Day 11 #30DaysSaveEarth - Renewable Energy

Kebutuhan akan sumber energi dewasa ini semakin besar. Padahal sumber daya alam yang digunakan adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui seperti minyak bumi, batu bara maupun gas alam. Namun cadangannya masih berlimpah, tapi tetap saja suatu saat akan segera habis.

Dengan perkembangan yang cukup pesat di bidang teknologi maka saat ini mulai dikembangkan sumber energi yang dapat diperbaharui, efisien dan ramah lingkungan. Sumber energi tersebut antara lain, cahaya, gerak maupun panas. Cahaya contohnya adalah sinar matahari, menggunakan photovoltaic untuk mengubah sinar matahari menjadi energi listrik. Kemudian piezoelectric yang dapat mengubah energi gerak menjadi energi listrik. Jika setiap perkantoran, mall dan tempat umum menggunakan piezoelectric maka dapat dipastikan sumber energi tempat tersebut dapat memiliki "generator" sendiri.

Terakhir adalah thermoelectric, yang digunakan untuk mengkonversikan panas menjadi energi listrik. Sebenarnya masih banyak lagi, turbin angin misalnya. Atau panas bumi. Hanya saja pengembangan masih cukup mahal. Namun apa salahnya jika mulai dipelajari dan dikembangkan mulai saat ini? - #30DaysSaveEarth

Komentar

  1. mungkin jika di jalankan dengan serius proyek energi pembaharuan akan bisa di laksanakan..
    memang benar jika untuk saat ini penemebangannya masih membutuhkan biaya yang tinggi tapi jika semua bagian ikut berperan dalam perkembangan dan semua alat-alat tadi di produksi secara masalah kemungkinan besar mampu menurunkan biaya..
    just my opini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Generasi muda, belajar dan mengembangkan :)

      Hapus
  2. ia masih terhambat dengan dana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk pemerinahan mungkin iya. Tapi untuk kalangan akademisi sudah sering melakukan riset dan pengembangan. Diharapkan dapat langsung diaplikasikan di masyarakat. Tentunya juga harus mendapatkan dukungan yang penuh dari pemerintah :D

      Hapus

Posting Komentar

Popular Post

Pengalaman Pengembalian Dana (Refund) Tiket Pesawat di Traveloka

LOGO BARU PIZZA HUT

Sebenarnya, +62282 Ini Nomor Siapa Sih? Kok Misterius.