Gimana Caranya Biar Konsisten Ngeblog? | Good Ideas. Great Stories.
konsisten-ngeblog-jungjawa.com


Apa susahnya sih ngeblog? Nggak susah kok. Alasan agar blog bisa eksis adalah dengan adanya koneksi internet yang memadai. Sisanya? Ya berbagai hal non-teknis yang terkait blog itu sendiri.

Terus, kenapa kamu nggak konsisten bikin tulisan terus dipublikasikan di blog kamu? Padahal, setiap blog pasti ada pembacanya loh. Serius. Ada segmen tertentu dari pembaca yang emang suka baca konten blog milik kamu.

Alih-alih konsisten nulis di blog, yang ada ya bikin banyak alasan biar blognya sepi. Sengaja nggak diupdate biar bisa bikin judul ‘First Post in 2016’, atau ekstrimnya lagi diawal post nantinya “Ah.. bersihin debu dashboard blog dulu. Udah lama nggak ngeblog”. Ya, gue dulu juga suka ngelakuin hal ini. Bikin banyak alasan klise biar nggak dapet teguran polisi blog yang seneng main hakim sendiri *nunjuk diri sendiri*

Oke, mungkin kamu bisa liat arsip blog ini, dimana ada peningkatan jumlah tulisan selama tiga tahun terakhir. Bukan sombong sih, ya cuman mau berbagi tips aja buat kalian yang masih enggan nulis secara konsisten di blog. Terus kalo kamu yang profil di media sosialnya ngebanggain ‘I’m Blogger’, ‘Part of <insert_your_proud_of_community_name_here> Blogger Community’, nggak usah malu. Tetep bangga aja. Nggak masalah kok.

Asal kamu tau ya, stamina menulis yang bagus kek Mbak Agiasaziya aja cuman bisa nulis 162 post di tahun 2015 dan 301 di tahun sebelumnya. Nggak usah kagum, kamu juga bisa kok. Jadi orang itu jangan gampang kagum dong ya. Tapi ya dikerjain. Ngaku aja kalo kamu emang masih cupu. Dalam artian ya mau belajar lagi loh ya.Gue punya beberapa list pertanyaan biar bikin kamu semangat dan makin konsisten nulis di blog.

1. Yakinkan diri kamu kalo bisa bikin blog yang bagus

Pertama kali yang harus kamu lakuin adalah bikin tujuan awal ngeblog. Cuman nulis iseng? Nggak masalah, lakuin aja dulu apa adanya. Inget, tujuan ngeblog itu nggak harus bikin blog yang bagus dari awal loh ya. Tapi bikin blog yang baik, artinya seiring berjalannya waktu kamu selalu belajar untuk membuat blog yang bagus. Beda kan?

yakinkan-diri-lo-id.memegen.com
Yakinkan diri lo! - via id.memegen.com

Nggak ada yang namanya overnight sucess. Kalo emang kamu mau sukses ya belajar dan latihan. Gue pernah denger istilah 10.000 jam untuk menguasai suatu bidang dari Malcolm Gladwell. Tapi, apakah setelah 10.000 jam, gue bakalan menguasai bidang tersebut? Belum tentu. Bisa aja nggak. Tergantung dari bagaimana usaha dan kualitas usaha yang kamu lakuin. Intinya, ya praktek terus-terusan. Kalo mau bikin blog yang bagus? Ya ngeblog terus-terusan deh ya.

2. Bikin Konten yang Beda

Kamu harus berani melakukan eksplorasi ide yang kamu simpen. Gue pernah diskusi kecil sama Indra Permana, tentang gimana caranya ngedapetin inspirasi ide saat mau nulis di blog.

Jadi gini, pertama, kamu harus menentukan struktur tulisan yang bakal kamu bikin. Contohnya sederhana, blog kamu temanya adalah anak muda banget, terus kamu pengen mengangkat isu terkini kek yang dulu pernah gue tulis tentang #MelawanAsap. Nah dari dua struktur diatas kamu harus bisa bikin tulisan tentang anak muda banget yang concern sama isu lingkungan kek #MelawanAsap.

Kedua, mau nggak mau kamu harus banyak baca dari tema dan topik yang udah disusun tadi. Misal, kamu nemuin scientific research yang memuat topik tentang tulisan yang akan kamu bahas, ya jadikan referensi aja. Terus, cari tulisan yang bernada sejenis, cari tau kekurangannya dan kamu tambahin biar lebih sempurna di tulisan kamu. Inget, jangan copy paste! Jadilah kreator bukan plagiator! Okay?

Gampang kan? Itu cara gue dan akhirnya sampai sekarang gue kebanjiran draft tulisan yang belum juga selesai. Astaga.

3. Fokus Pada Visi Ngeblog

“Emang ngeblog butuh visi? Kek perusahaan aja deh!”

