MENDESAIN MAJALAH (Bagian II) | Good Ideas. Great Stories.
Mendesain majalah via abduzeedo.com


Postingan kali ini adalah lanjutan dari Mendesain Majalah (Bagian I). Kalo kamu belum baca yang pertama, mending baca dulu ya biar nggak susah memahaminya.


Berikut lima tips lanjutan yang bisa kamu gunakan dalam mendesain sebuah majalah:

6. Menjaga Artikel Agar Tetap Menarik

Buatlah artikel semenarik mungkin via durstonhouse.org 

Beberapa teks di majalah akan cenderung sangat panjang seperti cerita pendek atau liputan perjalanan. Pada kasus ini, desainer diminta untuk membuat desain yang menjaga tulisan tersebut tampil tidak membosankan atau akan membuat audiens merasa bosan.



Artikel sebaiknya memiliki format yang baik, seperti penjelasan per poin yang akan mempermudah dalam membaca. Quotes yang ditampilkan dengan ukuran font yang lebih besar dengan warna berbeda juga bisa menjadi solusi. Bullet dan numbering juga bisa dijadikan opsi jika terlalu banyak poin yang harus disampaikan.

7. Without money, there is nothing
Perhatikan kas negaramu! via wikihow.com

Di dunia publikasi dan industri kreatif uang bisa menjadi masalah dalam menciptakan karya yang berkualitas tinggi. Hal itu telah menjadi masalah utama. Namun, jika kamu bekerja di lembaga non-profit itu bukan menjadi masalah besar.

Salah satu cara menanggulangi budget yang minim adalah melalui iklan di majalah tersebut. Tentu majalah yang baik tidak hanya peduli soal iklan dan mengesampingkan konten yang ia bawa.

8. Jadilah Desainer yang Profesional
Jadilah desainer terbaik! via wix.com
Untuk mendapatkan desain yang baik, selalu lakukan recheck terhadap desain yang kamu hasilkan. Karena kualitas setiap halaman dari majalah ditentukan oleh seberapa teliti kita mentolerir kesalahan dan memperbaikinya.

Hal-hal yang perlu diperhatikan lebih banyak seperti alignment, komposisi warna hingga kesalahan penulisan atau typo. Hal yang nggak penting sekalipun jika disajikan kepada orang lain akan menjadi sangat penting. Nggak mau kan kalo cacat desain membuat pembaca jadi males ngelirik majalah kita?

9. Pahami Media Publikasi

Key of publication via adventpm.com.au

Hal yang harus kamu pahami jika kedelapan poin di atas sudah kamu lakukan, maka poin kesembilan berupa finishing touch dari karyamu. Sekarang ada dua media yang umum digunakan untuk publikasi majalah. Dua hal tersebut secara umum adalah media cetak dan media elektronik.


Untuk media cetak tentu penanganannya berbeda dengan media elektronik. Kesulitan dari media cetak adalah jika terjadi kesalahan cetak. Maka dari itu final desain harus sudah fix. Setelah itu printer pun harus dalam kondisi prima agar meminimalisir cacat produksi. Penggunaan warna pada media cetak adalah jenis CMYK, bukan RGB. Hal ini berfungsi agar desain lebih akurat. Maka dari itu file desain untuk media cetak wajib hukumnya menggunakan warna CMYK.

10. Details Make Difference
Details make difference via brainyquote.com 

Finishing adalah hal yang wajib dilakukan dalam mendesain majalah. Ketelitian akan peletakan huruf sampai desain perlu dipertimbangkan dengan matang. Hal detail lainnya adalah waktu di mana desainer harus memiliki waktu yang cukup untuk melakukan tahapan finishing pada pembuatan majalah.

Nah selain tips di atas, kalian juga harus tau tentang Notif! Magz


Apaan itu Jung?!

Notif! Magz adalah e-magz blogger pertama di Indonesia dengan tagline 'No limit for creativity'. Di sini blogger bisa berkontribusi untuk ikut menyuarakan pendapat, aspirasi hingga gagasan kreatifnya. Majalah ini terbit per bulan dengan topik menyesuaikan hari-hari besar atau perayaan pada bulan yang bersangkutan.

Majalah indie ini juga berfungsi untuk membentuk jurnalis-jurnalis blogger Indonesia. Topik dari Notif! Magz pun beragam loh. Mulai dari berita blogger, event blogger, kuliner dan travelling, tips blogger bahkan sampai tanya jawab pun ada. 

Serius? Terus berbayar nggak Jung?!

Gak. Namanya juga dari Blogger, untuk Blogger dan oleh Blogger (udah kayak teori demokrasi belum?) maka nggak berbayar sama sekali.

Cara dapetinnya gimana? Pre-order atau gimana?

Pre-orderMbok kira jualan kaos apa. Kalo mau download gampang. Langsung aja buka website nya Notif! Magz di http://www.notifmagz.web.id/

Ini websitenya Notif! Magz
Setelah itu kalian bebas download e-magz ini mulai dari edisi yang paling pertama sampai edisi yang paling baru. Gampang kan?


Ohiyah... Kalian juga bisa jadi kontributor Notif! Magz. Kenalan dulu sama Magy and Tron di @NotifMagz. Atau kalo mau langsung kirim submission bisa kirim email ke notifmagz@gmail.com. Bisa kirim puisi, artwork, cerita pendek atau bahkan event-event komunitas kalian.

Jangan simpen majalah ini sendirian ya. Lebih baik ajak temen-temen kamu buat ikutan ngebacanya. Kenapa? Karena gratis. Juga ada sedikit bocoran nih, kalo Notif! Magz juga ada hadiah-hadiah nya loh. Tau darimana? Makanya download dulu. Semua informasinya ada di sana~

Sudah download? Jangan lupa bikin ulasannya ya. Juga share di kolom komentar di post ini. Nanti gue kunjungin balik + share. Oke?

Proofreader:
Uni Dzalika - unidzalika.com


Sumber:
dreamtemplate.com

Komentar 4

Sampaikan pendapatmu di sini:

  1. Selalu suka baca artikel yang lo bikin bro, tapi sayang... sebagian besar isinya banyak yang terjemahan. Ya, walaupun ditambahi beberapa opini sendiri dari lo..

    Tetep kerenlah, tapi sayang aja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip. Makasih sarannya bro. Buat perbaikan nih :)

      Hapus
  2. Notif! emang keren lah. Ada rencana buat bikin app androidnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum bro. Loe bisa? Kalo bisa gabung aja sama Notif :D

      Hapus

Good Ideas. Great Stories.

Feel free if you want to send an email to me and ask anything, or just to say hello!

hello@jungjawa.com

Copyright © jungjawa 2018