Agiasa Ziya, Ngeblog Harus Pake Cinta | Good Ideas. Great Stories.

Agiasa Ziya, lebih akrab disapa Agia, adalah blogger wanita yang telah lama berkecimpung di dunia blogging. Salah satu karyanya adalah Princess Sendal Jepit, buku ini adalah kumpulan cerita yang dibagi menjadi dua bagian. Bab pertama adalah kumpulan cerita gokil, sedangkan bab kedua adalah prosa abstrak gitu.

Lanjut nih, dari hasil ngobrol dengan Mbak Agia, ada beberapa poin yang menarik banget menurut gue. Terutama buat anak muda yang pengen ngejar mimpi nih. Gimana caranya biar terus konsisten, berperan aktif dan lain sebagainya.

Mbak Agia sendiri orangnya emang easy going, jadinya gue nggak terlalu kikuk buat ngobrol, bahkan cenderung banyak bercanda dan santai banget.

<J = James Jung; A= Akika Agia>


A: Ahoy...sebelumnya makasih banget buat Jung atas kesempatan yang diberikan, karena dengan adanya interview ini, gue berasa jadi artis.

J: Eeeh.. mending kenalan dulu mbak. Sedikit introduction gitu biar pembaca bisa kenal sama artis yang satu ini. Boleh kan?

A: Aduh. Oke. Gue manis, cerdas, ga pernah nangis ga jelas atau ngambekan saat mengalami PMS dan sangat rajin dalam hal apapun. Tapi bohong. Hehe... Gue agak manis, pendek, penggemar anime, sering dibilang aneh bin absurd, pengidap agyrophobia atau jalan raya. Gue omnivora tapi defensif sama terong, daging kambing dan nanas. Gue juga selalu dikira cowok akibat gaya nulis gue yang jauh dari kata feminim. Oh ya, gue juga hanya bisa konsentrasi belajar atau membaca di tempat yang bising. Kalo di tempat tenang, gue bakal ketiduran.

J: Jadi harus berisik gitu mbak? Waw banget yak cara konsentrasinya. Pertama nih, sebagai blogger, apa sih yang melatar belakangi mbak Agia biar konsisten menulis dan ngeblog?

A: Latar belakang gue ngeblog pada awalnya karena pengin cari wadah yang pas buat curhat. Mau nulis di tembok, ga mungkin. Pernah nulis di buku diary, malah dibaca nenek gue. Jadi gue memutuskan untuk curcol di blog. Itu awalnya. Makin lama, latar belakang gue ngeblog itu karena pengin belajar nulis kreatif dan ngasih kontribusi positif buat banyak orang, meski cuma dikit. Satu lagi. Ngeblog itu nyenengin dan bisa ngilangin stres.

J: Wah baru tau nih kalo ngeblog bisa ngilangin stres. Gini mbak, ngeblog kan nggak cuman nulis nih, gimana sih caranya biar ngeblog kita itu punya purpose?

A: Blogwalking. Percaya atau ngga, kegiatan yang satu itu bisa memberdayakan dan ngembangin diri khususnya dalam ngeblog agar lebih punya purpose. Awalnya hanya nulis ngasal, tapi dengan ngeliat gimana blogger yang lain nulis dengan tulisan yang keren-keren, memacu diri untuk ga lagi nulis hal-hal yang monoton tapi kreatif dan punya tujuan spesifik.

source: agiasaziya.blogspot.co.id/ 
J: Oke udah dicatet, blogwalking! Lanjut ya, menurut Mbak Agia peran serta blogger di dunia nyata itu kayak gimana sih?

A: Blogger bisa lebih banyak berperan di dunia nyata dengan aktif menggalakkan dunia perbloggeran. Mulai dari lingkup terkecil misalnya sekolah atau kampus. Kita bisa jadi trail blazer atau pelopor gerakan ngeblog di sekolah atau kampus dan mengadakan kompetisi biar para civitasnya lebih canggih dalam dunia kepenulisan. Bisa juga dengan cara lain. Misalnya anak-anak muda ingin menyalurkan ide-ide terpendam dengan jangkauan lebih luas, ga hanya sekolah atau kampus. Melalui blog, informasi tertulis pastinya bakal lebih jelas dan gampang nyebar. Kecuali kalo di rumahnya ga ada komputer atau laptop, susah juga. Tapi bisa pinjem tetangga atau gebetan, kok. #Ehhh.

