala sesuatu itu yang penting bisa dijalanin. Soalnya fase paling susah adalah memulai sesuatu. Apalagi kalo lo orangnya sering mager. Bakalan susah deh mau mulai sesuatu.

Padahal kalo udah mulai, lo bisa ketagihan dan nggak berhenti.Nah, pada saat itulah ide-ide kreatif sering bermunculan. Jadi, biar nemuin ide kreatif gimana dong? Do it, think later!


7. Stuck? Cobain deh nikmatnya kolaborasi

kolaborasi-mencari-ide
Let's work together! - via pixabay.com
Terakhir nih, kalo ide lo udah mentok atau gak ada ide sama sekali (keknya gak mungkin kalo gak ada ide, kecuali otak lo kosong #eh). Lo bisa bikin kolaborasi sama orang-orang yang punya skill berbeda dari lo.

Cobain deh keluar dari komunitas lo, kira-kira bisa bikin ide kreatif apa? Kolaborasi atau kerja bersama udah bukan istilah baru kok. Apalagi di era social network kek sekarang ini. Dirumah pun lo bisa duduk santai sambil kolaborasi sama orang lain.

One of the big things of making a collaboration happen is finding the person to partner with in your collaboration. Happy hunting, cheers!

Baca juga: Mau Jadi Kreatif Itu Gampang!

Header image credit: stocksnap.io

Komentar 16

Sampaikan pendapatmu di sini:

  1. Saya suka sama "Done is better than perfect". Nice post

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, emang kek gitu. Kadang-kadang kita dibikin gak sadar kalo semuanya kepengen perfect. Padahal perfect kan awalnya dari sesuatu yang udah 'done' terus diperbaiki terus.

      Hapus
  2. Gile, artikelnya mantep banget bang.
    Ini ngebantu gua banget yang suka kebanyakan mikir sebelum eksekusi ide. Hasilnya kayak yg lu bilang tadi, gak kelar-kelar -__-
    Mungkin gua bisa mulai nerapin cara2 di atas dari sekarang. Biar kedepannya pikiran gua gak numpuk dan berantakan ke mana-mana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ada Mas Tata Tirs!!!

      Mantep bang! Moga berbagai cara diatas bisa dipake dengan baik ya mas. Bolehlah share hasil idenya nanti. C u on top!

      Hapus
  3. Mungkin ini alesan gue sering writer's block, lagi seru"nya nulis eeeeeeeeeh tiba" mandek sampe kesel sediri mau ngelanjutin kek gimana gara" ide ga muncul kebentuk .__. Hmm, visualisasi ide nampaknya harus dicoba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya, divisualisasiin. Kalo anak desain bilangnya mood board. Jadi kita kek bikin mood kita kebayang, gak cuman angan-angan doang. Terus darisana bisa bikin brain stroming yang keren.

      Hapus
  4. bener juga ya slogannya nike, "just do it" kadang kita punya pikiran pikiran yang terlalu bercabang dan menjadikannya malah ribet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Etapi mas, kalo bercabangnya multitasking malah justru bagus. Tinggal gimana caranya bikin cabang-cabang yang tadi tumbuh aja :))

      Hapus
  5. "Jangan Pernah Bikin Ide Jadi Sempurna, Lakuin Aja Dulu. Better Done Than Perfect"
    Setuju banget bang jung, kadang dalam pembuatan ide menulis di blog sendiri, blogger pemula suka mikir kayak gini "Gimana bikin tulisan bagus?" padahal sempurna belum tentu enak dibaca orang :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dimana-mana kalo sempurna ya bagus dalam segala hal. Termasuk enak dibaca.

      Kalo nggak enak dibaca ya berarti belum sempurna. Karena nggak bisa disebut sempurna jika masih ada ketidaksempurnaan yang menyertainya.

      Hapus
  6. Sama seperti Mark, gue udah punya ide dan visualisasi bakal seperti apa nantinya sosial media yang akan gue bangun. Gue nggak mau cuman jadi konsumer, tapi gue mau jadi pencipta juga. Saat ini ide-ide itu terus gue kembangkan. Terus gue visualisasikan. Hingga pas kuliah nanti atau tamat kuliah, gue bakal cari temen untuk di ajak kolaborasi untuk membangun sosial media yang ingin gue ciptakan. Segala sesuatu tidak baik bila dikerjakan sendiri dan setiap orang punya keahliannya di bidang masing-masing bukan? :))
    Gak mungkin gue ngerjain sesuatu yang bukan bidang gue. Mungkin saja bisa. Tapi hasilnya tidak akan bagus. Kerjasama itu perlu :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat bro, ditunggu realisasi idenya. Semoga bisa terwujud dan solving real problem :)

      Hapus
  7. Judulnya 7 cara nyari ide, knapa semua poinnya untuk eksekusi ide? Ini idenya blom ada, done is better endasmu peang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Well, masnya bisa memberikan komentar dengan sopan? Apakah endasnya milik masnya bisa memberikan argumen lebih baik daripada sekadar kata peang?

      Mungkin itu alasannya kenapa endas milik masnya yang budiman nggak pernah ngedapetin ide yang baik. Karena pemiliknya hanya menggunakan endasnya untuk mem-peang-peangkan orang lain.

      Cheers! :)

      Hapus
  8. Okay.... Memang harusnya jangan pernah takut salah. Ini berlaku buat beberapa hal sih, salah satunya dalam mengeksekusi sebuah.

    BalasHapus
  9. Tulisannya bagus mas Jung.
    Aku ngeliat kamu versi Uni cowok deh, ngejelasinnya enak banget, tulisannya rapi.
    Thanks ya, nice article :D

    BalasHapus

Good Ideas. Great Stories.

Feel free if you want to send an email to me and ask anything, or just to say hello!

hello@jungjawa.com

Copyright © jungjawa 2017