Adittya Regas, Memadukan Blog dan Konten Lokal



Baru-baru ini Jungjawa berkesempatan ngobrol dengan Adittya Regas, blogger dari Kalimantan Selatan dan penulis buku Derita Anak Magang. Di tengah kesibukannya, Adittya menyempatkan diri menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Jungjawa.

Oh iya, for your info Adittya berniat untuk mengembangkan konten lokal agar dapat dikenal masyarakat luas. Sebagai contoh penggunaan kata ulun sebagai pengganti kata saya yang diterapkan pada blog pribadinya.

Oke Adittya, sebagai seorang blogger nih, apa sih background kamu untuk ngeblog?

Sebenarnya awal ulun ngeblog itu tujuannya cuman buat berbagi informasi, makanya dulu waktu awal ngeblog isinya itu pasti informasi aja. Nah, tapi suatu hari waktu di SMK, besoknya mau ujian kenaikan kelas, ulun stres dan perlu refresing, ulun pergi tuh ke tempat makan cepat saji. Niat mau refresing biar gak mumet, eh, malah galau, malah sakit hati, karena ulun liat mantan pacar lagi mesra-mesraan sama pacar barunya, ulun liat mereka suapan, ulun pengen nyuapin piring juga ke pacar baru dia.

Nah, dari kejadian itu malamnya ulun gak bisa tidur padahal besok ujian, ulun curhat aja tuh di blog tentang semua kisah percintaan ulun selama ini, dan ternyata malah dapat tanggapan positif dari temen yang baca. Dari sini ulun mulai nulis diary, dan alhamdullilah ulun nemu passion ulun dari sini, yaitu nulis.

Tapi lama-lama ulun jadi sadar, gak mungkin selamanya ulun ngasih tulisan galau ke pembaca ulun, jadi ulun coba bikin review kuliner dan wisata yang ada di kota ulun Banjarmasin. Dengan harapan blog ini bukan cuman tempat untuk menghibur, tapi juga bermanfaat. Jatuhnya sih bisa dibilang malah kembali kayak tujuan awal ulun ngeblog, berbagi informasi. Tapi yang sedikit bedain, juga, ulun kadang pakai bahasa daerah Banjarmasin biar orang tahu juga sedikit bahasa Banjar.

Lanjut nih, seorang blogger kan dituntut untuk selalu kreatif, kalo kamu sendiri gimana caranya nge-empower diri sehingga ngeblog bukan cuman sekedar tulis menulis, tapi juga memiliki purpose?

Kalau yang ini ada hubungannya sama yang di atas sih, bang Jung. Intinya, sih, tujuan ngeblog itu selain menyalurkan hobi nulis, ulun pengen berbagi informasi ke teman-teman blogger ulun yang berada dibelahan dunia mana aja, biar kenal Banjarmasin baik dari kuliner, wisata, atau bahasa yang kadang suka ulun selipin sedikit-sedikit.



Contoh, mereka jadi tahu kalau di Banjarmasin ini ternyata punya banyak tempat kuliner dan cafe yang enak, begitu juga wisata alamnya, lewat blog galau dan typo ini hehe...



Image credit: instagram.com/adittyaregas
Sip! Pengen mengangkat konten lokal. Bagus nih buat anak-anak muda diluar sana biar bangga sama local heritage yang mereka punya. Oke next, banyak yang bilang kalo ngeblog itu cuman di dunia maya sehingga impact di dunia nyata masih sedikit. Menurut kamu gimana caranya seorang blogger memiliki peran serta di dunia nyata?

Wah.. kalau ini agak berat sih bang, tergantung tujuan blogger itu sendiri, dia ngeblog buat apa? Buat nyari uang, buat berbagi, atau mau terkenal doang.

Tapi kalau ulun pribadi, karena tujuan ulun sekarang ngeblog bukan cuman berbagi informasi, ulun juga pengen banget ngenalin blog ke anak-anak sekolah, pengen banget nyebarin virus ngeblog ke mereka, pengen banget ngasih tahu mereka kalau ngeblog itu bermanfaat banget, kita bisa dapat apa aja yang gak pernah disangka-sangka dari blog.

Dan biar ngeblog bisa berperan di dunia nyata, ulun pribadi lebih memilih mengenalkan blog lewat Blogger Go To School. Hitung-hitung kita berbagi ilmu. Do'a in ya, semoga mimpi ulun dan teman-teman dari komunitas PBB (Pena Blogger Banua) bisa tercapai. Amin.

Yap! Semoga mimpinya cepat terwujud ya! Ngomongin inspirasi nih, ada nggak sih yang jadi role model kamu? Terus seberapa besar pengaruh mereka terhadap karya-karya kamu?

Jelas ada dong punya. Role model yang pertama itu blogger cewek namanya Nona Dita lewat buku Keliling Dunia Karena Blog, waktu kelas satu SMK ulun beli buku dia dan sangat-sangat terinspirasi untuk bisa kayak Nona Dita. Bisa keliling dunia karena blog, memberikan pelatihan blog ke desa, terus juga bisa bekerja di tempat yang berhubungan dengan blog juga, asik banget. Dan alhamdullilah, dari sini ulun sudah pernah beberapa kali jadi pemateri atau pembicara blog.

