Suka Belanja Online? Jangan Lupakan Soal Keamanan | Good Ideas. Great Stories.
Artikel ini disponsori oleh Mataharimall.com, Online Shop No. 1 di Indonesia

keamanan-matahari-mall



Trend belanja online atau berbelanja melalui internet udah menjadi salah satu gaya hidup buat masyarakat modern. Apalagi buat lo yang seneng belanja, pasti seneng banget dengan menjamurnya berbagai layanan e-commerce di Indonesia. Sehingga, gairah lo untuk belanja jadi terpenuhi.

Namun, belanja online pun masih punya tantangan tersendiri. Salah satunya adalah masalah keamanan dalam transaksi yang dilakukan.

Iya sih, siapa yang mau belanja kalo keamanan dalam transaksi yang dilakukan nggak terjamin. Alih-alih mau belanja, yang ada malah kita kena penipuan.

Padahal, keamanan dalam berbelanja secara online bisa kok kita lakuin. Apalagi kalo lo emang ngerti cara kerja sistem online. Jadi, ya nggak ada alasan lagi buat takut belanja online karena alasan keamanan.

Teliti Sebelum Membeli

Kalimat diatas sih keknya udah familiar banget deh. Apalagi buat lo yang suka berbelanja secara offline atau emang liat barang nyatanya.

Nah, kalo belanja online ya sama aja. Ya teliti produknya, ukuran, warna bahkan sampe produknya ready apa nggak. Sebab, kalo kita nggak teliti besar kemungkinan kita bakalan kena tipu-tipu.

Reputable Site

Apa alasan yang mendasari lo buat make suatu situs buat berbelanja? Ya kredibilitas dari situs tersebut kan.

Apalagi kalo reputasi situs tersebut emang bener-bener baik, nggak mengada-ada. Well, akhirnya ya sah-sah saja kalo kita suka belanja online.

Layanan Kontak

Hal penting lainnya dalam melakukan transaksi online adalah kemudahan pengaduan produk saat jual beli. Maka dari itu pilihlah situs yang benar-benar memiliki nomor kontak.

Sehingga, pada saat ada masalah, lo dapat dengan mudah bertanya-tanya kepada mereka. Harapannya, kalo lo ada masalah ya bisa diselesaikan. Tapi ya, semoga aja deh nggak ada masalah

Keamanan Situs

Buat lo yang tau enkripsi pasti bisa deh ngebedain situs yang aman alias udah dienkripsi dan situs yang nggak begitu aman.

Jadi, situs yang emang udah dienkripsi ditandai dengan url situs mereka yang menggunakan https, bukan http. Sehingga, keamanan data dan transaksi pengguna situs tersebut sudah dienkripsi.


Di Indonesia, lo bisa nyobain berbagai situs belanja online atau e-commerce kek Matahari Mall. Sebab, lo gak perlu takut penipuan buat belanja di Matahari Mall.

Soalnya, layanan milik Lippo Group ini udah punya reputasi yang baik dari keamanan yang sudah diimplementasikan. Lo juga bisa mengamankan diri sendiri dengan berbagai cara kek dibawah ini:
  • Menjaga rahasia password ketika menjadi user Matahari Mall.
  • Setelah melakukan transaksi jangan lupa untuk logout situs.
  • Lakukan transaksi melalui komputer/gadget pribadi.
  • Rahasiakan 3 digit nomor terakhir kartu kredit milikmu.

Belanja online emang bikin nagih. Bukan cuman kemudahannya, tapi juga kenyamanannya.

Terlepas dari itu, berbelanja di layanan yang emang udah punya reputasi bagus juga menjamin kenyamanan pengguna. Tapi, kita harus jeli kalo aja ada biaya yang nyempil dalam transaksi yang dilakukan.

Apalagi masalah barang yang dibeli, kita harus lebih teliti tentang kelengkapannya. Selain itu, syarat dan ketentuan layanan situs online harus kita pahami dengan baik. Ya kalo emang mau nyaman, ya emang harus mengamankan diri sendiri dulu.

Take care & happy online shopping!


Image credit: pixabay.com

Komentar 9

Sampaikan pendapatmu di sini:

  1. klo blanja onlen biasanya gw beli barang yang ga pake ukuran. misalnya jam, pomade dll, maklum deh ukuran badan gw diluar standar jadi agak ragu klo beli pakaian.

    BalasHapus
  2. Untuk belanja online aku sih jarang jarang, lebih suka ketemu sama produknya langsung dan bayar di tempat

    BalasHapus
  3. Aku ngak demen belanja online, demen nya belanja itu bisa pegang barang nya trus di cobain lalu di beli

    BalasHapus
  4. Akuuuu baru sekali kmaren coba blanja onlen itupun manfaatin voucher menang lomba, daaaaan..rasamya was was takut barang ga nyampe, alhamdulilah 2 hari nyampe dan baru nisa tidur dg tenangg

    BalasHapus
  5. saya kok rasanya familiar dengan nama bapak, etos bukan?

    BalasHapus
  6. gak pernah belanja online mas kalau saya, kurang marem soalnya :D

    BalasHapus

Good Ideas. Great Stories.

Feel free if you want to send an email to me and ask anything, or just to say hello!

hello@jungjawa.com

Copyright © jungjawa 2018