J: Ngomongin inspirasi nih, ada nggak sih yang menjadi role model Mbak Agia?

A: Hahaha... kalo ngomongin inspirasi nih, gue masang suami sendiri sebagai role model. Dia bukan blogger dan bidang yang digeluti pun beda jauh. Dia kuliah di Jepang, ngambil eco energy yang isinya kebanyakan fisika lalu nerusin belajar Syariah di Ahgaff University yang terletak di Yaman. Gue? Gue belajar bahasanya Pangeran Charles di Bandung. Jauh banget, kan? Meski beda, dia punya "something cool" yang bikin gue terpacu untuk lebih maju dalam bidang yang gue bisa. 

J: Wah keren banget, by the way Mbak Agia sendiri punya creative habits gak?

A: Soal creative habits, paling ngga, ada satu buku atau blog yang gue baca tiap hari. Buku apa aja gue baca. Komedi, sastra, sampe buku telepon juga gue pantengin. Selain itu gue usahain jalan-jalan biar ga galau. Percuma jadi blogger tapi ga kreatif dan isi tulisannya negatif akibat stres berkepanjangan. Contoh: How to Kill Your Mantan Using Ketapel. 

J: Analoginya bikin ngakak nih. Hahaha.. Any upcoming project?

A: Upcoming project: Nerbitin dua novel (sok iyes banget ini), travelling ke luar negeri (ini juga sok iyes banget) dan melanjutkan S2.

J: Semoga projectnya tercapai ya mbak dan jangan lupa ngasih kabar ke Jungjawa.com, biar berbagi pengalaman dan inspirasi gitu :). Next, menurut Mbak Agia, bagaimana seharusnya teman-teman blogger bisa lebih banyak berkontribusi positif untuk perkembangan industri kreatif Indonesia saat ini?

A: Biar bisa berkontribusi lebih banyak di industri kreatif, para blogger harus lebih banyak baca, sering blogwalking, lebih banyak mengamati apa yang sedang jadi fenomena, jangan lupa update informasi terkini, juga mempelajari isu-isu yang ada biar ga ketinggalan dan bisa punya ide-ide segar yang belum pernah ada sebelumnya.

J: Sebelumnya Mbak Agia pernah mengalami pembajakan nggak. Kalo pernah bagaimana Mbak Agia menanggapi hal ini?

A: Pernah banget. Satu dua kali gue biarin. Tiga empat kali gue cuekin, tapi mengalami pembajakan tulisan entah itu di Twitter atau blog yang keenam kali, gue kedipin orangnya. Gue gampar mukanya. Gue sabotase pacarnya. Hahahahaha.... Bohong lagi. Gue ngomong baik-baik ke orang tersebut gimana cara memodifikasi ide orang menjadi tulisan yang lebih segar tanpa ada indikasi plagiarisme sama sekali. Bukan ngerasa udah jadi blogger kece, tapi kalo ga ditindak, copaser ga bakalan bisa maju. Dia bakal terus nyolong tulisan orang dan ga akan bisa jadi orang yang kreatif atau inovatif.

J: Wow, bijak ya! Tuh dengerin tuh yang sering jadi copaser. Balik lagi ke anak-anak muda sekarang nih mbak, ada yang ingin disampaikan nggak buat mereka yang sedang belajar ngeblog. Agar mereka berani dan tetap semangat berkarya gitu?

A: Belajar ngeblog harus pake cinta. Dengan menyukai apa yang kita lakuin, belajar bisa lebih cepet dan konsisten. Kayak ngelakuin hobi. Jangan kecil hati kalo blognya dikritik atau dibilang jelek. Jangan berhenti ngeblog apapun yang terjadi, kecuali kalo ada Pak RT yang nagih iuran ya berenti dulu, jangan dicuekin. Kasian. Jangan malu untuk nulis apapun yang penting ga menyinggung sara dan mengandung hal-hal berbau porno. Blogger kreatif awalnya juga cupu dan nyebelin, tapi lama-lama, dengan konsistensi dan kasih sayang, isi tulisan akan lebih beragam dan punya nilai. Syukur-syukur bisa menghasilkan sesuatu. Entah itu kepuasan, kemajuan dalam menulis, atau jadi lahan pekerjaan. 

