LOGO BARU FOURSQUARE

Foursquare
Sebelum kalian baca postingan ini ada baiknya kalian check-in dulu kalo kalian udah blogwalking di jungjawa.com. Dan apabila kalian check-in maka aplikasi Foursquare adalah aplikasi pelopor sistem ini dan men-dunia-kan nya.

Disini gue gak ngebahas apa itu Foursquare. Karena tadi gue udah nyuruh kalian buat check-in dan secara otomatis kalian pasti udah tau apa itu Foursquare. Dan kabarnya nih Foursquare udah ganti logo. Dari logo lama menjadi logo baru seperti logo yang diatas.

What do you think about brand new Foursquare logo?

Mungkin bagi beberapa orang logo Foursquare yang baru tidak jauh lebih baik dari logo yang sebelumnya. Dan sebagian lainnya mengagumi logo yang baru ini. Tapi mari kita lihat apasih tujuan pergantian logo yang dilakukan oleh pihak Foursquare ini?

Our logo is changing from the check-in checkmark to something representing the new Foursquare. We designed it to be a mix of map pin and superhero emblem.
Jadi pihak Foursquare sendiri nggak cuman nge-redesain logo aja. Tapi mereka juga merombak fitur-fitur yang ada di aplikasinya. Mengingat Foursquare sendiri memiliki aplikasi terpisah untuk check-in. Yakni Swarm. Sedikit ribet sih sebenarnya. Tapi ini menjadi satu strategi branding bukan?

Gue gak akan bahas fitur baru Foursquare ataupun aplikasi pendampingnya, Swarm. Tapi yang gue bakalan bahas disini adalah logo tersebut. Sebelumnya buat sekedar tau aja bahwa yang mengerjakan desain logo baru dari Foursquare sendiri adalah tim grafis dari Foursquare dan Red Antler.

Logo baru tersebut sebagai cerminan bahwa Foursquare sendiri adalah mesin pencari lokasi yang bersifat personal. Jadi diharapkan nantinya kita akan memiliki asisten pribadi. Tercerminkah dari logo tersebut? Mungkin bisa kita lihat dari transformasi logo dibawah ini.

Proses desain dari tim Red Antler 

Transformasi logo diatas terlihat bahwa logo tersebut adalah penggabungan dari F untuk Foursquare dan Flag untuk check-in. Menarik memang untuk dipelajari.

Logo tersebut dirancang dari unsur peta dan lambang superhero. Dengan kata lain Foursquare memberikan Anda kekuatan super untuk menelusuri kota logo baru Foursquare mencerminkan visi tersebut.

Untuk logo lokal yang berbasis lokasi gue suka banget sama logo Toresto. Aplikasi mobile ini mencerminkan bahwa aplikasi ini berfungsi untuk mengetahui lokasi makanan. Dai icon pin dan warna merah dan sedikit aksesoris hijau yang melambangkan 'lombok' atau cabai. Atau logo City Check yang didesain oleh Chai Ahmad. Dominasi warna hijau. Its mean secure for green bro!

Logo Toresto (kiri) dan CityCheck (kanan)

Namun yang masih menjadi pertanyaan bagi gue adalah dominasi warna pink. Pihak Foursquare sendiri pun belum menjelaskan hal ini atau mungkin gue kurang tau informasi. Tapi meninggalkan warna dominan biru muda untuk Foursquare sebelumnya masih belum ada penjelasannya. Atau kenapa Foursquare tidak membuat logo dari 'four' dan 'square'? Menurut gue lebih mudah diingat. Atau loe punya pendapat lain sob? Share di kolom komentar yak!

Sumber:
creativebloq.com
blog.foursquare.com
redantler.com
underconsideration.com

Komentar

  1. Bikin logo baru, desainnya kagak mau kalah sama yang lain :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Desain yang ke-kini-an Jang. Wih mau miripin desain lu nih.

      Hapus
    2. Desain buatan lu kali bang :p

      Hapus
  2. Fnya rucing gt jadi terkesan kaku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bang. Tapi mungkin juga kesannya 'nancep'.

      Hapus
  3. udah gak pake foursquare lagi, tapi logonya kurang keren gimana gitu ya Jung, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. warnanya kurang mencerminkan perusahaan berbasis lokasi om

      Hapus

Posting Komentar

Popular Post

Pengalaman Pengembalian Dana (Refund) Tiket Pesawat di Traveloka

LOGO BARU PIZZA HUT

SAMUDRA!