Review ASUS X450JB: Great Performance, But Wait... | Good Ideas. Great Stories.
Review Asus X450JB


Bagi saya, laptop bukan urusan sepele. Jika bukan karena kebutuhan spesifikasi untuk komputasi, saya paling malas ketika harus memindahkan data dari storage lama ke device yang baru. Ingin rasanya saya terus menggunakan Acer Aspire 4743 yang sudah berumur lebih dari 4 tahun. Walaupun laptop model lama, saya masih menyukai performa dari prosesor yang dimilikinya.

But, ketika akhirnya harus memilih laptop, saya menjatuhkan pilihan kepada Asus X450JB. I have to say, menemukan review laptop ini memang susah. Yah, pada akhirnya saya harus terjun langsung ke lapangan untuk menjumpainya.

At first sight, desain dari laptop ini memang benar-benar kokoh and absolutely cool. Pretty damn cool. Sangat nyaman rasanya membawa laptop ini walaupun hanya dengan satu tangan. Hanya saja, saya sedikit kecewa dengan desain konsentris pada bagian cover. Sebab, bagian cover akan mudah sekali tergores jika saya memasukkan laptop ke dalam tas bersama dengan benda lain seperti kunci atau penjepit kertas skripsi. Jika boleh memberikan masukan, saya prefer kepada Asus A455 untuk bagian cover.

Clear and Powerful Sound

Jujur, saya harus mengakui kualitas SonicMaster yang dibenamkan oleh Asus di X450JB dengan dua jempol ke atas. Ada momen lucu ketika pertama kali saya menggunakan laptop ini. Saya sama sekali tidak menemukan lubang speaker. Itu adalah momen yang paling menggelikan!

Teman saya pun heran mengapa tidak ada lubang speaker pada laptop ini, namun kualitas suara terdengar begitu jernih meskipun level volume sudah saya set pada level tertinggi. Akhirnya asumsi sederhana pun muncul: suaranya terdengar melalui keyboard!


Update: Thanks to Pandu Dryad karena sudah ngasih tau saya posisi speaker dari laptop ini. Jadi, Asus memang sedikit tricky untuk peletakan dari speakernya, sehingga agak susah bagi orang awam (seperti saya) untuk menemukannya.

Posisi speaker sendiri berada di bagian bawah display dan segaris dengan bagian bawah laptop. Susah kan? Soalnya nyempil banget.

Well Performance of i7-4720HQ

Alasan utama saya memilih X450JB adalah spesifikasinya yang cukup tinggi untuk kegiatan komputasi. Prosesor Intel Core i7 4720HQ Generasi 4 Haswell dengan clockspeed up to 3.6GHz membuat saya tergila-gila dengan performa yang ditawarkan. Oh iya, walaupun masih menggunakan generasi keempat, prosesor ini sama dengan yang digunakan oleh kebanyakan notebook gaming ROG dari Asus seperti ROG G751JY. For sure, work perfectly for Dota 2!

Hal penting dari prosesor Intel adalah penamaan seri prosesornya. Mungkin kamu perlu tahu banyak tentang seri prosesor Intel sehingga dapat memilih sesuai kebutuhan yang tepat.

Beberapa laptop model baru lebih menekankan kepada desain low-power sehingga dapat membuat desain laptop yang lebih tipis, seperti ultrabook. Namun, jangan berharap lebih pada performa yang ditawarkan. Prosesor low-power seperti i7-5500U tidak dapat dibandingkan dengan i7-4720HQ. Kalo kata orang, nggak apple to apple.

True 2 Second!

Yes, definitely yes! I really like this feature. Seringkali saya meninggalkan laptop dalam keadaan sleep atau saya hanya menutup cover lid untuk kemudian saya tinggalkan sesaat. Secara kasar memang benar tidak sampai 2 detik untuk kembali ke mode stand by.

Apalagi jika menggunakan Windows 10, proses booting pun tergolong cukup singkat (pssstt.. padahal laptop ini masih menggunakan disk HDD, bukan SSD loh). Namun sayangnya, hanya ada satu port USB 3.0 yang terpasang di sisi kiri. Sebenarnya saya butuh lebih dari satu, tapi ah yasudahlah...

Non-removeable battery

I hope you like it. Laptop lama milik saya masih menggunakan baterai yang bisa dilepas. Apalagi baterai originalnya sudah drop dan harus diganti dengan baterai baru. Sempat sedikit khawatir jikalau nanti X450JB ini akan bernasib sama dan yang bikin pusing adalah baterainya yang tidak bisa dilepas. Ya, itu masalah nanti deh.

Know Your Need

At the end, X450JB memang tidak menawarkan desain yang capture-able. Tapi bukan berarti nggak Instagram-able loh ya. Bisa dibilang, laptop ini nggak worth it jika hanya digunakan untuk browsing. Sebab, laptop ini memang boros baterai jika dibandingkan dengan beberapa laptop yang menggunakan prosesor low-power. Selain itu, nggak setipis dan seciamik Macbook milik Apple.

