Masuk Trimester Kedua? Ini Informasi Penting Untuk Ibu Hamil



Sebagian besar ibu hamil mengatakan kehamilan trimester kedua adalah masa yang paling menyenangkan. Di usia ini ibu hamil tidak lagi merasa pusing, mual, mutah, dan mudah lelah. Energi ibu hamil kembali seperti sedia kala dan sanggup memakan apa saja. Namun, ada beberapa hal yang patut diperhatikan.

Hindari Diabetes Gestasional

Di seputar kehamilan trimester kedua ibu hamil harus memperhatikan asupan makanan sehari-harinya. Kendalikan berat badan dengan baik, hindari obesitas. Setiap hari anda perlu menambah kalori pada makanan anda. Setidaknya 340 kalori sekali makan. Jangan makan sembarangan. Porsi kabohidrat tidak boleh berlebihan.

Lebih baik 340 kalori tersebut dipenuhi dengan porsi protein yang lebih besar, bukan dari makanan yang melulu karbohidrat. Selain itu, anda perlu juga mengonsumsi serat, zat besi, kalsium, omega 3, vitamin C dan vitamin D yang lebih banyak. Jangan mengonsumsi terlalu banyak makanan dan minuman manis. Ini bisa membuat bayi anda lahir dengan berat badan berlebih.

Apabila anda tidak memperhatikan diet anda pada saat kehamilan memasuki trimester kedua, maka anda berpeluang mengalami diabetes gestasional, yaitu gula darah tinggi pada masa kehamilan dengan gejala rasa haus berlebihan, sering buang air kecil, pertambahan berat badan yang tiba-tiba dan signifikan, kelelahan, dan mendengkur saat tidur. Atau, bisa pula anda mengalami preeclampsia dengan gejala tekanan darah tinggi, pembengkakan pada wajah dan tangan dan pandangan mata yang kabur.

Pemeriksaan USG dan Dokter pada Usia Kehamilan antara 18-22 Minggu

Pemeriksaan USG pada usia kehamilan 18-22 minggu penting dilakukan agar dokter dapat melihat perkembangan janin anda dan keadaan kesehatan ibu hamil secara menyeluruh. Dokter akan memeriksa perkembangan organ janin, mengukur cairan ketuban, menimbang berat badan anda, tinggi rahim anda, tinggi fundus dan detak jantung janin. Semuanya silakukan untuk memastikan ibu dan janin sehat.

Dokter juga akan meminta anda melakukan tes gula darah di seputar kehamilan trimester kedua ini. Ini untuk memastikan apakah anda memiliki gula darah yang terlalu tinggi atau tidak. Jika anda positif mengalami diabetes gestasional, maka dokter akan mengarahkan anda untuk mendatangi ahli gizi untuk membantu anda membuat rencana daftar menu makanan sehari-hari, agar gula darah anda tetap terkontrol selama hamil dan janin yang anda kandung tidak terpengaruh.

Komentar

Popular Post

Pengalaman Pengembalian Dana (Refund) Tiket Pesawat di Traveloka

LOGO BARU PIZZA HUT

SAMUDRA!