Bentar, tanpa visi yang jelas, blog kamu akan gampang banget dilupain sama pembaca. Visi bakalan bisa bikin blog kita lebih visioner kedepannya. Lagian, kalo blog kamu punya visi yang jelas, kamu bisa keep on track biar fokus ngebahas hal-hal tertentu di blog kamu. Keberadaan visi juga bisa ngejawab pertanyaan kenapa blog kamu harus ada dan untuk apa.

Semisal kamu nggak punya visi alias cuman iseng ngeblog, ya sekarang pertanyaannya apa yang bisa kamu berikan buat orang yang bakalan ngebaca blog kamu? Apakah mereka iseng juga? Think again!

4. Cari Masalah

Gimana mau konsisten nulis kalo kamu males cari masalah? Hampir setiap hari gue nemuin berbagai permasalahan. Ya nggak semua permasalahan yang gue hadapi itu perlu dipublikasikan di blog dong ya. Tapi bukankah masalah akan terus ada ketika kita masih hidup? Apalagi kalo emang passion kamu jadi blogger yang cari masalah *eh?*

Cari masalah lo? - via kapanlagi.com

Ya sebenernya kalo kamu emang males buat konsisten ngeblog, kamu harus mengidentifikasikan permasalahan punya kamu sendiri. Misal kamu adalah seorang blogger dan punya blog tentang kesehatan, terutama kesehatan kulit. Mau nggak mau ya kamu pasti nyari berbagai permasalahan tentang kesehatan kulit dong. Padahal hal tersebut nggak ada habisnya kalo mau dibahas. Yakin nih masih sulit buat konsisten nulis?

In a nutshell, kalo kamu nggak cari masalah, kamu bisa kehabisan ide buat nulis yang ujung-ujungnya bisa bikin kamu nggak konsisten.

“Gue udah nyoba nyari masalah. Tapi tetep stuck dan nggak dapet-dapet. Gimana dong?”

Jawabannya: the power of social media. Gue banyak nemuin berbagai permasalahan dari media sosial. Asal kamu tau ya, media sosial itu lengkap banget, bahkan kamu bisa dapet berbagai permasalahan dengan gratis. Ada orang nyinyir, ada twitwar yang bisa kamu simak setiap tahunnya, ada berbagai writing challenge yang hadiahnya bisa perpanjang domain baru. Bahkan ada juga Jonru yang gantengnya nggak ketulungan. Ya kan? Bisa banget nih buat dibahas.

5. Banyak-banyakin Baca

Istilahnya wondering why gitu. Dengan selalu penasaran akan hal baru tentunya semakin banyak hal-hal yang bisa kamu temukan. Nah daripada nggak didokumentasikan, lebih baik apa yang telah kamu temukan tadi diarsipkan dalam sebuah blog. Suatu saat, kamu bisa baca ulang tulisan kamu buat jadi referensi atau sekadar pengingat kalo lagi lupa tentang sesuatu.

Lagian anak muda itu pasti punya banyak waktu buat belajar berbagai hal. Bisa baca berbagai macam buku dan ngelakuin hal-hal yang sama sekali belum pernah dilakuin.

“Kalo wawasan gue luas, harus ditulis di blog?”


Nggak juga sih. Mungkin gue bisa balik nanya, “Kenapa harus nggak ditulis di blog kalo emang wawasan kamu bener-bener luas?”

Konsisten ngeblog emang nggak gampang. Kadang-kadang frekuensi menulis kita turun gitu aja. Tapi tetep aja, kalo kamu mau konsisten, kamu harus bisa maintain mood kamu buat nulis. Balik lagi deh ke visi kamu di atas.


Header image credit: pixabay.com

Komentar 26

Sampaikan pendapatmu di sini:

  1. Itu kok yang cari masalah sounds like nyari gara-gara yak. Hahaha. Setujuuu sama poin-poinnya. Kalau nggak nemu topik apa buntu biasanya langsung ngeblank. Bingung mau nulis apa .____.

    BalasHapus
  2. Ngeblog lah selagi dirimu senggang. Serius. Karena klo sudah terpasung tanggung-jawab kerja atau sudah berkeluarga, dijamin jumlah artikel per tahunnya bakal terjun bebas.

    BalasHapus
  3. Iyaas cari masalah. Itu yang gue terapin sekarang. Lagian, masalah kan bebas. Gak harus masalah sendiri, bisa aja masalah tetangga, masalah negara kita, kayak yang melawan asap, kemaren.

    BalasHapus
  4. Benar mas, kadang orang bilang ngeblog itu udah tapi pas disuruh nulis kok penyakit malasnya nggak mau pergi; terus bilang "lagi buntu ideku" :-D

    BalasHapus
  5. jleb jleb jleb
    haturnuhun infonya gan.. jleb nih.. udah ah blogging lg wkwkwk

    BalasHapus
  6. Yak cari masalah.
    bener nih, tapi jangan cari masalah dilingkungan masyarakat. ntar di gebuk warga.

