Rahmat Hidayat, Arti Dari Konsistensi




Saat ingin mendapatkan kesuksesan, kita selalu memiliki banyak cara untuk menggapainya. Sadar atau nggak sadar kita ngelakuin ini di dunia nyata. Selain motivasi dan tentunya usaha, ada satu faktor penting lagi yang nggak kalah seru. Konsistensi.


"Jangan pernah bosan untuk mencari sesuatu yang baru. Terkadang kita harus keluar dari zona aman (comfort zone) untuk membuktikan seberapa besar kualitas dan kreativitas yang kita lakukan"

Walaupun istilah konsisten itu udah last year banget, konsistensi adalah modal awal kita kalo kita ingin serius. Tapi seberapa konsisten sih kita? Simply kalo lo adalah blogger yang dilihat pasti dari blog. Seberapa besar semangat kita untuk terus menulis dan berkarya. Seberapa besar kemauan kita mencapai goal yang udah kita impikan dari awal.


+Rahmat Hidayat bisa dibilang 'veteran' di dunia blogging. Mungkin saat itu gue masih sibuk main Counter Strike atau kirim-kiriman testimonial di Friendster, blogger yang masa kecilnya dipanggil 'jagoan neon' ini udah mulai ngepost di blognya. Rahmat atau sering disapa 'Mathiday' ini adalah anak kedua dari tiga bersaudara yang hobi bermain sepak bola. Uniknya ia bisa dikatakan sebagai orang yang ekstrovert dan senang sekali bercerita tentang sesuatu yang lucu kepada teman-temannya.

Pemilik blog matthiday.com ini mengungkapkan bahwa untuk menjadi creative thinker harus merubah mindset melalui creative process dengan mencari sesuatu yang baru. Yap! Disaat kita terlalu lama stay di comfort zone yang kita miliki maka akan menurunkan kualitas kita. Dan ketika kita keluar dari zona nyaman itu maka akan terlihat seberapa besar kualitas dan kreativitas yang kita miliki.

"Konsisten itu yang terpenting" katanya

Selain itu konsistensi adalah hal penting lainnya. Dengan konsistensi kita bisa mengembangkan segala sesuatu menjadi lebih baik dari sebelumnya. Cowok yang doyan membaca buku ini senang sekali menganalisa dan memahami apa yang ia baca sebelum kemudian menuliskannya. That's how we call it creative habits!

Baca juga: Uni Dzalika: Cewek Itu Harus On Fire

Bermodalkan konsistensi pun dapat membuat kita terus termotivasi dan tertarik dengan apa yang kita kerjakan. Walaupun belum memiliki upcoming project, Mathiday berpikir bahwa berusaha dan melakukan yang terbaik untuk orang lain adalah salah satu bentuk project kepedulian kita. Start from something small and doing thing right.

Yap! Mathiday menambahkan bahwa mengembangkan kualitas diri dapat kita lakukan dengan membaca buku maupun tulisan lain seperti blog. Seenggaknya dengan membaca buku kita bisa menemukan tulisan yang baik dan membuat tulisan kita berkembang. It's okay kalo semrawut diawal, tapi bukankah itu menjadi alasan kita untuk berkembang lebih baik?

Maka udah nggak diragukan lagi it's all about consistency, seberapapun kerennya kita atau movement yang kita buat harus dijaga kualitasnya. Secara nggak sadar, saat kita udah mulai konsisten maka kita akan terkenal dengan sendirinya. Orang-orang akan mengenal dan mungkin aja nih nawarin sesuatu yang sebelumnya nggak diduga sama sekali atas reputasi kita.

So, masih mikir konsistensi itu biasa-biasa aja?


Image credit: playthree.co.uk and matthiday.com



#LocalHero adalah artikel maupun Q&A Jungjawa mengenai Indonesian Creative Thinker. Are you creative thinker? Prove yout existence! To becoming my next Local Hero, please send your email to hello@jungjawa.com with subject 'Local Hero'. Good luck! 

Komentar

  1. Ternyata jungjawa ada segmen-nya juga. Keren-keren :)

    BalasHapus
  2. Hahaha, ini gue baru dapet julukan baru untuk tulisan gue. Tulisan Cuniform!!!!! Agak berasa keren gitu, walau sebenernya makna dari kata itu tidak seindah yang terlihat.

    Btw, gue mau bikin segmen begituan juga. Harus gantian, ya! ✌

    BalasHapus
  3. wah ternyata mamat 2009 udah ngeblog.. saik2... :v

    BalasHapus
  4. Mau juga dong bang :3 hwhwhw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau jadi Profil Showcase selanjutnya? Cukup kirimkan email ke:
      arfmdr@gmail.com dengan label 'Profile Showcase'
      sertakan alamat blog kamu dan CP yang bisa dihubungi.
      Terimakasih

      :p

      Hapus
  5. Pengen ikutan Profile Showcase ah. :))

    *langsung buka email* =D

    BalasHapus
  6. haha ulun sudah kenal lwan yg ini, asli kreatif orangnya!

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Post

Pengalaman Pengembalian Dana (Refund) Tiket Pesawat di Traveloka

LOGO BARU PIZZA HUT

Sebenarnya, +62282 Ini Nomor Siapa Sih? Kok Misterius.