Jangan Lupa Lapar


"Dia mulai lapar"
Masih ingat nggak sih? Ada iklan lokal yang dengan epic banget ngomongin seseorang yang lagi lapar dan ngomel sampe bikin temen-temennya kesel. Nah, dari situlah jadi rame kalo ada yang ngomel-ngomel itu artinya dia lagi lapar. Bahkan kalo kita nggak fokus dengan suatu hal, kita dianggap 'mulai lapar'.

Ya karena orang lapar, cenderung emosinya nggak normal dan bawaan nya pengen ngomel. Salahin glukosa aja deh kalo ada yang lagi laper dan marah-marah. Karena kadar glukosanya yang turun, makanya dia butuh yang manis agar rasa marahnya berkurang.

Tapi, apakah selamanya kita harus kenyang sih? Padahal ada saat yang tepat bagi kita untuk nggak melupakan rasa lapar. Sayangnya, kalo udah kenyang, kita seringkali lupa dan terlena. Eh, ini bukan ngomongin lapar dan kenyang yang sebenernya loh ya. Tapi dalam arti kiasan. Gitu.

Baca juga: Apa Artinya Kenyamanan dan Kesempurnaan?

Salah satu nilai yang gue percaya ketika lapar adalah 'lack of access'. Ketika lapar, kita memiliki kekurangan akses untuk memuaskan rasa lapar yang ada. Kenyataannya, kita cenderung mencari cara untuk melewati barrier atau batasan yang menghalangi kita untuk menjadi kenyang.

Kenapa gue percaya dengan 'lack of access'?

Semasa kuliah, gue pernah bergabung dengan sebuah tim dan bekerja pada sebuah project untuk berkompetisi. Karena fasilitas laboratorium dari kampus yang terbatas, kami sadar dan enggan menuntut yang lainnya. Lebih baik kami fokus untuk bekerja dengan fasilitas yang udah ada. Nggak perlu manja karena dewasa adalah kematangan untuk mengendalikan ego.

Ya, tentu kami berusaha keras untuk mewujudkan project yang kami kerjain. Walaupun kami sebenarnya ya emang lapar banget. Lapar fasilitas dan pengen banget punya sarana dan prasarana yang memadai.

Akhirnya, dengan rasa lapar yang hebat. Project kami mampu bersaing untuk mengikuti kompetisi tersebut. Usaha yang membuahkan hasil ya dari rasa lapar tadi.

Lack of access

Kalo lapar, gue sering kurang fokus. Tapi rasa lapar ngasih tau bahwa ada banyak hal yang harusnya dilakukan dengan segera. Mengingatkan tentang project yang perlu dikerjakan.

Pengalaman rasa lapar dibanyak hal bisa kita manfaatin biar punya mindset yang bagus. Seorang pemburu tentu sudah mengalami banyak sekali kelaparan dalam hidupnya. Sehingga ia akan tahu, waktu dan tempat yang tepat untuk menemukan rusa buruannya.

bagusnya-lapar-biar-mikir
via www.picturequotes.com


Rasa lapar bisa kita asah untuk menjadi skill. Tentu dengan menjadikannya skill yang berguna dan dimanfaatkan untuk orang lain akan jauh lebih baik. Tim sepakbola misalnya, untuk mengikuti sebuah kompetisi, mereka pasti haus akan gelar dan lapar untuk menjadi juara. Itulah yang mendorong mereka untuk berjuang memperebutkan gelar juara.

Baca juga: Berhentilah Marah-marah, Mulailah Bersabar

Apalagi kalau kamu bekerja disebuah startup, mulailah rasa laparmu dengan mengerjakan project kecil sendiri. Membuat sebuah milestone seperti bagaimana akuisisi pengguna pertama, kemudian dilipatgandakan menjadi 100 pengguna, 10.000 pengguna dan seterusnya. Rasa lapar akan mendorong kita melebihi ekspektasi yang kita miliki.

