Langkah-langkah Memulai Presentasi



Pentingkah presentasi dengan menggunakan Bahasa Inggris? Beberapa orang mungkin pernah bertanya-tanya dengan kalimat demikian. Memang, tidak menjadi hal aneh apabila sebagai orang Indonesia, kenapa kita harus bersusah-susah menggunakan bahasa Inggris dalam presentasinya? Namun, apabila kita menilik pada sebuah kenyataan yang mana adalah kita sudah masuk di era globalisasI, tentu hal ini bukan menjadi pertanyaan lagi. Di zaman ini, pasar bebas mulai dibuka. Segala macam orang dari seluruh dunia bisa bersaing untuk bekerja di Indonesia. Jadi, masih mau menjadi manusia yang begitu-begitu saja?

Presentasi dengan menggunakan bahasa Inggris menjadi hal yang sangat penting karena memang bahasa Inggris adalah bahasa yang global. Seluruh dunia menjadikan bahasa Inggris sebagai acuan bahasa ketika mereka berkunjung dari satu negara ke negara lain. Jadi, apabila kita bisa menyampaikan presentasi dengan menggunakan bahasa Inggris, bukankah hal itu akan sangat membantu kalian dalam mengembangkan potensi dan juga memperluas informasi yang kalian sampaikan? Baiklah, tanpa perlu berlama-lama lagi, mari kita jabarkan apa saja tips-tips dasar presentasi bahasa Inggris yang harus kalian ketahui bersama :

1. Jangan Lupakan Kalimat Pembuka

Dalam presentasi menggunakan Bahasa Inggris, tahapan dalam melakukan presentasi tentu sangat diperhatikan sedetail mungkin. Oleh karena itu, tips dasar ketika melakukan presentasi bahasa Inggris, ada baiknya kita tidak lupa untuk menggunakan kalimat pembuka. Adapun kalimat pembuka yang biasa digunakan ketika melakukan pembukaan presentasi Bahasa Inggris adalah sebagai berikut :

  • Good Morning, Thank you for coming to this presentasi. An honor to meet you here
  • Assalamualaikum Wr. Wb. I would like to say thank you for coming in my presentasion. It’s great to see you all.
  • Good Morning, Ladies and gentlemen. I’m glad to see you all.

2. Perkenalkan Dirimu

Audience tidak akan notice dengan siapa dia berdiskusi. Oleh karena itu, jangan pernah lupa untuk memperkenalkan dirimu ketika hendak melakukan presentasi entah itu bahasa Inggris ataupun Indonesia. Adapun contoh perkenalan diri yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut : 

  • Let me introduce myself. My name is Farkhan, and i am from Chicago… 
  • Okay, Let me introduce my self and my partner. I am Febri Dwi Cahya and my partner Is Rahmat Mulyana, We are from Chiki Chitos Company… 
  • Let me introduce ourselves. I am Dicky, next to me is Raka, and the lady in red is Rose…

3. Jelaskan maksud dan tujuanmu

Jadi, sebelum audience benar-benar akan menelan habis materi presentasi yang hendak kalian sampaikan, terlebih dahulu kalian berikan suguhan tentang maksud dan tujuan kalian melakukan presentasi dengan menggunakan bahasa Inggris ini. Hal itu jelas akan membantu audience untuk memahami kira-kira apa saja pokok bahasan yang akan kalian bahas di depan sana, dan audience sudah menyiapkan diri untuk menerima materi. Selanjutnya, mungkin berikut contoh kalimat berbahasa Inggris yang bisa kalian ucapkan ketika hendak menyampaikan maksud dan tujuan kalian dalam melakukan presentasi. 

  • The purpose of the presentation is … 
  • Please look at the picture. Okay? Can you see the picture? What do you see in the picture? Nice, we will continue to finding out what is going on there. 
  • Okay my friend, in this presentation we will discuss about…
Itulah beberapa poin penting yang harus diperhatikan ketika akan melaksanakan presentasi, hal ini juga bisa dipraktikan sendiri sebagai cara belajar Bahasa Inggris bagi pemula. Jangan tunggu kesempatanmu untuk presentasi bahasa Inggris ketika sudah lancar tapi latihanlah dari sekarang.

Komentar

Popular Post

Pengalaman Pengembalian Dana (Refund) Tiket Pesawat di Traveloka

LOGO BARU PIZZA HUT

Sebenarnya, +62282 Ini Nomor Siapa Sih? Kok Misterius.