Uni Dzalika: Cewek Itu Harus On Fire | Good Ideas. Great Stories.


Nulis di blog itu nggak kayak nulis di Twitter. Blog lebih banyak menuangkan pemikiran kita loh. Beda sama Twitter atau Facebook yang cenderung dibatasi oleh penggunaan jumlah karakter. Ada sih beberapa blog yang masih rutin dan rajin aktif, namun nggak sebanyak Twitter. Mungkin karena mikroblogging lebih enak dan lebih mudah. Tapi ada satu hal yang nggak pernah surut dari blog, yakni penggunanya. Misalnya Friendster udah shutdown kan?

"Blog itu asik, tapi tergantung asiknya darimana. Blog itu rame, tapi tergantung ramenya dimana. Blog itu penuh inspirasi, tapi tergantung inspirasinya dari siapa"
Friendster dan mIRC misal udah ga ada suaranya lagi, ada sih ada tapi user mereka sudah semakin berkurang. Kalo kita bicara blog, banyak banget penulis yang menginspirasi dan tulisannya patut untuk ditunggu. 

Seorang blog creator dituntut untuk membuat blognya hidup. Sebab blog adalah salah satu cara mereka bikin branding bahwasanya mereka adalah blogger. Sebagai contoh jika seorang blogger adalah penulis, maka content dari blog pasti memuat tulisan berkualitas yang menunjukan 'Hello! I'm your mom's favourite writer' atau mungkin contoh lainnya adalah seorang visual artist yang bergelut di bidang ilustrasi. Tentu ia akan memberikan portofolio terbaik bagi pembaca blognya. 

By the way, bicara blogger rasanya nggak cukup kalo nggak ngebahas +Uni Dzalika. Yap! Partner in crime saya untuk memprakarsai #30DaysSaveEarth. Keseriusannya ngeblog bisa kamu liat di unidzalika.com And we have something new for everyday!

Uni Dzalika atau akrab dipanggil Uni, adalah seorang blogger yang aktif bergabung di berbagai komunitas seperti WordsOfPoetica, Bookaholicfund, Warung Blogger, Lovaboration, dan Jamban Blogger. Selain itu ia juga berperan aktif sebagai reporter di Notif Magz. Konsistensinya menulis dibarengi dengan beberapa karya yang masuk ke dalam 'buku keroyokan' seperti Kata Berdansa, Antologi Benci, Lembar cinta pada tahun 2013. Gue sempet ngobrol dengan Uni tentang bagaimana dia terus tetap fire up dan tetap konsisten menulis.

Kalo boleh tau, Uni Dzalika itu seperti apa?

Just called me Uni, which is in bahasa Padang mean 'sister'. Kesibukan saya menjadi tour guide atau pembawa acara panggilan, serta menulis. Sebenarnya dua hobi tersebut adalah dua sisi yang berbeda, di mana menulis membuat saya menjadi lebih introvert tapi yang lainnya mengharuskan saya extrovert dalam berkomunikasi. Saya selalu berusaha menyeimbangkan dua perbedaan tersebut.

Blogger sendiri kan harus kreatif nih. I mean, gimana sih caranya biar terus fire up, terkadang kan kita ketemu something yang nggak bisa kita jelasin, semacam mind block lah.

Konsentrasi saya adalah di bidang menulis dan saya tidak memiliki konsep apa pun. Saya hanya butuh kesendirian untuk menuangkan ide saya dalam bentuk tulisan. Tidak harus selalu dalam situasi yang sepi, yang penting adalah saya merasa sendiri. Ketika semua tulisan selesai, saya bar mengeditnya. Selain itu saya selalu menghabiskan waktu untuk membaca beberapa buku dan menulis setiap hari sesegera mungkin

Oke sih overall cara lu banget. Tapi apakah ada nih intrik lain untuk ngedapetin inspirasi semacam who are your main inspiration?

I don't know. Saya tidak perlu menjaga hal tersebut karena saya selalu bersemangat dalam segala aktivitas. My inspiration? My dad, but he passed away already.

Terakhir nih.. Ada upcoming project apa lagi yang bakalan kamu kerjain?

Rahasia :)). Doakan saja semua yang sedang saya kerjakan lancar dan kalo buku-buku saya sudah ada di toko buku, bantu promosikan. Gitu aja sih.

Image credit: unidzalika.wordpress.com


#LocalHero adalah artikel maupun Q&A Jungjawa mengenai Indonesian Creative Thinker. Are you creative thinker? Prove yout existence! To becoming my next Local Hero, please send your email to hello@jungjawa.com with subject 'Local Hero'. Good luck! 

Komentar 16

Sampaikan pendapatmu di sini:

  1. Blogger itu multi tasking, awalnya sekedar menuangkan inspirasi, lama-lama jadi hobi, kalo ada kesempatan dapat duit, kenapa nggak diambil juga? hahahaha

    BalasHapus
  2. keren ka :) visit lagi ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sering sering visit aja ..... <-- mengharap

      Hapus
  3. Actually u should put space in UniDzalika but its OK. nice to read that. Thanks a lot, babe! :))

    BalasHapus
  4. iya, harus fokus sama tujuan dan propritas terdekat :)

    BalasHapus
  5. klo gw awalnya cuma iseng2 doang eh malah ketagihan :)

    BalasHapus
  6. Blognya anak gd bener ya desainnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. 'anak gd bener ya desainnya'

      kurang paham cara baca komentarnya mbak :'(

      Hapus
    2. Gue pun yang mau menimpali komentarnya Teh Dewi juga nggak paham. BTW, nice post, Kak. :)

      Hapus
  7. Dari wajahnya keliatan kalo Uni itu enerjik 'o'/ cocok buat jadi member JKT48 <- abaikan yang ini.

    BalasHapus
  8. Fire~ Fire~ berasa main GTA haha.

    Memerlukan konsentrasi dan konsisten dalam ngeblog itu kadang susah. Gimana, ya. Gitudeh.

    Btw, semoga project Uni lancar. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... main GTA katanya.

      Banyak belajar dan cari inspirasi biar nggak susah ngeblog :D

      Hapus

Good Ideas. Great Stories.

Feel free if you want to send an email to me and ask anything, or just to say hello!

hello@jungjawa.com

Copyright © jungjawa 2018