Formula1 2014: MUSIM BARU | Good Ideas. Great Stories.
Musim Baru, Aturan Baru, Mobil Baru

Dalam video Transforming Formula One: 2014 Rules Explained Daniel Ricciardo dan Sebastian Vettel menjelaskan peraturan baru Formula 1 yang lebih banyak dan kompleks untuk musim 2014 dibandingkan musim-musim sebelumnya.

Sebenarnya udah kelewat lama sih kalo diposting di jungjawa.com. Pasalnya sudah menjelang akhir tahun 2014, September. Tapi karena keinginan menulis lebih besar, walhasil ditulis saja.

Sebastian Vettel menggunakan mobilnya rancangan tahun lalu dengan perubahan rekayasa dibanyak sisi untuk mengikuti aturan-aturan resmi F1. Menggunakan RB10, pembalap Jerman ini berada diposisi 5 klasemen sementara dengan capaian 124 poin. 

Klasemen F1

Berikut ada video visual yang akan membawa kita melalui sisi-sisi penting dari Formula 1 pada tahun 2014 ini.

Mengapa Sebastian Vettel dan Red Bull Racing?

Perubahan aturan F1 telah menjadi bagian dari masalah yang tidak hanya dialami oleh Red Bull Racing tim tetapi seluruh tim yang mengikuti kompetisi Formula 1. Tetapi jika kita melihat video tadi, RBR sudah siap dengan dentuman mesin yang menggelegar di paddock mereka. Daniel Ricciardo menjelaskan kepada kita bahwa banyak perubahan yang telah dibuat untuk untuk kompetisi F1.

Teknologi komputer dan trik video membuat Ricciardo tampak keren. Bisa kita lihat berbagai komponen dari RB10 berserakan kemudian dalam sekejap menjadi RB10 yang sudah dirakit lengkap dengan sang drivernya. Sebastian Vettel juga memainkan peran kunci dalam menjelaskan aturan tersebut dengan RB9, mobil yang digunakan sebelumnya (mobil lama).

Perubahan aturan F1 tahun ini mengharuskan mobil balap untuk menggunakan bahan bakar 30 persen lebih sedikit daripada tahun sebelumnya, artinya meningkatkan efisiensi dari mobil balap. Kapasitas engine juga telah menurun dari tahun 2013 yang semula 2,4 liter V-8 menjadi 1,6 liter turbo V-6 di tahun 2014 ini. Sedikit mencengkram leher tim-tim besar untuk merombak desain mobil mereka. Termasuk Red Bull dimana menghilangkan sepasang silinder V8 menjadi V6.

Satu tim hanya akan diizinkan untuk memiliki lima engine untuk seluruh musim. Di sisi lain, transmisi meningkat menjadi 7-8 gigi untuk memaksimalkan dan memanfaatkan peningkatan efisiensi motor baru dan sistem bahan bakar.

Bagi saya, yang menarik adalah perubahan sistem ERS. Sebelumnya ERS dikenal dengan nama KERS. Namun di tahun 2014 ini berganti nama menjadi ERS, dimana terbagi menjadi dua yakni ERS-H dan ERS-K. H untuk heat yang berasal dari turbocharger dan K untuk kinetik yang berasal dari flywheel di kedua roda belakang.

Sistem ERS ini dilengkapi dengan MGU atau Motor Generator Unit yang terbagi lagi menjadi dua, MGU-H dan MGU-K yang penamaannya sama seperti pada ERS. Total daya yang dihasilkan dari engine V6 dan ERS adalah 600hp + 160hp.

MGU-H
Turbo







Sumber:
http://www.formula1.com/news/features/2014/3/15539.html
http://www.peterclausen.de/en/our-work/transforming-formula-one/
http://www.conceptcarz.com/a6488/TRANSFORMING-FORMULA-ONE-2014-RULES-EXPLAINED.aspx
http://motorsportstalk.nbcsports.com/2014/03/14/check-out-red-bulls-transforming-formula-one-2014-rules-explained-video/
http://www.infiniti-redbullracing.com/article/transforming-formula-one-2014-rules-explained

Komentar

Sampaikan pendapatmu di sini:

Posting Komentar

Good Ideas. Great Stories.

Feel free if you want to send an email to me and ask anything, or just to say hello!

hello@jungjawa.com

Copyright © jungjawa 2021