Memulai Dari Nol Atau Dari Referensi?



You can't do sketches enough. Sketch everything and keep your curiosity fresh. John Singer Sargent


Pada era sekarang ini sepertinya nggak mungkin memiliki ide yang original tanpa ada kemiripan dengan hal-hal yang sudah ada. Kebanyakan sih sudah ada pendahulunya sebagai referensi atau hanya memperbaiki hal yang sudah ada. Hanya saja yang membedakan adalah saat ide tersebut dieksekusi sebagai hasil nyata.

Saya yang sedikit banyak bergelut di dunia desain pun mengalami hal yang sama. Terkadang ada kemiripan logo yang baru dirancang oleh seorang desainer terhadap logo yang sudah ada. Lazimnya hal seperti ini terjadi di situs-situs crowdsourcing desain seperti 99design maupun Sribu.com.

Baca juga: Desain Logo Plagiat

Lantas manakah yang lebih baik?

Memiliki sebuah ide adalah hasil kreativitas seseorang. Menurut Steve Jobs, kreativitas hanyalah menghubungkan hal-hal yang sudah ada. Yang paling penting adalah bagaimana hal-hal yang kita hubungkan tadi dieksekusi secara unik dan berbeda dengan kompetitor yang sudah ada.


Apakah salah memulai sesuatu dari nol?

Nggak. Namun untuk memulai sesuatu dari nol kita membutuhkan effort yang lebih banyak. Sedangkan saat ini kita harus berkompetisi dengan kompetitor lainnya. Coba kita lihat yang dilakukan oleh Apple melalui iPod-nya sebentar.

Pemutar musik biasa tentu tidak menarik daripada iPod. Padahal Apple hanya memperbaiki hal yang sudah ada pada pemutar musik biasa dan mengubahnya dengan sederhana agar mudah digunakan oleh konsumen.

Tetapi memulai sesuatu dari nol terkadang juga harus kita lakukan agar berbeda dari kompetitor. Kenapa? Karena sesuatu yang sudah ada akan menjadi pembeda ide yang kita miliki.

Baca juga: Creativity (Creative Activity)

Sekali lagi, ide atau kreativitas bukanlah hal yang pasti dalam menciptakannya. Namun lebih penting adalah bagaimana ide tersebut terwujud dalam hal nyata.

"Nothing is original, so strive for something fresh instead. After all, it’s how others respond to your ideas that counts most.” - John Hegarty, Co-founder, BBH


Header image credit: mashable.com

Komentar

  1. Memang susah kalo ide harus original sekarang ini. Bahkan 2 tahun lalu saya mengikuti lomba karsa cipta, dan tanpa saya tau sebelumnya ternyata ditaun yang sama, aplikasi yang saya usulkan baru selesai dibangun sama orang lain. Gak enak juga kalau dibilang plagiat. Padahal jaman sekarang menurut saya hampir semuanya sudah ada :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kata Albert Einstein tuh.. connecting dots

      Hapus
  2. Membuat yang benar-benar baru itu susah, tapi jika kita membuat karena terinspirasi dari sesuatu yang kita lihat tentu itu bisa. Ada batasan-batasan sehingga karya kita bukan dibilang plagiat.

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Post

Pengalaman Pengembalian Dana (Refund) Tiket Pesawat di Traveloka

LOGO BARU PIZZA HUT

Sebenarnya, +62282 Ini Nomor Siapa Sih? Kok Misterius.