Perbedaan Asuransi Kesehatan Pemerintah dan Swasta

 




Ada banyak sekali jenis asuransi yang bisa Anda dapatkan saat ini, salah satunya adalah asuransi kesehatan. Jenis asuransi satu ini begitu direkomendasikan untuk Anda pakai karena memiliki manfaat yang sangat beragam. Namun tidak semua orang memahami hal ini dengan baik. Kebanyakan dari mereka justru menyepelekannya dan tidak menganggap asuransi sebagai hal yang penting.

Pada dasarnya semua jenis asuransi adalah sama. Namun jaminannya yang akan berbeda beda. Sejauh ini ada berbagai jenis asuransi bidang kesehatan yang bisa Anda dapatkan. Sehingga Anda hanya perlu memilih provider asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemudian mendaftarkan diri di dalamnya.

Di negara-negara maju, asuransi kesehatan ini menjadi hal yang wajib dan mutlak untuk dimiliki. Pasalnya mereka tahu betul manfaat dari kepemilikan asuransi satu ini. Sayangnya di negeri kita tidak semua orang mempertimbangkannya. Entah karena kurangnya penyuluhan dari pemerintah atau karena merasa asuransi seperti ini tidak penting.

Untuk Anda yang hendak mengambil asuransi satu ini, sangat penting untuk memahami pengertiannya tersebih dahulu. Apa itu asuransi kesehatan? Apa pula bedanya dengan jenis asuransi lain? Apa saja manfaat dari jenis asuransi satu ini. Pertanyaan tersebut pastinya pernah terbersit di kepala Anda bukan? Dengan memahami pengertiannya, Anda juga bisa lebih mudah untuk memahami manfaatnya.

Asuransi kesehatan adalah jaminan pembiayaan kesehatan yang diberikan kepada Anda. Besaran dari pembiayaan ini disesuaikan dengan premi atau pembayaran yang Anda lakukan setiap bulannya. Jenis asuransi satu ini disediakan oleh perusahaan penyedia asuransi. Ada yang berasal dari swasta, ada juga yang berasal dari pemerintah.

Anda hanya perlu memilih jenis asuransi apa yang ingin Anda dapatkan. Bahkan tak jarang ada orang yang memiliki keduanya. Dengan memiliki asuransi satu ini, Anda bisa terhindar dari biaya perawatan dan pengobatan yang sangat besar di Rumah Sakit. Namun tentunya ada beberapa kewajiban yang harus Anda penuhi untuk mendapatkan jaminan pembiayaan tersebut.

Seperti sudah kami paparkan pada paragraf sebelumnya, ada dua jenis asuransi yang bisa Anda dapatkan. Diantaranya adalah asuransi dari pemerintah, ada juga asuransi yang berasal dari pihak swasta. Asuransi kesehatan yang diberikan oleh pemerintah saat ini dikenal dengan nama BPJS Kesehatan.

Semua penduduk Indonesia diwajibkan untuk memiliki asuransi satu ini. Bahkan mereka yang tidak memilikinya akan dikenai denda karena dianggap tidak mengikuti regulasi yang sudah diatur oleh pemerintah. Asuransi kesehatan yang berasal dari pemerintah ini bersifat wajib bagi seluruh rakyat dan ada tiga kelas yang bisa dipilih.

Pertama kelas satu, kelas dua dan kelas tiga. Perbedaan dari ketiga kelas ini adalah jenis jaminan kesehatan yang diberikan, limit biaya pengobatan, dan tentunya nominal premi yang harus dibayarkan. Semakin tinggi kelas yang dipilih, akan semakin besar juga premi yang harus Anda bayarkan.



Sedangkan untuk asuransi dari pihak swasta, ada banyak yang melakukan penawaran. Jadi Anda bisa mencari jenis asuransi yang terbaik. Hal yang harus Anda pertimbangkan adalah besaran premi yang harus Anda bayarkan setiap bulan, serta jenis jaminan kesehatan apa yang Anda dapatkan saat mengikutinya.

Jika ingin mencari asuransi pastikan di perusahaan asuransi kesehatan anak terbaik 2018 yang pastinya memiliki track record baik. Jangan lupa selain proteksi diri sendiri juga proteksi untuk keluarga terutama asuransi untuk anak berupa asuransi pendidikan.

Komentar

Popular Post

Pengalaman Pengembalian Dana (Refund) Tiket Pesawat di Traveloka

LOGO BARU PIZZA HUT

Sebenarnya, +62282 Ini Nomor Siapa Sih? Kok Misterius.