Oh iya, satu lagi, supaya lebih detil tentang penjelasan prosesor Intel, kamu bisa buka Ark Intel. Di sana dijelaskan secara lengkap tentang spesifikasi prosesor mulai dari litography, feature sampai Thermal Design Powernya.

Masalah harga, kamu bisa cek MatahariMall atau bisa juga ke Lazada. Beberapa waktu yang lalu, saya cek harga di sana sekitar 9 juta-an. Gimana? Tertarik nggak?

So, yeah X450JB still awesome with great performance. But wait, are you going to get one too?

Komentar 53

Sampaikan pendapatmu di sini:

  1. Abis baca tulisan ini, gua jadi tau kalo keyboard bisa ngeluarin suara juga bagai lubang speaker. Dari dulu gua cuma tau kalo keyboard cuma bisa nyala kelap-kelip, tapi sekarang jadi tau kalo bisa ngeluarin suara juga. Nice review, Dude!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah saya malah kepengen banget sama backlight keyboard. Tapi, ya itu agak gimana gitu kalo ngerasain keyboard yang bisa nyala-nyala :))

      Hapus
  2. Asus X series dan intel i7 seri HQ, mantap dah untuk multitask, atau game-game sekarang. Laptop asus yang gue pake, batre udah soak karena suka panas. Settingan dual-VGA nya suka keubah ke NVIDIA default, jadi gitu deh. Kalo tetep posisi intel HD nggak cepet panas kok walau i7 seri HQ juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oiya, masalah VGA. Gue rasa emang bener bikin cepet panas kalo teteup make Nvidia. Ya secara gitu bisa diliat power consumptionnya.

      Btw, itu kenape kok setting dual-vga nya suka ke default NVIDIA bro?

      Hapus
  3. ah, asus :D hampir semua temen-temen kelasku kalau lagi kumpul dan nugas bareng gitu pasti laptopnya asus semua wkwkw :D

    Buat masalah suara yang keluar dari keyboard, itu semua laptop asus ya ? soalnya ini laptopku baru aku cek ndengerin lagu, kayaknya bener suaranya keluar dari keyboard deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata enggak dari keyboard bro. Tapi di bawah display. Nyempil dikit speakernya.

      Hapus
  4. hmm, nice review bro. tapi, non removable battery? apa bagus kayak gitu? gampang panas kan tuh kalau unremoveable..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok bisa gampang panas? Sejauh ini gw belum pernah nemuin korelasi antara non-removable dan nggak, terkait suhu operasional.

      Sejauh yang gue tau, suhu itu pengaruhnya antara lain dari kerja prosesor, fan, air circulation dan komponennya. Bukan jenis pemasangan baterainya. CMIIW

      Hapus
  5. Oh, bagus juga ya Asus. Kalo gue pengguna Acer, Rif. Hahaha (padahal gak ada yang nanya).
    Serius itu suaranya dari keyboard? Muahaha. Gokil!

    Batere gue juga udah drop. Alhasil sekarang geletakin di rumah doang. Copot batere melulu. Gak pernah dibawa ke mana-mana. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, agak ribet tuh kalo baterainya drop yog. Yayaya~

      Hapus
  6. Ini saya baru beli laptop ini. Tapi kok pas saya tekan tombol power ga nyala ya? Apa karena DOS atau gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo DOS mesti install windowsnya dulu bro. Coba diinstall dulu.

      Hapus
  7. Asus X450JB yg ane beli seminggu lalu bagian palm rest (kanan & kiri) seperti ada getaran yang ganggu gitu. Apakah punya ente gitu juga gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Getaran gimana bro? Kalo cuman nyetrum dikit mah biasa. Oke, soalnya aluminium. Kalo geter nggak ada. So far, fine aja kok.

      Hapus
    2. Kalo masalah nyetrum punya ane jg nyetrum bro kadang2 haha. Ini getaran kyknya sumbernya dari hard disk sebelah dah. Mau ane bawa ke asus SC, moga-moga bisa sehat lagi

      Hapus
    3. Yup bro, emang sih kelemahan laptop ini kan materialnya alumunium yang katanya Keeps Palm Rest Cool, kalo grounding listriknya bermasalah bisa nyetrum. Gak bener emang.

      Hapus
  8. Reviewnya lucu hahaha..
    Tapi kok ga ada harganya sih? Kan penasaran ya baca heee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalo pake harga bisa jadi promosi. Kan ini bukan artikel placement. Cuman sekadar review aja :D

      Hapus
  9. Kok asus450jb ane suka mati mendadak ya ? dari 3bulan pertama, uda bawa ke servis center ganti mobo, tp ampe skarang kadang suka mati, mnurut agan gmn cara mengatasinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. OSnya pake Windows bro? Win berapa, 10, 8 apa 7? Tebakan gw sih si x450 jb sering bermasalah sama power statenya. Solusinya sih pake W7 aja kalo mau.

      Hapus
    2. hallo gan, menanggapi komen Mas Bro Arif, kamu pake OS win berapa? thanks bro

      Hapus
    3. Kalo saya Win10 so far baik-baik saja.

