AWAS BLOG BERVIRUS!



Ngomongin blog nggak ada habisnya. Apalagi kalo hobinya ngeblog. Blog jadi kayak manusia juga. Kadang blognya happy, kadang dermawan dengan ngasih giveaway, kadang blognya disukai orang, kadang blognya dicari-cari orang, pokoknya macem-macem. Blog juga bisa sakit, iya sakit. Lha ini blog gue aja sakit. Bentar, aneh nggak sih orang jawa bilang gue gue gue gue gini?

"Halah biasanya ngomong pake aku wae lho Jung."

"Iya om iya"

Oke, mungkin bukan saatnya ngomongin masalah kosakata berbahasa yang dibatasi oleh kedaerahan. Mending ngomongin virus di blog yang barusan gue alamin.

Baca juga: Kenapa Anak Muda Harus Ngeblog?

Jadi begini, blog gue sakit karena ada virusnya. Lha kok isoh? Bentar tak jelasin dulu. Gue tau blog jungjawa.com ada virusnya karena dilaporin sama Ijal Fauzi nih. Doi ngasih screen shot via Twitter yang intinya jungjawa.com kena virus Trojan. Kali ini gue nggak mau ngebahas tentang apa itu Trojan atau Kuda Troya karena nanti dikira blog sejarah. Hehehehe....

Di download dari Twitter-nya Ijal


Ijal nyaranin gue untuk ganti template.

Doh! Mampus!

Kok mampus Jung? Gue sebenernya orang yang paling males gonta-ganti template. Apalagi kalo ada ikutan kontes-kontes. Editing HTML,CSS dan sebagainya adalah haram hukumnya. Karena akan bermasalah sama Google. Wasyuiiieeehhhh...

Tapi edaripada nggak ada visitor makanya gue secara terpaksa dan diseret-seret melakukan Romusha untuk blog gue sendiri.

Jadi kenapa bisa ada virusnya?

Bisa jadi virus udah ditanem dari template awalnya sob. Dan udah disusupi sama virus. Biasanya sih Trojan. Atau virus baru masuk ketika blog udah lama make template tersebut. Dalam artian resource atau sumber data template disusupin (bukan blognya ya, tapi sumbernya). Selama ini sudah dua kali sih ngalamin blogdown gara-gara virus. Yang sebelumnya sekitar tahun 2011-an dengan alamat yang berbeda.

Akhirnya tampilan dari jungjawa.com sekarang sudah beres dan terbebas dari virus. Sebenernya ini adalah modifikasi template dari FlatMag yang dibikin sama Templateism.com. Kalo sebelumnya sih make Folify dari Templateify.

Terimakasih banyak buat Templateism yang udah bikinin template dasar beginian secara gratis. Woah!


Screenshot dari Google Webmaster. Gak punya screenshot asli.


Perbandingan profesional dan amatiran (FlatMag vs JungKat)


Terus gimana supaya nggak kena virus? Berikut gue kasih tipsnya. Kalo kira-kira nggak berguna jangan diikutin. Takut jadi aliran sesat dan dicekal EP FE I.

1. Gunakan template yang terpercaya

Sebenernya template terpercaya kayak buah simalakama. Disatu sisi dia bagus buat kesehatan blog. Di sisi lain dia udah mainstream. Banyak yang make. Jadi gimana? Pesen template pribadi :D

2. Perbanyak teman

Ini apa hubungannya?!! Tenang dulu sob, jadi kalo banyak teman artinya kita bisa minta bantuan. Untuk hal paling kecil bisa suruh ngecek blog kita ada virusnya apa nggak. Apalagi temen yang hobi banget update anti-virus. Itung-itung juga nambah visitor ke blog kita.

3. Perbanyak musuh

Ini saran kampret apaan coba?!!! Tenang dulu sob udah tenang aja. Orang tenang disayang sang mantan. Kalo musuh kan biasanya sering stalking-in kita tuh. Nah ada kabar baiknya adalah dia cek-cok-cik-cekin blog kita. Waktu blog kita down dia bikin postingan "BLOG PALING BERVIRUS DI DUNIA ADALAH JUNGJAWA.COM". Kan kita bisa tau. Oh blog kita ada virusnya.

Iya kan?

4. Pake template blogger bawaan

Gausah ditanya lagi. Kalo sampe template bawaan aja ada virusnya bakal geger dunia per-blogger-an dunia maya. Lha wong itu template recommended kok. Ya kan gan?

5. Nggak punya Blog

Gimana mau kena virus kalo nggak punya blog?

Gue jamin tips diatas nggak bermanfaat sob. Jadi jangan diikutin ya. Atau kamu punya tips yang lebih bermanfaat dari yang ada diatas? Silahkan submit di kolom komentar.

Komentar

  1. Recomended nih :)) Nice info pak

    BalasHapus
  2. Wah ternyata blog juga ada virusnya ya

    BalasHapus
  3. hahah gimana sih bang ? eh enak manggil mas aja org jowo kok hahaha
    biar kita tahu ,blog kita kena virus atau enggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya pake antivirus van. Berhubung laptop gue gak ada antivirusnya. Hehehe... jadi gak pernah tau ada virus apa nggak. Kadang jadi dilema kalo pasang antivirus :(

      Hapus
  4. ini template kok berat ya gan, lama banget loadingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gara-gara preloader gan? Itu cuman kesannya ajasih jadi keliatan berat, kan dia load pagenya full dulu baru preloadernya ilang. Atau sering-sering aja ke jungjawa.com biar cache nya kepasang di browser loe sob. Hehehe....

      Hapus
  5. wah nice info bang :), baru tau gue blog dapet virus segala hhahaha :3

    BalasHapus
  6. lumayan nih, gak terlalu lelet ya wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apanya sob yang nggak lelet? Pecel lelet?? Kwkwkwkwk

      Hapus
  7. lain kali hati-hati jung, dalam memilih template :D

    blog walking

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya om. tapi sekarang lebih memilih bikin template sendiri sajalah~

      Hapus
  8. bhuset ternyata ada blog juga ada virusnya, teknologi makin canggih, kayak manusia aja.

    Ditunggu kunbalnya dan komennya :) http://estolagi.com/tentang-tips-dan-cara-menulis-komedi/

    BalasHapus
  9. Paling suka tuh sama tips terakhir..heheheh

    BalasHapus
  10. Wakakaak setuju bgt ama semua sarannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkkw.. sarannya bisa dipraktekkan semua yak :D

      Hapus

Posting Komentar

Popular Post

Pengalaman Pengembalian Dana (Refund) Tiket Pesawat di Traveloka

LOGO BARU PIZZA HUT

Sebenarnya, +62282 Ini Nomor Siapa Sih? Kok Misterius.