Does Design Really Matter for Your Blog? | Good Ideas. Great Stories.

A: "Does it really matter what my blog looks like?"B: "Yes, it definitely does"A: "Why?"B: "Because people will judge your blog based on the quality of our blog, whether that’s fair or not"
Sebagai salah satu desainer yang seneng ngeblog (atau blogger yang seneng ngedesain), gue sering banget blogwalking sambil memperhatikan hal-hal kecil dari blog yang gue kunjungi.

Tentu hal yang sering gue perhatiin nggak jauh dari masalah desain dan gimana blog itu berinteraksi dengan pembacanya. Kadang sebel juga dan pengen langsung negur, istilahnya pengen ngasih feedback positif gitu biar blognya bisa level up dan lebih istimewa.

Semisal lo berkunjung ke sebuah blog dengan berbagai widget kayak musik, guest chat dan laba-laba yang tiba-tiba bikin sarang sarang di pojok kanan atas. Gue sih ngelihatnya sebagai sesuatu yang unik aja (soalnya udah jarang banget yang kayak gini). Terus tiba-tiba ada burung terbang yang nyuruh kita buat nge-follow. Ini absurd abis. Terus kalo kita klik sebuah link ada bintang-bintang berjatuhan. 
Well, dari skenario diatas, kita bisa come up tentang apa aja yang bisa bikin desain blog kita bermasalah. Sebetulnya ada banyak faktor lain yang membuat desain blog jadi ngga nyaman. Diantaranya kayak layout yang terlalu ramai, navigasi yang membingungkan, penggunaan warna yang salah, slow intro (biasanya yang pake preloader) dan lain sebagainya.

Write to design
Gue sering banget nih nemuin pengaturan teks yang kurang tepat di sebuah blog. Desainnya dibikin nggak nyaman dengan make ukuran font yang kecil, well dibawah 12px bisa menyakitkan mata pembaca. Masa iya pengunjung ‘terpaksa’ nge-zoom-in buat ngebaca. Jangan dibikin susah deh.

Terlalu banyak teks juga nggak bagus. Biarkan pengunjung memiliki space to take for rest. Jadi, penting banget buat ngerti apa itu letter-spacing, line height, font-size dan font-family.

Khusus yang terakhir, font-family bisa lo liat di Google Font. Disana terdapat banyak jenis font yang bisa lo pake di blog. Tapi inget, nggak semuanya cocok. Beberapa blogger sering memaksakan font jenis display untuk menjadi body text di blog miliknya. Hasilnya pembaca kesulitan buat ngebaca. Jadi tempatkan jenis font di tempatnya. Kalo body text ya taroh di body, kalo display ya dipasang di headline atau tittle. Jangan suka kebalik-balik.

Without beauty, nothing else matters.
Mungkin lo punya konten blog yang bagus. Niche yang lo pilih udah bagus banget dan lo udah expert di bidangnya. Mau nulis 100 artikel per hari udah nggak masalah buat lo. Tapi lo masih punya masalah. Blog sepi pengunjung.

Ya emang sih, blogwalking itu masalah kenyamanan hati. Gue lebih nyaman kalo blogwalking ke blog yang ramah. Nggak bikin mata gue sakit, apalagi bikin sakit hati. Well, kalo emang lo bisa bikin konten bagus kenapa nggak sekalian desain blog lo dibagusin. Sayang banget kalo manfaat dari blog lo ditutupin oleh masalah sepele. Gara-gara desain.

Nggak usah ribet bikin desain sendiri. Gampang. Banyak jasa desain diluar sana kok. Misal lo bisa make jasa seorang blog designer. Jadi yang lo pikirin sekarang tinggal bikin konten.

Beauty can change how people act. People act differently around beautiful things. 
Ngeblog hari gini emang nggak kayak sepuluh bahkan lima belas tahun lalu. Maksud gue, ngeblog sekarang makin happening aja. Banyak CSR dari perusahaan gede make jasa blogger. Terus banyak kompetisi juga digelar buat blogger. Mulai dari giveaway sampe hadiah ratusan juta. Terus apa hubungannya sama desain blog?

image: okilla.com
Gini, pernah nggak lo liat perbedaan tombol hijau dan merah. Walaupun nggak pernah dijelasin, secara psikologis kita menganalogikan merah dengan kata ‘bahaya’ dan hijau dengan kata‘aman’. Dari sini kita bisa tarik kesimpulan bahwa desain bisa bikin perbedaan. Sebab pembaca blog akan berinteraksi dengan blog, bukan dengan penulis (kan kita offline).

Apalagi blog yang berisikan iklan maupun hal-hal yang memerlukan conversion rate yang tinggi. Hal itu bakalan bikin desain menjadi poin penting selanjutnya.

Design = Packaging
Bicara desain berarti bicara packaging. Semisal lo beli produk A dan produk B nih. Kemasan produk A lebih bagus dari B, pastinya dengan asumsi konten yang sama lo bakalan milih produk A. Karena manusia cenderung tertarik pada sesuatu yang ‘terlihat’ lebih baik.

