Creative Activity | Good Ideas. Great Stories.


Menurutmu kenapa seniman-seniman besar ataupun visual artist dunia bisa menghasilkan karya yang begitu luar biasa?

Pertanyaan diatas pernah berada di dalam kepala saya hingga pada akhirnya saya menemukan jawaban atas pertanyaan yang muncul dari dalam kepala saya juga. Kemudian saya mulai menjabarkan bagaimana timeline dari hasil kreatif dan mundur kebelakang melewati proses kreatif sampai pada akhirnya menuju titik awal kreatif.

Jawaban sederhana dari pertanyaan diatas adalah aktivitas kreatif atau dalam kamus saya bernama creativity yang artinya adalah aktivitas kreatif. Jangan cari istilah ini di Google Search ya. Lha wong ini istilah suka-suka saya. Hehehe...

Hal utama untuk menjadi kreatif adalah dengan berlatih berpikir secara kreatif. Kenapa? Soalnya saya nggak pernah tau kreatif itu bawaan sejak lahir. Buktinya? Ndak ada bayi yang mbrojol terus ngegambarin sprei rumah sakit. Ndak ada tho?

Baca juga: Stay Creative

Kalo mau jadi kreatif ya harus berlatih. Seperti yang saya bilang sebelumnya kurang lebih kayak gini:

Kreatif bukan hal mudah yang didapat sejak lahir. Pola pikir dan proses berpikir kreatif dengan latihan terus meneruslah yang membuat seseorang bisa disebut kreatif.
Ya seperti itu. Intinya latihan dan latihan. Kita ndak pernah tau yang bener kalo ndak pernah salah. Soalnya kita nggak bisa mak jegagik njedul-njedul langsung jadi orang kreatif. Dicoba dulu satu-satu konsep pemikiran dan pola pikir yang kamu punya. Terus kalo kurang bahan gimana? Ya cari referensi tho le.

"Lha kalo kayak gitu sama aja plagiat dong mase?"

Ya nggak. Coba kamu baca bukunya Mas Wadit yang Kreatif Sampai Mati itu. Intinya gini, apa yang akan kamu bikin atau kamu idekan adalah hasil representasi dari apa yang sudah ada. Kamu suka nggambar? Ya banyak-banyak liat gambar. Kalo suka nulis ya banyakin baca. Semisal imajinasi kamu masih ndableg nggak mau kreatif kayaknya perlu dibawa ke bengkel kreatif. Siapa tau ada baut dan mur yang longgar.

Baca juga: Desain Logo Plagiat

Orang-orang hebat banyak memulai dari nol dan sedikit demi sedikit. Dulu karya saya cuman sebatas utak-atik font dan model shape. Tapi alhamdulillah dari utak-atik shape tadi bisa naik dikit-dikit. Kalo kamu yakin kamu bisa ya semangat! Keep it up!

Karya saya di tahun 2008. Before it was cool (kiri) dan akhir tahun lalu, 2014 (kanan). 
Day by day I'm trying to reworked my mindset in a small notebook. Write them down one by one and then connect it all. Then there will be time for brainstorming ideas to merge them all into a simple idea.

Like wise in the visual art, I tried to reproduce the reference that I see and look it from a different angle. Mix and match is my mainstay in the creation of creative things. One of the things that makes me happy is when my work become an inspiration to the others. Have a nice day and have fun!



Komentar 30

Sampaikan pendapatmu di sini:

  1. Untuk menjawab pertanyaan prolog di atas, Austion Kleon menyimpulkan dalam bukunya kalau mereka itu adalah pencuri yg hebat.

    BalasHapus
  2. Hmm iya juga ya kang. Tiep bayi yang lahir nggak langsung kreatif gitu aja. *manggut-manggut*
    Anyway itu gambarnya keren-keren ih. :')))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan Homo Sapiens kalo gitu, tapi Homo Creativus
      Maturnuwun...

      Hapus
  3. Ayo Jung, kapan kelarnya Jung?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabar ya bro
      berusaha jadi klien yang baik :)

      Hapus
  4. Setuju banget gue, Jung.
    Kreatifitas muncul karena mengerjakan hal kreatif secara berkala.

    BalasHapus
  5. kreatifitas memang penting ya bro.
    kalau di buku skripshitnya alit, kata alit "udah terlalu banyak orang pandai di jaman sekarang. nyari kerja jadi susah. tapi selalu ada tempat untuk mereka yang kreatif".

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi bikin lapangan pekerjaan baru gitu bang? Wah asik banget dah kayaknya. Nggak terpaku pada pertanyaan "mau kerja dimana?"
      :)

      Hapus
  6. Iya, rif. Kreatif memang harus dimulai dengan usaha terus menerus. Kalo mandek di awal, bisa dicoba dengan melihat karya orang lain, trus coba dikembangkan... "Ini kalo shape-nya dibuat begini gimana ya? trus warnanya kombinasi warnanya pake ini gimana ya? Kalo pake font ini...bla bla.."

    BalasHapus
  7. Bener banget, kreatif karena udah terbiasa. dilakukuin berulang ulang. dan yang penting banyak "membaca" karya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah asik juga nih istilahnya... "membaca karya" hehe

      Hapus
  8. Baca cari sumber yang beragam dan cari sudut pandang yang berbeda :D

    BalasHapus
  9. Setuju banget mas! Kreatif itu berkat diasah terus menerus. Nggak bawaan lahir. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo bawaan dari lahir asik juga kali ya? :D

      Hapus
  10. intinya: bisa karena biasa, dan biasa karena terpaksa :') yang terakhir curcol...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ea ea ea ada mas Bagus di sini. Apa kabar mas?

      Hapus
  11. Duh, Jung. Kalau mengenai desain, segi kreatif gue bukan ndableg lagi. Tapi udah meledak dan mencar kemana-mana. Mau dibawa kebengkel pun gak bisa, karena emang gak ada onderdil-nya. Otomatis jadi penikmat karya aja deh. Udah cukup menyenangkan kok Hehe. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaaa karena ada kok istilahnya enthusiast, ya orang-orang yang seneng aja.
      Penikmat karya :)

      Hapus
  12. cieee.. :D
    duh gue mau curhat ah, masalah gambar ngeblog, jalan-jalan kadang itu semau aja.. pengennya gimana. ada solusi? hueheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah kang mas Bay bisa aje nanya solusi kesini wkwkwkw
      Solusi? Bukannya visual artist emang begitu ya sikapnya hahaha

      Hapus
  13. Hmm... bener juga. Golok aja kalo gak diasah bisa tumpul. Kelamaan bisa karatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi golok kan bisa diganti yang baru bro? :p

      Hapus
  14. Baru mampir udah suka sama tulisannya :)

    www.fikrimaulanaa.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bisa aje bang Fikri. Makasih makasih :D

      Hapus
  15. betul apa yang di bilang sama mas wadit, bahwa kreatif itu bisa di dapat dari hasil latihan terus menerus. good mas :)

    fathur1453.blogspot.com

    BalasHapus

Good Ideas. Great Stories.

Feel free if you want to send an email to me and ask anything, or just to say hello!

hello@jungjawa.com

Copyright © jungjawa 2021