Day 10 #30DaysSaveEarth - Kita peduli, dia pun peduli

Tidak terasa sudah 10 hari aksi #30DaysSaveEarth dilakukan. Asik kan? Iya asik. Menyelamatkan lingkungan iya, hidup sehat iya. Nah hari ini ada sedikit pengalaman yang bakal saya bagikan. Saat ada diperjalanan, tadi siang.

Sudah umum dan sudah sering kita semua berbelanja. Betul? Namun apakah kita semua sedikit berpikir bahwa ada hal yang seharusnya kita pikirkan lagi. Kecil namun berguna walau hanya sebentar. Apa itu? Struk. Bagi yang sering berbelanja di minimarket tentu wajar menerima struk pembayaran seperti ini. Struk itu penting apabila diperlukan. Contohnya penyusunan laporan pertanggungjawaban tentang anggaran.

Namun kita yang belanja untuk kebutuhan sehari-hari tidak begitu perlu dengan benda satu ini. Sering membuang struk sewaktu keluar dari minimarket? Sudah menjadi pandangan umum apabila tempat sampah di minimarket penuh dengan struk belanja? Jika iya ini adalah masalah. Setidaknya 1 juta pohon dibutuhkan untuk produksi struk belanja selama satu bulan.

Mungkin harus ada teknologi pengganti yang lebih maju, efisien dan ramah lingkungan daripada penggunaan struk kertas ini. Iya ada, salah satunya adalah NFC (Near Field Communication). Belanjanya cukup dekatkan chip NFC ke detektor. Pembayaran melalui e-commerce. NFC sekarang sudah mulai diterapkan di beberapa Smartphone. Namun penggunaannya untuk kebutuhan sehari-hari masih belum umum. Ada yang memiliki ide untuk membuat teknologi dibidang ini? Ayo lakukan - #30DaysSaveEarth

Komentar

Popular Post

Pengalaman Pengembalian Dana (Refund) Tiket Pesawat di Traveloka

LOGO BARU PIZZA HUT

Sebenarnya, +62282 Ini Nomor Siapa Sih? Kok Misterius.