Dan yang kedua siapa lagi kalau bukan Raditya Dika. Orangtua yang belum nikah ini juga yang sudah banyak menginsipirasi ulun buat ngeblog dan berkarya. Sampai-sampai ulun sekarang sudah punya karya nyata berupa fisik. Yaitu buku Diary Anak Magang #DAM yang diangkat dari tulisan di blog ulun sewaktu menjalani proses magang sebagai anak SMK.

Wah udah ada karya nyata yak! Oh iya, karena blogger itu bisa dibilang creative people nih boleh nggak berbagi creative habits kamu?

Cobalah sesuatu yang baru. Kita gak akan berkembang kalau gak berani nyobain sesuatu yang baru, ibaratnya itu kayak move on. Kalian gak akan pernah bisa ngelupain mantan pacar, kalau masih aja suka mikirin dia, masih suka komunikasi sama dia dengan alasan menjalin tali silaturahmi, masih suka jalan berdua bareng sama dia padahal udah punya pacar, atau suka banget ngomongin mantan pacar di blog nulis-nulis tentang Dia. Katanya udah bisa move on, tapi masih suka ngomongin mantan di blog, kasian.

Harus berani PDKT sama orang baru biar bisa move on, walau kita tahu orang itu PHP, paling gak sudah ada usaha buat mencoba. Gitu juga sama creative habits, intinya harus berani coba sesuatu yang baru.

Analogi yang super sekali! Any upcoming project?

Project pertama ulun dan teman-teman akan ngebangin website komunitas, biar bisa menguasai dunia haha.

Project kedua bikin buku kedua, do'a in aja semoga bulan ini sudah bisa mulai nulis naskahnya ya.

Project ketiga, mau buktiin ke mantan pacar kalau ulun masih pantas buat dia #apaini 

Terakhir nih, ada nggak pesan untuk blogger agar mereka berani berkarya?

Pesan ulun, Sering-sering lah kalian galau. Iya, beneran. Karena dari ke-galau-an kalian akan merasakan sesuatu yang pengen kalian keluarkan, yang pengen kalian tunjukkan, dan dari ke-galaun-an kalian bisa menghasilkan sebuah karya. Dan ingat, jangan takut karya kalian akan dianggap plagiat oleh orang lain, semua orang itu memang berhak menilai, tapi gak seharusnya hinaan itu yang membuat kalian jadi takut untuk berkarya. Anak kembar aja pasti ada bedaannya.


Image credit: bicarawisata.files.wordpress.com

#LocalHero adalah artikel maupun Q&A Jungjawa mengenai Indonesian Creative Thinker. Are you creative thinker? Prove your existence! To becoming my next Local Hero, please send your email to hello@jungjawa.com with subject 'Local Hero'. Good luck! 

Komentar

  1. Aku baru kenal sih sama Adit. Padahal uda ngeblog 2 tahun lebih. Ke mana aja dulu yaaa.. Hahah :D

    Btw, orang Banjar banyak yang ngeblog yak. :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaudah saatnya kenalan kalo belum kenal. Iya, udah lumayan kok, beda sama dulu.

      Hapus
  2. wah aku malah baru kenal sama aditya regas nih bro, -___-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sok coba kenalan dulu :)

      Hapus
    2. kira-kira siapa sih beliau, emang apa salahnya kalau blog itu dipadukan dengan hal-hal lain, toh blog kan gak ada batasan harus menuliskan konten seperti apa.?

      tetapi yang jadi penasaran sama si adit, mau cari tahu dulu ya siapa dia..

      Hapus
  3. Ternyata sekarang banyak blogger-blogger keren ya. Dulu taunya cuma Benakribo, dkk. Entar kenalan ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap kenalan aja bro. Siapa tau bisa saling menginspirasi

      Hapus
  4. Halah, ka Adit nih baperkan jadinya pas di wawancara hahah :D

    Iya, keren banget tuh filosofi ka Adit yang tentang mencoba sesuatu hal yg baru, meskipun itu sedikit curhat :P

    BalasHapus
  5. Sekarang banyak penulis yang awalnya blogger, Adit ini misalnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Besok-besok ada juga penulis yang awalnya blogger, Renggo Starr misal :p

      Hapus
  6. Saya sneng kalau blogger-blogger di daerah mau mengekspos konten lokal yang ada di daerah mereka. Biar blogger-blogger yang di Jakarta pada ngiler untuk menjelajah daerah, hahaha :D

    Sip lah untuk kontribusinya Adit buat Banjarmasin! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kita sebagai local blogger harus bangga duu sama konten lokal nih mas Wihik :D

      Hapus

Posting Komentar

Popular Post

Pengalaman Pengembalian Dana (Refund) Tiket Pesawat di Traveloka

LOGO BARU PIZZA HUT

SAMUDRA!