Wajib Ngerti: Nyantumin Foto Buat Blog Lo | Good Ideas. Great Stories.


Lo pernah sadar apa nggak sih kalo gambar-gambar maupun foto di internet itu nggak semuanya gratis atau free for use. Selalu aja ada atribut copyright yang menyertainya bahkan free license pun ada keterangannya kalo itu free. Nah lo kalo gitu boleh nggak kita seenaknya ngambil gambar lewat Google dan menggunakannya untuk kepentingan komersil tanpa menyertakan aribusi copyright dari pemilik karya yang asli?

Well, harusnya sih nggak. Semua karya udah seharusnya dilindungi oleh copyright. Terus kenapa mesti dilindungi? Karena untuk bikin karya itu nggak gratis dan gampang, termasuk fotografi.

Baca juga: Does Design Matter for Really Your Blog?

Sebagai contoh semisal lo mau menggunakan foto dari hasil search engine Google, jangan menggunakan atribusi Google dengan menuliskan ‘sumber dari Google’. Kenapa? Karena Google cuman search engine yang hasilnya crawling dari situs-situs lain. Sehingga atribusi yang harus lo cantumin adalah website sumber foto tersebut. Perhatikan juga keterangan website itu tentang sejauh mana kita bisa mengutip isi website tersebut (termasuk tulisan, foto dan lain sebagainya).

Tapi nggak usah khawatir, ada aja kok beberapa dari kreator yang memperbolehkan karya mereka disebarluaskan alias atribut free license atas karya yang mereka buat. Salah satu tujuan mereka sih sebagai shared services atau juga bisa sebagai portfolio dia nantinya (bergantung jumlah download juga sih). Terus kalo lo emang care dan pengen mereka ngasih karya yang berkualitas (terutama kreator lokal) lo bisa aja ngasih mereka donasi, walopun nggak seberapa tapi itu cukup buat ngasih apresiasi dan bikin mereka semangat buat ngelanjutin karya mereka. Alternatif lain semisal lo nggak bisa ngasih donasi, bisa aja nge-klik iklan jika situs mereka memiliki iklan.

Secara nggak sadar kalo kita peduli dengan mereka, kita masih berkesempatan terus menikmati karya-karya mereka. Gratis kan? Lo bisa liat di blog gue ini, menggunakan free-used images (mayoritas dari Pixabay) sebagai ilustrasi tiap tulisan yang gue bikin. Because a picture is worth a thousand words.

Ngomong-ngomong tentang atribusi foto, dibawah ini ada beberapa website penyedia gambar-gambar free-license buat dijadiin ilustrasi. Mau dipake buat blog, web ataupun startup milik lo juga boleh. Jangan lupa, atribusinya dibaca ulang biar ngerti dan nggak salah pake:

1. Pixabay
Image credit: pixabay.com
Bagi gue, situs ini enak banget. Selain navigasi yang mudah dan ringan, kualitas yang ditawarkan pun nggak main-main. Dan kalo mau yang lebih oke lagi, Shutterstock juga jadi partner dari Pixabay.

2. Foodiesfeed 
Image credit: foodiesfeed.com
Nah kalo lo adalah pecinta makanan atau memiliki situs yang food-related kayak startup, blog atau website company situs ini bisa jadi alternatif sumber foto kamu. Selain itu, kamu bisa ngikutin perkembangan mereka melalui sosial media kayak Twitter, Facebook dan juga Instagram.

Image credit: picography.com
Picography ini kayak semacam blog gitu dan koleksi foto dari situs ini emang bagus banget. Uniknya disetiap fotonya kita bisa liat properti dari foto yang kita inginkan sebelum nge-downloadnya kayak ISO, aperture, lensa dan sebagainya (sekilas mirip properti milik Flickr).

4. Pexels
Image credit: pexels.com
Situs ini nyediain 10 foto baru untuk setiap harinya. Walaupun cuman sebagai search engine foto, kualitasnya nggak bisa dipandang sebelah mata (bahasa kerennya Instagram-able). Rata-rata foto disini berlisensi CC0 yaitu boleh tanpa menyertakan atribusi dan bebas digunakan baik secara personal maupun untuk komersial.

5. Kaboompics
Image credit: kaboompics.com

Dibelakang KaboomPics adalah Karolina, desainer website asal Polandia yang berfikir bahwa nyari foto berkualitas tinggi itu sulit (ya kayak nyari pacar gitu...). Maka dari itu Mbak Karolina ini bikinin KaboomPics yang foto-fotonya ia ambil sendiri, soalnya fotografi udah jadi passionnya Mbak Karol.

6. New Old Stock 
Image credit: nos.twnsnd.com

Semisal topik blog lo atau situs lo bertema old style gitu pasti agak susah nyari foto-foto jadul kan? Nah boleh dicoba nih New Old Stock sebagai sumber gambar situs milik lo.

7. Unsplash
Image credit: unsplash.com

Sering banget liat berbagai mockup website atau template nggak? Nah Unsplasih ini banyak dipake oleh para kreator mockup dan template sebagai foto sampel. Kualitas? Daripada penasaran mending cek aja sendiri.

8. Stocksnap
Image credit: stocksnap.io
Tagline situs ini beautiful free stock photos yang udah jelas banget kalo semua foto yang ada di situs ini free license. Bahkan resolusi yang ditawarkan nggak cuman becandaan, bisa diatas 3000px. Nyenengin banget kan?

Baca juga: Jadilah Kreator Bukan Plagiator

Makanya udah saatnya berubah. Masukin foto sih boleh-boleh aja, bebas. Yang penting ngerti tentang atribusi. Lagian banyak yang free, ngapain maksa buat nggak nyantumin sumber gambar? Parahnya malah jadi copaser gambar. Kan gak keren banget. Mendingan berubah dari sekarang dan bikin mata kita melek hak cipta, yuk!

Header image credit: pixabay.com

Good Ideas. Great Stories.

Feel free if you want to send an email to me and ask anything, or just to say hello!

hello@jungjawa.com

Copyright © jungjawa 2021