5 Tips Dari Arie Je Tentang Creative Thinking

Arie Je Creative Thinking

"Apa kreativitas bisa menyelesaikan perang, di mana bahkan uang yang sejatinya hanya kertas hasil cetakan beda negara tidak mampu menyelesaikannya", tutur Arie Je

Kalimat dari Arie Je diatas menyadarkan kita kalo uang bukanlah segala-galanya. Bagi yang belum tahu, Arie Je adalah seorang professional lovillustrator dan baru-baru ini udah nerbitin buku Keset Kusut. Kalo lo emang niat mau stalking tentang om Arie (eak dipanggil om om :3) bisa langsung ke arieje.pro aja.

Ngomongin kreativitas, Arie sendiri bilang kalo kreatif itu ketika kita mampu menanggapi masalah dengan sebuah jalan keluar atau kata lainnya, kreatif itu bisa bikin solusi.

Kreatif itu reaktif
"Kreatif itu Reaktif. Huruf K nya diletakkan di tengah. Gimana? Cara menyampaikan opini kreatif yang cukup kreatif kan? Keren yo, aku? Mbois tenan. Iya aja, pliss"

Iya om iya..

Soalnya kek percuma gitu kalo kita punya karya yang -menurut kita- bagus tapi tidak memiliki fungsi yang baik. Soalnya, sebuah karya kan nggak cuman looks cool or something awesome, tapi (seharusnya) bisa solving real problem.

Baca juga: Kreativitas Kartunis dengan #MasihMelawanAsap

"Sekali lagi, ini cuma opini pribadi. Dan aku bukan imam solat jum'at. Jadi kalian nggak dosa kalau tidak mau mengamini"

Getting the bad ideas out from your head
Intinya, Arie ngasih saran buat kita yang kerja di dunia kreatif untuk percaya kalo semua ide itu buruk jika hanya dikurung di dalam kepala. Sebab, ide yang baik adalah ide yang direalisasikan.

"Jadi, kalau kalian percaya bahwa pemikiran kalian itu keren, usahakan sampe jadi! Kalau nggak bisa sendiri, cari orang. Kalo nggak bisa, ya nggak jadi nyata. Berarti idemu tidak bagus. Coba terus!" kata Arie

People aren't making creativity for money, they make it for living
"Apa sebuah kreativitas cuma bisa ditukar dengan uang? Apa kreativitas bisa menyelesaikan perang, di mana bahkan uang yang sejatinya hanya kertas hasil cetakan beda negara tidak mampu menyelesaikannya?"

Pastinya lo pernah dengar tentang orang yang kerjaannya merangkai kata untuk memotivasi orang lain, bukan? Mereka memberi motivasi untuk hidupnya lebih baik. Merangkai kata termasuk kreatif, kan? Itulah yang membuat orang-orang seperti mereka dibayar. Berarti jawabannya 'bisa', ya kreativitas bisa ditukar dengan uang. Tapi, kreativitas itu nggak cuman ngomongin duit. Ya sih duit bikin kita punya yang kita inginkan, tapi duit juga bukan segala-galanya. Nggak usah naif juga sih kalo duit bisa jadi pemicu kreativitas.

"Apakah sebuah pemikiran kreatif bisa membantu dua pasangan terlalu kaya --di mana uang tidak pernah jadi masalah buat mereka-- yang sedang bertengkar kembali baikan?", tambah Arie

Ide + Diumpetin = Gak bakal dicuri
Ngomongin ide kreatif yang dicuri, kek yang baru-baru ini lagi ngehits, Arie cuman berpesan kalo lo punya ide kreatif ya umpetin aja. Umpetin dan sembunyiin. Biar nggak ada yng tau kalo lo punya ide. Ngerti kan maksudnya?

Baca juga: Jangan Pernah Males Baca Buku Kalo Pengen Kreatif!

"Umpetin aja, jangan kasih tahu siapa-siapa. Jangan sampai aku colong idenya, soalnya aku paling hobi nyuri ide dari orang lain. Eh, bukan, bukan cuma dari orang, dari binatang, tumbuh-tumbuhan, benda, udara, bahkan khayalan. Umpetin, biar nggak aku curi. Biar idemu diam aja di kepalamu yang tidak lebih lebar dari bahumu", kata Arie

"Aku suka mencuri layaknya karyawan lain. Agak malu menyebut seniman. Wee :p"

Liat dari sudut pandang berbeda
Biar kita bisa kreatif kita mesti liat segala sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. Kek yang dibilang oleh Paul Arden, whatever you think, think the opposite.

Bicara kreativitas, kita bisa cari pesan-pesan yang mendukung ide kreatif di internet. Toh kita sekarang sudah jauh lebih mengerti dan tahu apa yang perlu dilakukan. Everything is possible with internet.

"Yaudah ya, aku mau makan dulu. Ini Soto babat buatan mbahku nanti dingin. Nyuwun pamit, matur suwun.", tutup Arie

Hahaha...



Image credit: arieje.pro

Komentar

  1. Mantap blog dan Artikelnya senang bisa menyimak . .. TOP BGT dan salam kenal aja !

    BalasHapus
  2. Asli, gue masih agak kurang paham sama yang ide+diumpetin. Hm, bingung caranya nyembunyiin ide kreatif. Terus cuma dismpen aja. Nggak bisa gue. Pasti jadi sebuah tulisan di blog. :(

    Kreatif, ya. Creative, ada kata eat di dalamnya. Berarti kalo mau jadi orang kreatif jangan lupa makan. Emaap.
    Maksudnya kurang-kuranginlah makan mi instan. Perbanyak makan makanan yang bergizi dong, biar otak jadi cerdas. Eaakkk.

    BalasHapus
  3. super sekali mas... arie... makin tambah kreatif aja nih. ilmunya manfaat banget. tengkyu

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Post

Pengalaman Pengembalian Dana (Refund) Tiket Pesawat di Traveloka

LOGO BARU PIZZA HUT

SAMUDRA!