Rasa lapar selalu kita hadapi mulai dari pagi sampai malam. Tapi jangan sampai lupa, ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari kelaparan yang kita rasakan setiap hari. Tentu saja, rasa lapar nggak bisa kita selesaikan dengan ngetwit 'Duh, laper nih'

Kecuali ada gebetan yang nganterin sekotak martabak manis 5 menit kemudian. Hehehe.... :p

Komentar

  1. Setujuuuuu. Rasa 'lapar' itu mungkin bisa juga disamakan dengan kesadaran penuh bahwa belum hebat, dan pengen belajar lagi. Pengen membuahkan hasil yang bahkan bisa melebihi ekspetasi kita. Kita jangan cepat puas, dan jangan cepat 'kenyang'. Eh gitu nggak sih. :D

    BalasHapus
  2. Hahahahhaha, pokoknya kalau lapar bawaannya nggak fokus. Tapi kalaus udah kenyang juga bawaannya pengen tidur *eh :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aahaha bener banget mas. Mangan udud turu~

      Hapus
  3. 'pengalaman di rasa lapar'. duh, jadi lapar nih. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasa lapar yang bikin ndak lapar mungkin ada loh mbak Hahaha

      Hapus
  4. Duh jadi lapar nih, lah!!

    Kalau lapar bawaanya pengen makan deh aku xD

    BalasHapus
  5. Jangan lupa Lapar, dan jangan lupa bayar.

    BalasHapus
  6. Owh berarti lapar disini artinya kayak pengen banget gitu ya. Hmmm.... Ya tapi tergantung kita juga sih. Enggak selamanya lapar itu diatasi dengan cara yg positif. Pasti ada aja yg negatif, contohnya kalo laper, bisa aja jadi pencuri, pengemis dll. Yagaksih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya jangan sih kalo kayak gitu. Berarti ada yang salah kalo punya rasa lapar tapi malah turning to negative kek gitu.

      Hapus
  7. Hihihihi bisa ajaaa nih ya :D rasa lapar dalam artian yang lain :))

    BalasHapus
  8. Mulai lapar-mulai lapar haha...#adaakua wkwkwk

    BalasHapus
  9. Perihal rasa lapar, terkadang istilah "Lapar sensitif, kenyang bego" itu ada benarnya.
    Lapar = sensitif, maksudnya mungkin sensitif untuk segera bergerak mencari, berusaha mencari makan, seperti perihal pemburu tadi. Dia sudah merasakan ribuan jenis kelaparan tapi tetap saja bertahan. Ya karena rasa lapar bisa membuat manusia lebih kreatif dalam segala upayanya mencari makanan atau untuk memuaskan rasa laparnya~

    BalasHapus
  10. Lapar itu emang adalah salah satu bentuk motivasi. Kalau di psikologi, ada yang namanya Drive-Reduction Theory. Intinya lo punya dorongan kuat (drive) yang membuat lo berusaha keras untuk menguranginya (reduce). Contognya lo laper (dorongan kuat buat makan). Yaudah, lo ngambil Snickers biar dorongan laper lo berkurang, hehe. #BaruBelajar #SekalianReviewMatkulDiBlogOrang #wk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini, yang ngerti udah sedikit ngejelasin.

      Hapus
  11. Kalau ane udah lapar, bawaannya sakit kepala.. Nah kalo udah sakit kepala, harus makan kemudian tidur...

    Jadi paling dihindari waktu ngerjain proyek, lapar. Haha

    BalasHapus
  12. saga itu klo udah laper mulai lemes. klo lemes susah fokus dan akhirnya jadi mengantuk. untunglah masih bisa laper jadi makannya bisa nikmat

    BalasHapus
  13. duh kalo lapar bisa ganggu aktivitas apapun termasuk tidur. gak nyaman aja gitu kalo asik tidur trus dibangunin rasa lapar.. mata berat dibuka, musti jalan ke dapur, blah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jalan kedapur tapi ndak sampe dapur. Blah...

      Hapus
  14. 'The power of hungry', asal halal aja mas.. soalnya banyak yang setelah ditangkap, digebukin bilangnya, 'saya lapar om'. :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Post

LOGO BARU PIZZA HUT

Pengalaman Pengembalian Dana (Refund) Tiket Pesawat di Traveloka

Yuk Kenalan dengan Berbagai Jenis Power Plant yang Ada di Indonesia