Baca juga: Medium, Udah Saatnya Ngeblog dan Fokus Menulis

Udah ngerti kan? Desain blog jangan dikesampingkan kalo pengen banget blog yang kita miliki jadi sukses. Pada akhirnya gue cuman mau bilang kalo desain itu terlalu sederhana jika hanya diartikan sebagai how it looks. Desain adalah tentang sebuah kenyamanan dan keinginan untuk berinteraksi, saling bercerita dan menyampaikan arti dari hati yang selalu kau rendam rindu di setiap pagi di dalam secangkir kopi. Ouch..


Image credit: sunclouddesign.com

Komentar 32

Sampaikan pendapatmu di sini:

  1. Banyak belajar :) terimakasih ilmunya..

    BalasHapus
  2. Makasih, bro, tip dan ilmunya.

    BalasHapus
  3. hmm.. kadang gue juga hobi merhatiin desain blog orang. kalau gue sih.. lebih milih template gak responsive. biar lebih enak diatur..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh sih milih template yang nggak responsive, tapi perlu diinget nih algoritma engine Google yang baru memprioritaskan site yang mobile-friendly hehehe

      Hapus
  4. Trims postingannya... Berasa makin "buta" soal per-blog-an ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. yaudah sekarang buka matanya pelan-pelan.Biar makin terang. Sip!

      Hapus
  5. Gue sih seneng banget klo langsung ditegur terus dikasih saran desain blog yang seharusnya tuh begimana, pernah juga belajar dari Jung. Keren lah pokoknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. sama-sama Dan, seneng rasanya udah pernah ngebantu :D

      Hapus
  6. Kasih saran ke blogku dong .... Tamilan bagusnya gimana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm.. udah dikunjungin sih, enaknya via email hehe..

      Hapus
  7. Ngomongin masalah desain blog, gue udah lama sebenarnya pengen ngerombak. Bener-bener ngerombak total, biar lebih ringan dan lebih fresh aja. Soalnya itu template dari awal sampe sekarang ga pernah gue ganti. Tapi berhubung masih sering hiatus, jadinya masih belum siap dan motivasi gue masih kurang untuk itu.

    In case lo mampir ke blog gue, terus ada yang bikin ga nyaman, bilang aja gapapa. Gue malah seneng. Mana tau itu bisa bikin gue lebih termotivasi untuk cepet-cepet ganti template :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah serius nih boleh bilang? Asik.. kapan-kapan bakalan gue main-main kesana deh. Oke Kang!

      Hapus
  8. Harus banyak belajar aku haaaa, selama ini hanya bisa mengikuti arahan adik sepupu untuk masalah desain dll. Hanya bisa nulis aja selama punya blog :-(

    BalasHapus
  9. Setuju banget, gue kalo blogwalking juga paling nggak suka kalo design blog-nya aja udah acak"an... Apalagi kalo ukuran font-nya kecil, jadi susah bacanya...

    Eh, ini design blog lu kayanya pake framework yang sama kaya punya gue... hhhaa

    BalasHapus
  10. salah satu aspek pembuatan web atau blog, desain :D sayang jiwa desain masih newbie :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak papa, kan ada yang namanya kolaborasi. Jadi kita bisa saling ngelengkapi kan?

      Hapus
  11. Ah saya ingin sebenarnya buat ngerombak total blog saya dengan desain yang elegan tapi simpel. Tapi apa daya kali ini waktu saya untuk itu tidak banyak dan memang sisi kreativitas saya soal desain sangat minim.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loh? Kreativitas kan gak cuman tentang desain doang. Hehe

      Gausah takut gapunya waktu, kasih aja sama mereka yang kompeten dibidangnya. Itung-itung nambah networking kan?

      Hapus
  12. wah, bisa dong ya mampir ke blog ane dan ngasih kritik saran soalnya selama ini belum ada yang komentar soal tampilan blog ane:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ntar kapan-kapan bisa mampir kok. Hal terpenting ya kontennya terus diupdate. Itu.

      Hapus
  13. Gue masih cupu banget soal desain nih, bang!
    Ngomong2 gimana tentang blog gue nih? Butuh masukan nih, bang. Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya dikit aja deh. Soalnya kalo pake template gitu emang udah bagus dari sananya kan?
      - ukuran font, gimana ya? Gue lebih prefer font gede buat yang baca gausah terlalu deket sama display layar. Kasihan juga.
      - terlalu putih ya? Nggak ada variasi. Mungkin bisa nyentuh di header tuh.

      Hapus
  14. Mendarat disini dan cukup tersentil bang..
    Aku ga tau bloggku
    mutmuthea.com ini apa sudah cukup bagus desainnya..
    Tapi yg jelas aku nemuin pencerahan mengenai jenis font ini..

    Hehe makasih :)
    Btw salam kenal yak bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut aku, desain yang kamu pake udah pas. Make template dari orang kan? Gapapa. Cuman ada beberapa saran sih.
      - Ukuran font agak kekecilan menurutku, secara tampilan di postingan jangan terlalu kecil. Apalagi kalo memang tulisannya lumayan banyak.
      - Ukuran gambar kalo mau bagus bisa diseragamin. Baik resolusinya maupun cara menampilkannya. Lebih baik dijadiin landscape deh, daripada nyampur dengan potrait.

      Hapus
  15. wakakakakkaka.
    blog ku gimana jung?

    BalasHapus

Good Ideas. Great Stories.

Feel free if you want to send an email to me and ask anything, or just to say hello!

hello@jungjawa.com

Copyright © jungjawa 2018