Nah loh, buat lo yang masih muda kudu konsisten tuh. Apalagi blogger, kasihan kan kalo bio sosial media nampang tulisan blogger tapi update terakhir setahun yang lalu. Hih!

Mendingan konsisten ngeblog terus ngehasilin sesuatu, kalo kayak gitu kan bakalan wih banget. Trust your power, follow your dreams!


Image credit: awesomewebguy.com

Komentar 26

Sampaikan pendapatmu di sini:

  1. Sumpah, ini interview keren banget. Mbak Agia ini yang mana, sih? Kok gue jarang denger? Duh, circle gue masih cupu rupanya. Ada orang hebat yang gue belum tahu. :(

    Kelihatan lucu juga dari jawab pertanyaan Bang Arif ini. :)

    Oke, semoga setelah baca tulisan ini, gue bisa lebih rajin blogwalking, semakin konsisten nge-blog, dan banyakin baca-baca buku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuh Mbak, ada yang pengen kenalan. Masa Mbak Agia aja gak kenal, kurang pemes apa coba? Hahaha...

      Mangat yog buat rajin ngepost, jangan cuman domain doang tapi gak diisi. Hahaha..

      Hapus
  2. "Kasihan kan kalo bio sosial media nampang tulisan blogger tapi update terakhir setahun yang lalu. Hih!"

    Disini kadang saya sedih :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tabahkan hatimu, anak muda.

      Hapus
    2. Tabahkan hatimu nak, kelak kau akan mengerti cinta akan memberikan kesedihan yang tak mampu kau ucapkan dengan kata-kata ~~

      Hapus
  3. Konsisten yah ok bahasa kerennya mungkin istiqomah

    BalasHapus
  4. Bang Yoga, guelah Agia. Ini nih orangnyaaa....oia kalo mau ngirim parcel lebaran ditunggu yaaa hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aish mbak Agia, perasaan udah lama banget gak baca postingan blognya, kalo gak salah twitternya juga suspend?

      Hapus
    2. Wah kagak mbak...twitternya cuma ganti nama. Piyama Merah

      Hapus
    3. Iya, mbak Piyama Merah, dulu aku juga susah nyari username Mbak Agia. Eh ternyata ganti username kok. Tapi tetep aja sering kelihatan di Timeline dan tweetnya ada ciri khasnya hahaha..

      Hapus
  5. Bang, menurutku pemilik akun @tirs_ itu blognya juga keren, bisa gambar2 keren segala macem segala. Mungkin bisa diceki-ceki, inget, dicek aja, bukan digodain, dia cowok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah cocok nih jadi next Local Hero. Tunggu aja ya~

      Hapus
  6. Interview yang sangat inspiratif :)!

    BalasHapus
  7. Udah lama gue gak muncul di dunia per-maya-an dan melihat Aya. Sekarang udah jadi Artis dan di interview sama Bang Jung. Minta tanda tangan boleh untuk kalian berdua?? :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah kok ane diminta tanda tangannya juga? Ahahaha

      Hapus
  8. Oiyaa pokoknya harus blogwalkingg!

    BalasHapus
  9. Trust your power, follow your dream.

    Makasih motivasinya ya Mba Agia dan Jung.

    BalasHapus
  10. Memotivasi banget. Tapi, dari diri sendiri masih sering males nulis sih hikz

    BalasHapus
  11. ((Apalagi blogger, kasihan kan kalo bio sosial media nampang tulisan blogger tapi update terakhir setahun yang lalu. Hih!))
    Untung udah enggak, yeay. Tinggal konsisten aja nih yang gak mudah.

    BalasHapus
  12. Maaf mas, permisi. Link blog nya mba Agia bisa diperbarui lagi kah? Tadi saya berkunjung malah nyasar ke blog (maaf) dalaman wanita, hehe. Terimakasih.

    BalasHapus

Good Ideas. Great Stories.

Feel free if you want to send an email to me and ask anything, or just to say hello!

hello@jungjawa.com

Copyright © jungjawa 2018