      Hapus
  10. gimana baterainy kang?masih normal atau udh ngdrop?..

    BalasHapus
    Balasan
    1. gan...klo main game berat, temperature max nya berpa?...kli aja agan pernah nyobain main gta v...

      Hapus
    2. Belum pernah GTA V. Tapi gue make buat komputasi bisa sampe 95'C. Tinggi gak tuh? Batas normalnya sampe 100'C

      Hapus
  11. gan..kira2 baterai x450j atau x450jf bisa dpakai di x450jb?

    BalasHapus
  12. Rencana habis lebaran mau beli nih laptop, so far gimana bro?

    BalasHapus
  13. berapa lama penggunaan batterainya di asus x450jb ini? saat nugas dan games

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya lumayan lah bro, kalo cuman browsing bisa sampe 2 jam. Kalo ngegame, nggak disaranin pake baterai. Mending langsung arus listrik dari charger aja.

      Hapus
    2. Bro Arif, kan battery nya tanam.. Pas nge game bisa di setting pindah ke arus listrik gitu? Trims bro

      Hapus
    3. Wah setahu saya, selama ini nggak bisa disetting gitu bro.

      Hapus
    4. owh maksudnya (balasan utk bang Adhit) itu sistem cut off ya bro? (charge baterry 100%, langsung pindah arus listrik gt ya bro)

      Hapus
    5. bisa sampai 3 jam lebih kalau pakai mode Power Saver (dari Control Panel). Kalau game gak terlalu lama, paling lama sejam, sambil charge aja. Tapi, charge dulu sampai penuh atau paling tidak 95%, cabut charger, terus pasang lagi, nanti ada keterangan "Plugged in, not charging", entar baterai gak ngisi, jadi aman hehe

      Hapus
    6. Nah, iya bener. X450JB emang boros baterai kalo Mode Balanced sama Max Performance. Power Saver ngaruh banyak sih, terutama kalo cuman dipake browsing ringan. Hehehe...

      Hapus
  14. bro laptop gue X450JB juga, kalau main game baru 1 jam kan baterai habis lha kalau main kan sambil di cas, lha waktu baterai udah full itu lebih baik dicopot dari charger atau biar nancep terus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar nancep aja bro. Gapapa, kalo dilepas, kasihan baterainya dan performa gamenya jadi kurang maksimal.

      Hapus
  15. Gan, ane ada laptop yang x450jf, katanya kalo pake windows 10 bootingnya lebih cepet, tapi yg ane rasain kok malah lebih cepet di 8.1 ya ketimbang di 10, ane baru upgrade sih, apa ada program atau driver yg kurang ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Win10 lebih cepet bro. Feelnya dapet. Cuman sampe saat ini ane masih di Win7. Gara-gara kerjaan jadi masih belum bisa ke Win10. Ntar kalo udah ke Win10, ane coba apdet artikel deh.

      Hapus
  16. Gak usah terlalu takut baterai cepat bocor karena garansi baterai laptop Asus yang tertanam itu sama dengan garansi unitnya (2 tahun). Jadi, kalau baterai rusak kurang dari 2 tahun, bisa coba klaim garansi hehe *pengalaman.
    Kalau masalah baterai boros, itu bisa diakali pakai mode Power Saver di Power Options, entar bisa bertahan 3 jam lebih utk pemakaian standar (browsing, Office, dll).
    Kalau mau gaming tapi gak cepat panas, buka game-nya pakai VGA Intel (klik kanan di game-nya), tapi dgn sedikit mengorbankan performa gaming (gak disarankan utk game yang terlalu berat)

    BalasHapus
  17. punya ane kok slalu hang ya kalo yg make aplikasi yg berat berat sejenis Adobe premiere CC, padahal udah di ganti jadi high performance sama pake nvidia juga dan sambil di charge juga. apa karna masalah os ya? (os win 7)

    BalasHapus
  18. Gan, kalo OSnya ga ori ngaruh ga sih ke performa sistem laptopnya, misalnya kaya suka tiba tiba lag

    BalasHapus
  19. Gan , kan ini baterai non-remove nih , emang gpp kalau main game sambil di charge ? Contoh game Resident Evil 6 gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo pake baterai malah kasihan baterainya.

      Hapus
  20. gan...mau nanya...baterai lptop sya plugin in not charging...gmn ya ngtasinny?...pdhal baru 89%..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah lumayan ya 89% gan. Punya saya aja udah 84% not charging. No problem sih sebenernya. Cuman, ya agak risih liat baterai ga bisa penuh. Hehehe... Udah instal ulang Windows dan modul baterai gan?

      Hapus
    2. Garansiin saja kalau masih garansi. Kalau sudah enggak, ya pertahankan saja sampai tidak bisa dipertahankan dan beli baterai baru :D

      Hapus
  21. Kepengen punya ini gan buat blogging

    BalasHapus

Good Ideas. Great Stories.

Feel free if you want to send an email to me and ask anything, or just to say hello!

hello@jungjawa.com

Copyright © jungjawa 2018