MENGENAL POWER NAP


Seorang mahasiswa yang nyambil freelance kadang memiliki masalah tersendiri untuk waktu istirahat. Kebanyakan ya ngambil waktu tidur untuk dijadiin waktu kerja. Belum lagi kalo malamnya lembur dan besoknya kuliah, hasilnya adalah ngantukan kalo di kelas. Tapi masalah itu bisa kok diatasin.

Bagi seorang desainer grafis atau mahasiswa pada umumnya, lembur adalah hal biasa. Apalagi SKS (Sistem Kebut Semalam), hal ini nggak bisa kita pungkiri bahwa tubuh akan ter-dopping lebih produktif saat mendekati dateline. Akibatnya secara tidak disadari tubuh kita akan bekerja lebih keras lagi. Beban yang berat jika nggak diiringi oleh istirahat yang cukup bisa bikin sakit. Gak mau kan kalo besoknya ujian sambil sakit-sakitan? Susah sob.


Akhir-akhir ini gue sering ngelakuin metode Power Nap. Apaan Power Nap? Jadi Power Nap itu tidur sebentar, sekitar 20 sampe 30 menit di jeda kesibukan kita sob. Jangan takut lebih ketidurannya, pasang aja alarm. Biasanya gue lakuin di siang hari dan malam hari. Setelah rutin dilakuin hasilnya kerasa kok. Tiap habis Power Naping rasanya semangat lagi. Tidur sebentar yang bikin enak dan semangat.

Nah kalo mau lebih banyak manfaat dari Power Nap berikut penjelasan yang gue kutip dari halaman indotopinfo.com

1. Power Nap memberikan istirahat yang lebih dari cukup

Jadi Power Nap itu kayak refreshing. Emang sih waktu tidurnya lumayan singkat, tapi efeknya bisa bikin kita seger buat ngejalanin rutinitas sehari-hari. Seenggaknya tubuh udah istirahat walaupun sebentar aja

2. Bikin lebih segar dan aktif


Nah itu tadi, kalo semangat udah kejaga maka selanjutnya adalah tubuh yang segar dan akif. Sering liat orang yang semangat dan etos kerjanya tinggi kan? Itu karena didorong juga sama tubuh yang segar, makanya jadi aktif. Kalo semangat tinggi tapi tubuh sakit-sakitan kan susah.


3. Power Nap juga bikin jantung sehat

Kalo kita kerjain sesuatu, tubuh pasti akan mendapatkan beban dari hal tersebut. Nah fungsi Power Nap adalah meringankan beban kerja yang kita alami dengan cara meng-istirahat-kan tubuh dalam waktu yang relatif singkat. Kalo dilakukan terus menerus dan rutin, maka akan membuat jantung kita semakin sehat.

4. Bikin Good Mood


Nah ini adalah manfaat emosional. Kadang kalo stress bisa bikin kita gak mood bahkan bad mood kan? Kalo tubuh udah diistirahatkan sebentar dan suasanyanya jadi segar, otomatis emosi kita jadi lebih baik. Suasana hati yang optimis bakalan bisa bikin mood kita lebih baik lagi.

5. Makin produktif

Kalo mood udah baik, tubuh udah siap kerja dan segar maka imbasnya bikin kita enak buat kerja. Konsentrasi meningkat fokus juga iya. Apalagi kalo mood udah baik dan pikiran fresh, enak banget kan rasanya?

Nahan ngantuk terus menerus itu nggak baik. Adakalanya tubuh harus istirahat bentar kan? Kalo udah istirahat dan pikiran fresh bisa bikin semangat kerja tiap hari. Jadi tetap jaga semangat tiap hari ya!

Komentar

Popular Post

Pengalaman Pengembalian Dana (Refund) Tiket Pesawat di Traveloka

LOGO BARU PIZZA HUT

SAMUDRA!