Kenali Lebih Dekat Gejala, Penyebab dan Pengobatan Batuk dari SehatQ.com



Batuk adalah suatu tindakan yang baik dilakukan secara sengaja atau tidak sengaja yang berfungsi untuk membersihkan tenggorokan dan saluran pernapasan dari partikel asing, mikroba, iritan, cairan dan lendir. Walaupun batuk bisa menjadi tanda penyakit serius, lebih sering batuk akan sembuh dengan sendirinya tanpa memerlukan perhatian medis. Meski begitu, jika seseorang sering batuk, hal ini bisa menjadi pertanda adanya penyakit.

Penyebab batuk

Batuk sebetulnya merupakan mekanisme tubuh untuk melindungi saluran pernapasan dari partikel-partikel yang terhirup. Berikut adalah penyebab dan pemicu batuk.

Virus

Pilek dan flu adalah penyebab batuk paling umum. Meskipun menggangggu, batuk ini akan membantu mengeluarkan lendir yang berisi kuman dari paru-paru. Sebagian besar, batuk seperti ini akan hilang dalam beberapa hari. Sedangkan untuk batuk kering akan berlangsung lebih lama sampai beberapa minggu atau bulan.

Alergi dan asma

Jika Anda mengalami alergi dan menderita asma, menghirup pemicunya seperti jamur akan menyebabkan paru-paru bereaksi secara berlebihan. Bahkan, meski Anda tidak memiliki alergi, pemicu seperti udara dingin, asap rokot, atau parfum yang kuat juga dapat memicu batuk.

Postnasal drip

Postnasal drip bisa berasal dari pilek, flu, infeksi sunus, alergi dan masalah lainnya. Hal ini bisa menyebabkan lendir menetes dari hidung ke tenggorokan dan membuat Anda batuk.

Asam lambung

Saat perut Anda terasa mulas, asam lambung akan naik ke tenggorokan. Asam lambung ini dapat mengiritasi tenggorokan, pita suara, dan tenggorokan yang membuat Anda batuk.

Merokok

Merokok dapat melemahkan saluran napas (saluran bronkial) dan alveoli yang berfungsi untuk mengalirkan oksigen ke dalam darah dan membuang karbon dioksida.

Kapan harus berkonsultasi ke dokter?

Jika batuk terus berlanjut selama 3 minggu tanpa membaik, sebaiknya langsung kunjungi dokter.

Pada kasus kebanyakan, tidak ada masalah serius yang menyebabkan batuk. Tetapi dalam kasus yang jarang terjadi, batuk jangka panjang bisa menjadi tanda dari penyakit yang serius, seperti kanker paru-paru atau gagal jantung,

Anda perlu segera berkonsultasi kepada dokter jika mengalami hal berikut ini:
  • Batuknya semakin parah
  • Ada pembengkakan atau benjolan di daerah leher
  • Penurunan berat badan
  • Batuk parah
  • Kesulitan menelan
  • Perubahan permanen pada suara
  • Batuk darah
  • Sulit bernafas
  • Nyeri dada
  • Demam yang tidak kunjung membaik

Cara mengobati batuk

Cara terbaik untuk mengobati batuk yang disebabkan oleh infeksi virus adalah dengan membiarkan sistem kekebalan tubuh menanganinya. Jika sistem kekebalan tubuh baik, batuk akan hilang dengan sendirinya.

Selain itu, beberapa perawatan di rumah juga bisa dilakukan untuk mengatasi batuk, seperti:
  • Banyak minum air
  • Kumur dengan larutan air hangat dan garam untuk menghilangkan lendir
  • Menghindari pemicu alergi seperti debu dan asap
  • Minum minuman hangat seperti teh dengan madu dan jahe
  • Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi
Anda juga bisa mengonsumsi obat batuk yang dijual bebas di apotek untuk melegakan tenggorokan dan meredakan hidung tersumbat. Namun, jika Anda ragu atau belum paham obat apa yang seharusnya dikonsumsi, Anda bisa membuka situs SehatQ untuk mencari informasi artikel terkait obat-obatan yang aman untuk dikonsumsi.

Jika batuk tidak kunjung membaik, SehatQ juga menyediakan fitur Chat Dokter yang memudahkan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter. Saran saya, sebaiknya Anda melakukan chat dengan dokter terlebih dahulu melalui situs SehatQ. Selain itu situs SehatQ juga menyediakan banyak informasi tentang daftar penyakit seperti batuk.

Komentar

Popular Post

Pengalaman Pengembalian Dana (Refund) Tiket Pesawat di Traveloka

LOGO BARU PIZZA HUT

Sebenarnya, +62282 Ini Nomor Siapa Sih? Kok Misterius.