Langkah Praktis Maintenance Laptop dan PC | Good Ideas. Great Stories.


Bicara masalah desain pasti nggak bisa jauh juga sama yang namanya gadget buat ngedesain sob. Bisa itu komputer atau laptop.

Sebuah alat atau perangkat tentu harus dirawat dengan baik agar nggak terjadi kerusakan atau bahkan breakdown.

Akhirnya gue memutuskan untuk menulis tentang perawatan/maintenance karena salah satu mata kuliah gue adalah Perawatan Prediktif atau Predictive Maintenance.


Sebelum kita lanjut tentang maintenance pada PC/Laptop ada baiknya kita pahami dulu apa itu maintenance.

Apa itu maintenance?

Maintenance atau perawatan
aktivitas untuk mencegah kerusakan

Repairment atau perbaikan
tindakan untuk memperbaiki kerusakan

Jadi Perawatan Prediktif adalah:
"Perawatan terhadap alat sebelum terjadi kerusakan dalam kondisi fisik maupun fungsi dari sistem peralatan dengan panca indra atau bantuan suatu alat"
Simpelnya,
Maintenance = perawatan.
That's all.

Nah sekarang yuk mari ngebahas tentang maintenance pada komputer/laptop.

Pada dasarnya komputer/laptop yang sering digunakan seiring dengan waktu maka lifetime nya akan berkurang. Padahal untuk menjaga suatu perangkat kita harus melakukan perawatan sob. Mudah dan praktis sebenernya. Namun sedikit yang merhatiin hal tersebut.



Sebelumnya Laptop gue sering ngalamin breakdown. Padahal disaat bersamaan kebutuhan akan tugas dan deadline sering mendesak. Nah saat yang kayak gini bakal bikin kita sulit. Tapi alhamdulillah setelah gue menjadwal perawatan laptop, sekarang lancar jaya deh.

Gue bakal share cara praktis gue buat ngejaga performa dari laptop/PC yang ada. Tentunya udah gue coba lho ya. Bukan tipu-tipu.

Maintenance pada Laptop/PC sendiri dibagi menjadi dua:
1. Maintenance Hardware
2. Maintenance Software


1. Maintenance Hardware

Kalo di hardware gampang banget sob. Jaga performa dari hardware lebih mudah daripada software karena apa yang terjadi nampak di depan mata. Nggak perlu bantuan software. Yang penting jaga kebersihan dari Laptop/PC dari debu. Inget, musuh utamanya adalah debu!

Jaga temperatur sekitar. Hal konyol yang jangan loe lakuin adalah make laptop dibawah teriknya matahari Gurun Sahara. Jangan. Itu konyol men. Artinya tetep jaga temperatur dari laptop. Laptop menghasilkan panas, bukan penyerap panas lho ya.
Gurun Sahara Men! (menujuhijau.blogspot.com)
Bersihkan keyboard dari debu. Kalo mau ekstrim bisa pake kompresor. Tapi gue nggak ngasih garansi kalo tuts keyboardnya bakalan terbang kemana-mana. Hahaha...

Jaga kebersihan display monitor. Kalo kotor dan lecek itu jorok dan nggak banget men. Inget! Kebersihan adalah sebagian dari iman!

Asap! Asap juga bisa ngerusak sirkuit di dalam rangkaian elektrik sob. Apalagi asap rokok. Itulah kenapa komputer di perkantoran rata-rata lebih jarang rusak daripada di warnet atau game center. Liat tuh di perkantoran, banyak yang masih WinXP tapi komputernya fine-fine aja.

Jika komputer mengalami overheat maka gunakan kipas tambahan. Kalo mau pake blower juga boleh kok. Hehehe...

