Fitur Arrive di Path


Dalam Bahasa Indonesia, path adalah "jalanan kecil, gang sempit atau garis edar..."

For your info, gue mau berbagi pengetahuan tentang fitur arrive di Path. Lha sudah pada tau belum apa itu Path? Apalagi fitur untuk check-in kekinian yang paling hits ini.

Jadi Path itu adalah social media yang ada di smartphone dengan fungsi berbagi status, musik, film, buku, foto, pacar dan lain sebagainya. Tapi di Path di batasi sama jumlah pertemanan. Agak bingung juga sama developer Path. Pengen punya temen kok ndadak dibatasi.

Gak perlu panjang lebar penjelasan tentang Path, karena udah bisa dicari di Wikipedia. Jadi alasan dibikinnya postingan ini adalah adu argumen ketidakpastian antara gue, +Rizky Danurachmanto dan +wahid ramadhan ketika Danu pergi ke Bali.

Perbincangan dimulai dengan keinginan untuk nge-Path dengan tag lokasi.

Sebelumnya Danu yang pulang dari Bali, otomatis akan arrive di Surakarta tanpa harus check-in.

Wow otomatis!

Ini membuat lawan nge-Path nya sedikit bingung karena tempo bulan +wahid ramadhan ke Magelang kok ndak ada arrive in Magelangnya lho ya?


Screenshoot dari Path-nya Danu

Padahal setting neighborhood di Path masing-masing udah 'on' tapi kok masih belum bisa otomatis?

Akhirnya dengan rasa penasaran yang tinggi gue cari-cari di internet dan nemu sumber yang menyatakan bahwa.....

*drum roll* *ba dumm tsssss...*

Kalo misal kita ganti lokasi dengan lokasi sebelumnya dan kemudian GPS kita aktif maka otomatis Path akan merubah lokasi kita.

Lha padahal punya Mas Andan udah aktif loh fitur neighborhood-nya, sama kayak punya Mas Danu. Setting lokasi dengan GPS pun aktif, kok masih nggak bisa juga?

Diambil dari www.huffingtonpost.com 
Sekarang kita pelajari lagi sistem GPS di smartphone yang berbasis tag lokasi. Kadang kala lokasi di Indonesia aja gak tepat. Rumah di Solo eh bilangnya ada di Sukoharjo. Kok isoh?

Lha iya itu tadi masalahnya, GPS berbasis lokasi dan kita tau tingkat akurasi (level smartphone) masih kurang.

Kalo mau lebih akurat harus pake paket data dan koneksi internetnya kenceng banget kayak larinya mobil balap F1. Tapi lha iya itu tadi, jaringan 3G di Indonesia pun belum merata. Bisa gagal check-in dong ya.


Balik lagi ke Path, untuk menyiasati fitur ini kan biasanya ada icon pesawat terbang disana. Masak iya kalo ke dari Solo ke Magelang ada icon pesawat 'Arrive in Magelang'?

Lak yo lucu ndes. Jadi kesimpulannya?

Begini bro, sudah tau airplane mode? Apa yang akan terjadi ketika perangkat radio seperti telepon seluler atau smartphone berada dalam mode airplane mode?

Komunikasi akan dihentikan dan nggak ada sinyal radio yang out maupun in bro! Yap bener banget!

Path menggunakan fitur ini untuk akses lokasi sekarang 'dibandingkan' dengan lokasi terakhir sebelum kita menonaktifkan atau meng-airplane mode-kan smartphone kita. Kemudian secara otomatis Path akan auto-check-in dengan fitur neighborhood-nya.

Jadi kalo mau auto... ya matikan saja smartphone mu (jangan lupa pake Wi-Fi biar akurat) kemudian secara otomatis, Path akan menggunakan log GPS untuk membandingkan lokasi pengguna.


Kesimpulannya seperti ini, kalo kamu pengen banget fitur arrived atau check-in otomatis ini berfungsi dengan baik, kamu harus perhatikan langkah-langkahnya berikut ini.

Aktifkan Airplane Mode

Seperti yang gue bilang di atas, Path akan membandingkan lokasi kita. Apakah lokasi dari pengguna mengalami perubahan yang akan menandakan bahwa pengguna berpindah lokasi atau tidak.

Dalam kasus tertentu, maka secara otomatis aplikasi Path akan mengumumkan kita berpindah lokasi karena catatan lokasi aplikasi yang berbeda. Sehingga, Path akan mengaktifkan fitur arrived yang ada.

Nyalakan Paket Data

Data selular yang mati juga bisa menjadi masalah utama ketika Path kita tidak bisa check-in secara otomatis. Sebab, koneksi internet yang mati akan membuat fitur auto check-in tidak bisa memberitahu inner circle atau teman-teman Path kita ketika kita berpindah lokasi.

Tapi perlu diingat, jangan lupa untuk mematikan airplane mode yang sudah kita set sebelumnya. Kalo nggak, ya akan sia-sia dong ya.

Nah, kalo langkah-langkah di atas udah kamu lakuin, tapi aplikasi Path milikmu masih aja nggak mau check-in secara otomatis, maka bisa jadi fungsi GPSnya bermasalah.

Selain dari akurasi GPS, sinyal jaringan seluler juga bisa jadi penyebabnya.



Sumber:
http://www.huffingtonpost.com/2011/11/30/path-social-network_n_1120424.html
http://theairspace.net/apps/path/

Popular Post

Pengalaman Pengembalian Dana (Refund) Tiket Pesawat di Traveloka

LOGO BARU PIZZA HUT

SAMUDRA!