Tutorial membuat Background dengan Photoshop | Good Ideas. Great Stories.




Niatnya sih mau internetan sambil nyari PES 2014 biar bisa begadang sampe malem lagi. Tapi apalah daya nggak sampai kalo ternyata daya ternyata adalah deterjen pencuci pakaian. Lho kok malah ngiklan mas? Khilaf ndoro.

Jadi ceritanya nyari link buat download PES 2014. Karena nggak ada koneksi buat download kecepatan cahaya jadi ya PES 2014-nya di pending dulu. Dan ujung-ujungnya bersih-bersih laptop. Lumayan jadi cleaning service laptop sendiri.

Wis ah basa-basinya, judulnya tutorial bikin background kok malah bahas PES 2014 kan nggak asik bro. Oke langsung saja ya. Di sini jungjawa.com akan ngasih penjelasan tutorialnya step by step secara berurutan. Disimak.

1. Cari foto



Diatas adalah foto yang gue ambil sendiri pake hape. Inget sob, inspirasi bisa datang kapan aja dan dimana saja. Lebih baik capture moment-moment berharga loe dengan kamera, minimal kamera hape. Jangan sampe inspirasi kelewat begitu saja.

Inspirasi bisa datang dimana saja sob, kayak urban art yang ada di dinding-dinding kota, tekstur jalanan, gradasi warna langit dipagi atau sore hari bisa dibikin objek kreatif sob. Pokoknya carilah prespektif berbeda dari inspirasi yang loe dapet.

2. Software Editing

Setelah mendapatkan stok photo yang kita dapatkan tadi selanjutnya akan kita olah dengan software editing photo. Di sini gue menggunakan Photoshop untuk mengolahnya. Sebenernya nggak cuman Photoshop. Karena gue bisa-bisa dikit ya cuman pake Photoshop.

Berhubung kita akan bikin background, gue memutuskan untuk membuat blur pada background gue. Di Photoshop, ini sudah sangatlah mudah dan gampang banget. Keterlaluan kalo nggak bisa.





Tinggal import photo tadi terus buka Filter>Blur>Gaussian Blur. Kalo pake filter yang lain Jung? Boleh pake banget loh. Pokoknya kreativitas adalah hal yang utama di sini.



Setelah itu kita bisa atur olah warna BG atau background kita. Settingnya bermacam-macam. Ada adjust kecerahan, curve, level hingga saturasi. Tinggal buka aja Image>Adjustment.

3. Ornament dan Teks


Biar asik bisa kisa kasih tulisan-tulisan dan ornamen gitu. Nah yang kayak gini cocok banget buat bikin poster, e-flyer, cover social media dan banyak lagi. Selain mengasah kreativitas, membuat background sendiri berarti kita memiliki hak penuh atas karya kita. Jadi anti pembajakan dan plagiarism sob.

Yak cukup sekian tutorial yang begitu singkat dari gue. Semoga bermanfaat untuk kreativitas loe ya sob. Salam kreatif!

Oh iya, selanjutnya gue bakalan kasih tutorial lanjutan lain yak. Kayak dibawah ini. Pokoknya pantengin terus aja jungjawa.com

Komentar 14

Sampaikan pendapatmu di sini:

  1. Ornamen-ornamen kayak gitu dapet darimana ya? Aku pakai font "Bergamot Ornaments", tapi pilihannya kurang banyak ._. #newbie

    BalasHapus
  2. Banyak font Ornaments kayak gitu,. Mulai dari Botanical sampe Dingbats. Tapi kalo mau lebih spesifik, cari vektornya aja. Kalo request ntar deh gue post tentang font" Ornaments yang kece-kece.

    Thanks masukannya.

    BalasHapus
  3. Aseek nambah ilmu lagi, praktek lah Jung

    BalasHapus
  4. nice tutor gan :)
    sangat bermanfaat

    BalasHapus
  5. wduh... aku nggak bisa photosop, di laptop gak ada softwarenya :D

    BalasHapus
  6. lagi ublek-ublek blog ini hihihi.. mau belajar ini, pelan-pelaaaaaan sajaaaaaa... #nyanyi

    BalasHapus
    Balasan
    1. tutorial e gampang-gampang og mbak. lagi sitik.

      Hapus
  7. dikira ada desain yang bisa di download hahahaha

    BalasHapus

Good Ideas. Great Stories.

Feel free if you want to send an email to me and ask anything, or just to say hello!

hello@jungjawa.com

Copyright © jungjawa 2018