11 INSPIRASI PRELOADER YANG MENARIK

Halo sob, balik lagi ke jungjawa.com. Kali ini gue bakalan bahas salah satu elemen yang menarik perhatian gue diblog maupun website. Yap, seperti judul diatas adalah preloader. Jadi apa itu preloader?

Preloader itu satu paketan sama Ajaxload dan berfungsi sebagai animasi preloading generator sebelum sebuah halaman 100% diunduh atau dengan kata lain dibuka secara utuh. Preloader dan Ajaxload dirilis pada tahun 2009. Dengan adanya dua generator tersebut, kita dapat memberikan animasi status loading jadi lebih sederhana dan tidak terkesan membosankan. Ada banyak animasi yang bisa kita kustomisasi sesuai kreativitas kita. Diantaranya adalah 3D, Rectangular, Circular dan Horizontal.



Untuk membuat animasi yang menarik ada baiknya menguasai pembuatan file .gif. Tau kan animasi-animasi ngakak, cendol gan, sundul gan di Kaskus? Nah kayak gitu animasi gif-nya. Tapi nggak juga keles pake animasi sundul gan buat blog/website wakakakakak


Karena ini cuman preloader bukan animasi page gue cuman bisa kasih saran pake .gif. Kalo mau animasi lebih bagus lagi bisa pake flash atau HTML5 dan CSS3. Namun gue belum ngerti. Dengan format .gif tadi kita bisa bikin animasi seenak jidat kita. Tapi karena gue gak bisa bikin alias nggak paham bener bikinin file .gif ya jadinya disini gue bakalan nge-share inspirasi preloader yang mungkin bisa kalian kreasikan untuk blog/website kalian. Selamat mencoba sob!


Animasi preloadernya lucu. Walaupun web ini berbasis flash dan cukup berat, animasi diawal sudah cukup mengesankan nih. Cocok untuk para doodler yang memiliki blog, bisa untuk memperkuat personal branding nih.




Something green? Eco-website? War against global warming and concern about green ecology? Preloader ini cocok buat blog kamu deh. Udah kesan hijau banget dan simpel. Postingan dari Akash Badange ini dibundel dengan freebies yang lain. Tertarik? Kunjungin aja dzyngiri.com.


3. Infinite Preloader


Nah kalo ini karyanya Mantas. Clever design lah! Bisa jadi inspirasi nih. Apalagi kalo simbol loadingnya diganti sama alfabet ikon buat blog/web kamu sob. Jatuhnya pasti keren.






Punya situs yang ngebahas tentang pesawat atau hal lain yang berhubungan dengan aeronautika? Cocok banget nih.





Untuk yang simpel satu ini biar gue tebak. Avant Grade untuk font-nya? Simpel sekali.




Tau Envato kan? Situs resource buat para desainer dengan konten-konten premium berkualitasnya. Karya ini dibuat oleh Kontramax. Dan menarik banget liat animasi 3D dengan efek shining kayak begini. Kalo mau lebih banyak animasi kunjungi aja websitenya di kontramax.com.




Dibuat oleh Peter Had dan diupload di Dribbble pada 4 November 2013. Lucu dan unik karyanya. Planetnya kayak keju, tapi warna hijau.






Idenya mudah dimengerti. Artinya halaman sedang didownload dari cloud bukan? Mantas juga ngasih file vektornya, dan dengan mudah bisa dikustomisasi. Download aja!




9. Heart by Birzhan



Kyaaaaaaa!!! Ini unyu maksimal!!! Ulululu banget.







Hamster peliharaan Graeme Metcalf ini cocok buat nemenin visitor menunggu loading page yang membosankan. Pengen pelihara satu?






Corin Nader adalah desainer produk yang tinggal di San Francisco, California. Preloader satu ini pas banget buat kamu yang pengen buka online shop. Kan sekarang lagi ngehits tuh online shop. Gimana? Tertarik kan?



Kesimpulan

Preloading adalah animasi yang muncul sebelum sebuah website diunduh secara sempurna. Kamu juga bisa bikin preloader sendiri sob dari tools yang dibikin Robert Pataki. Namanya CanvasLoader Creator. Langsung ada snippet dan bisa langsung previewnya.


Ada baiknya dalam menggunakan preloader juga dipertimbangkan load speed dari sebuah web/blog. Tapi tanpa desain yang baik juga web/blog akan terlihat hambar. Kayak makan sayur tanpa garam. Yang bagus ya makan sayur dengan garam yang pas. Nggak terlalu asin atau terlalu manis.

Sumber
prettyloaded.com

Komentar

  1. kalo tutor udah di posting sama ahlinya penjabarannya detail dan ngonsep banget ya mas..
    jadi bisa belajr byk disini..
    thx utk ilmu nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ntar deh kapan-kapan kasih tutor pemasangannya juga di jungjawa.com om hehe
      Wah seneng postingan blognya bermanfaat :D

      Hapus
  2. Kalo pake in pengunjung bakalan gak bosen nunggu loading blog. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya biar jomblo-jomblo ada yang nemenin. Eh? Hahaha

      Hapus
  3. Boleh banget nih di coba... makasih yaaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke sob, kalo udah jadi hubungi gue yak kreasinya. Pengen nonton :D

      Hapus
  4. hahay..lucu lucu banget ya tampilan preloadernya..kayanya bagus juga nih masang yang model envato.
    makasih ya kak

    BalasHapus
  5. padahi cara makainya pung :3

    BalasHapus
  6. asyik tuch animasi preloader destinationnya...keren.....keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya om. itu buat website pariwisata gitu keren. salam juga om dari Solo.

      Hapus
  7. yang survey planet lucu tuh hehe :D

    BalasHapus
  8. wuaak lucu lucuuu.. mau bikin ginian di blog tapi ngga bisa hihi

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Post

Pengalaman Pengembalian Dana (Refund) Tiket Pesawat di Traveloka

LOGO BARU PIZZA HUT

Sebenarnya, +62282 Ini Nomor Siapa Sih? Kok Misterius.