Kabel! Kabel yang berantakan dan nggak tertata bisa menyebabkan korsleting sob. Kalo bisa disusun yang rapi. Kalo lumayan lama dan nggak dipindah-pindah mending di kabel tis-in aja. Kabel tis cuman 500an rupiah kok, FYI ajasih.
Kabel Ties Bro! (www.hilltop-products.co.uk)

2. Maintenance Software

Nah kalo maintenance software ini nggak bisa dilihat dengan mata sob. Maksudnya nggak bisa tervisualisasi gitu aja. Jadi kalo mau tau PC/Laptop kita bermasalah di softwarenya maka harus ngerasain gimana rasanya. Langsung dengan pemakaian.

Biasanya ada software khusus untuk melakukan perawatan pada Laptop/Komputer sob. Tapi sistem bawaan sendiri udah dikasih tools yang berguna untuk merawat Laptop/Komputer kita.

Berikut ini cara praktisnya buat ngerawat laptop/komputer kita.


  1. Maintenance disk (disk defragment dan disk cleaner). Disk defragment biar sistem ngatur file-file kita secara rapi dan mandiri. Gak usah kita suruh-suruh. hehe. Sedangkan cleaner berfungsih untuk ngebersihin disk kita dari sampah metabolisme sisa kinerja komputer/laptop. Hahaha...
  2. Bersihin Recycle Bin secara teratur. Gue biasanya ngebersihin tiap 1 minggu sekali karena dalam satu minggu biasanya banyak file draft/revisi yang masuk ke Recycle Bin.
  3. Rapikan File dengan kategori-kategori sesuai isinya biar gak susah nyariin sob. Kendala utama adalah saat kita download. Biasanya kan di simpen di Local Disk(C) tuh. Nah menyiasati hal ini kita pindahin file-file di folder download tadi ke Local Disk(D) kita biar aman. Jadi jika sewaktu-waktu bermasalah, kita masih memiliki kontrol.
  4. Update Windows Update dan Antivirus. Gue sangat merekomendasikan Update Windows tapi untuk antivirus nggak. Kenapa? Gue gak make. Selama kita masih bisa menjaga performance secara manual kenapa tidak. Sedangkan kemampuan analisa manusia lebih baik daripada analisa sebuah sistem atau software. Karena gue bingung kenapa Smadav dinilai virus dan malware oleh Avira? Ini gak bener men. Gue gak mau percaya antivirus. Hahaha... 

Sekian info dan langkah praktis dari gue buat nyelamatin laptop gue. Kalo ada manfaat yang bisa diambil boleh diambil, jika ada yang ngaco atau ngawur bisa dilurusin. Feel free to share!

Jangan lupa kritik atau saran di kolom komentar. Terimakasih banyak sudah berkunjung!

Komentar 9

Sampaikan pendapatmu di sini:

  1. Wah bermanfaat nih artikelnya buat laptop gua yang sering error.. ~ lanjutkan terus bro...

    BalasHapus
  2. Jadi asap rokok berpotensi merusak ya? Gue biasanya kalo lagi nongkrong sambil wifian suka sambil ngrokok juga :/

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah lo. Gak cuman badan yang bisa dirusak rokok. Cu juga :v

      Hapus
  3. ayo yang ngerokok~ ga hanya ngerusak paru.. ngerusak laptop juga loh.. #eh hehehehe #peace #damai

    BalasHapus
  4. kalo gua, setiap 1 bulan pasti semua perakat keras gua bersehin dari debu bang, itung-itung biar kejaga terus perangkat nya, kalo software sih gua jarang, paling kalo lagi iseng di scan aja pake antivirus, ada software yang bandel ya uninstal, gitu sih kalo gua bang haha

    BalasHapus
  5. Buat yang perwawatan software biasa diwakilin sama CCleaner sih, tapi coba deh yang perawatan hardwarenya. Thanks nih posting bermanfaat :D

    BalasHapus

Good Ideas. Great Stories.

Feel free if you want to send an email to me and ask anything, or just to say hello!

hello@jungjawa.com

Copyright © jungjawa 2017