PROSES TRANSMISI DATA DENGAN INTERNET SERAT OPTIK DAN KELEBIHANNYA




Internet fiber adalah sebuah paket layanan internet yang menggunakan teknologi jaringan fiber yang memiliki kapasitas bandwith lebih besar dengan kecepatan transmisi data yang dapat mencapai gigabit per second (Gbps) serta kualitas jaringan yang terjamin. Teknologi ini banyak digunakan dalam saluran komunikasi, terbuat dari bahan kaca atau plastik halus yang memiliki diameter 120 mikrometer, lebih kecil dari rambut manusia sebagai media transmisinya. Proses transmisinya dapat dilakukan dengan kecepatan yang sangat tinggi karena menggunakan sistem pembiasan cahaya.

Mekanisme Internet Menggunakan Jaringan Fiber Optik

Cara kerja fiber optik untuk menyebarkan data adalah dengan mengkonversikan aliran listrik menjadi aliran cahaya sehingga tidak akan terganggu oleh gangguan elektromagnetik. Untuk dapat mentransmisi data dengan kecepatan yang optimal, fiber optik menggunakan serat kaca untuk mendapatkan refleksi cahaya yang tinggi. Efisiensi dari fiber optik dipengaruhi oleh kemurnian bahan, semakin murni maka penyerapan cahaya semakin sedikit sehingga refleksi cahaya semakin tinggi dan kecepatan transmisi data juga menjadi lebih tinggi.

Selain transmisi data yang super cepat, fiber optik juga memiliki kelebihan dapat mentransmisikan data dalam radius yang jauh meskipun tanpa penguat sinyal, tahan terhadap cuaca dan karat. Fiber optik juga memiliki ukuran yang kecil dan fleksibel, tidak mengalami gangguan oleh gelombang elektromagnetik, tidak berisiko mengalami konsleting listrik, serta memiliki tingkat keamanan yang tinggi karena minim distorsi.

Demi memenuhi kebutuhan akan internet yang super cepat dan stabil, IndiHome juga menyediakan layanan digital yang menggunakan teknologi fiber optik sehingga transmisi data dan aksesnya memiliki kecepatan optimal. Terdapat beragam pilihan paket internet yang kami sediakan sesuai dengan kebutuhan internet anda, seperti paket 3P untuk internet, telpon dan TV serta paket 2P untuk internet, telpon atau internet, TV.

Kegiatan stay at home juga akan lebih menyenangkan dengan akses internet yang cepat serta stabil, anda bisa download game bola dan bermain PES bersama dengan keluarga atau teman sepuasnya. Koneksi internet tidak akan lagi menjadi gangguan sehingga kegiatan gaming online anda tidak akan mengalami lag ataupun jaringan lemot.

Komentar

Popular Post

Yuk Kenalan dengan Berbagai Jenis Power Plant yang Ada di Indonesia

Pengalaman Pengembalian Dana (Refund) Tiket Pesawat di Traveloka

FONT UNTUK NUANSA RAMADHAN DAN IDUL FITRI