    BalasHapus
  7. oke bingits nih tipsnyaaaa tengkyuuu :)

    @nurulrahma
    bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  8. Mbak Gia semangat sekali yaa. :)
    Gue palingan sebulan cuma 5-10 tulisan. Yang penting seminggu sekali usahain ada tulisan baru. At least, sudah berusaha konsisten. Ehehe

    Soal niche blog, gue kayaknya terlalu personal. Jadi kayak gak habis-habis ide itu. Haha

    Suka bingung sama blogger personal yang bilang gak ada ide. Selama nafas masih berhembus, otak masih bisa berpikir, ide akan selalu ada. Anjaaas. Komen gue apa banget ini

    BalasHapus
  9. Wah ada nama gueee haha. Tulisan ini bener-bener nambah motivasi. Sampe sekarang, selalu aja ngiri sm blogger yang tulisannya kok rapiiii gt. Bikin semangat untuk kreatif. Per poin di tulisan bang jung ini emang bener banget. Ngeblog harus punya konsep, tujuan, dan ide sebenernya bertebaran tapi gmn kitanya aja mengeksekusi. Punya pacar aja ada tujuannya apalagi ngeblog? Eh.

    BalasHapus
  10. Waah cukup 'tertampar" mas, bikin bangun buat ngeblog lebih giat lahi hehe. Terima kasih!

    BalasHapus
  11. (((CARI MASALAH)))
    anyway, good suggestion. Makasih atas saran-sarannya! (y)

    BalasHapus
  12. Yosh. Jadi semangat lagi nih. Tapi, nyari masalah? Ok fix, emang butuh sikap kritis sih biar bisa dapat bahan tulisan.

    BalasHapus
  13. Wah. Makasih mase udah dijabarin sejabar-jabarnya. :D

    Sekarang udah nggak bakal iseng-iseng lagi ngeblog. Biar punya tujuan.

    BalasHapus
  14. Yoi, setuju banget sama tips-tips nya lo. Soalnya gue juga nge-blog masih belum konsisten, maklumlah anak muda masih angin-anginan hehe. Tapi setelah membaca postingan lo ini, gue jadi termotivasi untuk makin semangat nge-blog. Mantap! :D

    BalasHapus
  15. Biasanya gua konsisten ngeblog dimulai dari setiap hari nyoba nulis minimal 45 menit, biasanya dengan waktu segitu gua cuma dapet 2-3 paragraf doang. Dikit sih, cuma masih lebih baik daripada nggak ada sama sekali. Karena dengan adanya 2-3 paragraf itu, bikin gua jadi pengin ngelanjutin keesokan harinya.

    BalasHapus
  16. Iyaaaa emang susah banget ya ngeblog. harus konsisten. Suka ngikutin mood padahal harus lebih disiplin. Semoga 2016 lebih rajin nih gw nge blog nya. :-)

    BalasHapus
  17. Sip, udah baca tips ini semoga bisa konsisten ngeblog & lebih banyak posting.. Aamiin

    BalasHapus
  18. emang suka angin-anginan sih. udah bilang komitmen mau konsisten ngeblog, eh males lagi, gitu aja terus sampe bego hahaha. tapi sekarang lagi rajin-rajinnya bikin review tentang apapun kalau bingung mau ngangkat masalah apa. gue rasa gue udah mulai jago jalanin poin ke 4.

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Kalo kita mempunyai mood yg setabil pasti bisa tiap saat tetapi kan kerja, kuliah atau sekolah membuat mood pindah turun sampe pojok buat pala mumet* gak jelas, dan alhasil males menimpa. Tapi satu segmen kalo mau aktive tulisan mending bawa note kemana mana biar ngasah kosa kata :).

    BalasHapus
  21. Kalo kendalanya waktu gimana bang? Mahasiswa sambil kerja. Susah bgt buat ngeblog. Gak bisa full time. Paling cuma bisa blogwalking. Susah buat ngeposting artikel.

    BalasHapus
  22. Gue setuju sama poin-poin di atas. Sekarang yang jadi persoalan kenapa gue masih gak konsisten nulis adalah masalah waktu dan kurangnya "Gairah" untuk mengupdate konten terbaru di blog. Sekalipun udah bergairah, kalau gak ada waktu ya sama aja boong. Heheh

    BalasHapus
  23. Woy bro.. Lama tak bertegur sapa. Udah hampir setaun aku gak ngeblog. Njut aku kudu pie? Hahahahaha

    BalasHapus
  24. Keren yaa, ini cocok banget buat Blogger pemula kaya gue..
    *lanjut nerusin draft post*

    BalasHapus
  25. Aslinya keren nih blog agan. Bikin semangat yang baca kembali menggebu. Termasuk saya, *ehh..
    Intinya ngalahin rasa males untuk tetap menulis apa saja disekitar kita. Thanks to inspiring me

    BalasHapus
  26. Berguna banget tipsnya nih, maklum blogger pemula seperti saya masih terjangkit penyakit malas yg perlu dikendalikan. Terimakasih banyak

    BalasHapus

Good Ideas. Great Stories.

Feel free if you want to send an email to me and ask anything, or just to say hello!

hello@jungjawa.com

Copyright © jungjawa 2021