Mobil hemat energi, Samudra II

Setelah beberapa waktu vakum dunia tulis menulis akhirnya saya berkesempatan menulis lagi. Kenapa tidak mempunyai kesempatan untuk menulis lagi? Saya akan ceritakan sedikit hal yang dapat saya bagikan ke pembaca.

Di Oktober kemarin adalah gencar-gencarnya event menulis yang dilaksanakan oleh @jungjawa dan @unidzalika bertemakan penyelamatan dan peduli akan masa depan lingkungan dengan tagar #30DaysSaveEarth. Banyak sekali inspirasi dan ide-ide kreatif dari blogger dan penulis yang mengikuti event tersebut. Dan beberapa pemenang yang berhak mendapatkan bingkisan kecil atas tulisan mereka.

Dan di bulan November ini adalah bulan yang sangat berarti bagi saya. Selain meyelesaikan event #30DaysSaveEarth, saya harus menyelesaikan kewajiban saya di Bengawan Team UNS. Jadi apa itu Bengawan Team UNS? Singkat saja, ini adalah tim otomotif yang ada di KMTM UNS Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret.



Alhamdulillah kami dapat menyelesaikan pembuatan Samudra generasi kedua yang diikutkan dalam kompetisi mobil hemat energi yakni Indonesia Energy Marathon Challenge 2013 yang dilaksanakan di sirkuit Kenjeran Park, Surabaya pada 14-17 November 2013 kemarin. Kalo mau liat video teasernya bisa dilihat disini biar agak dikit penasaran bro. :D.

Penasaran nggak sama Samudra #NightOrange? Mending kita lihat foto yang lebih jelasnya.

Samudra, lengkap dengan kru tim
Foto diatas adalah Arif Munandar (jongkok), dari kiri ke kanan Satriya R., Welly N. H., Royan R., Muhamad, Ibnu K. A., M. Khairul B. 



14 November 2013
Wow! Ada Lamborghini Aventador :D :D :D
Hari pertama IEMC 2013 kami lalui dengan agenda registrasi atau daftar ulang. Tidak banyak hal yang bisa kami lakukan di Kenjeran. Hanya guling-guling di kamar hotel sejak pukul 10 pagi dikarenakan mobil peserta yang mengikuti kompetisi ini telah 'dikarantina' oleh panitia sampai opening ceremony. Jadi kami tidak diberikan kesempatan untuk bercakap-cakap dengan Samudra. Selain berguling-guling ria, kami juga briefing untuk besok tentang strategi apa yang harus dilakukan saat race nantinya.


15 November 2013



Ini adalah hari kedua kami di Kenjeran. Dipagi hari kami melakukan opening ceremony dengan peserta lain. Dan ternyata Samudra dibariskan paling depan. Wah pertanda apa ini. Kemudian setelah opening ceremony seluruh mobil dibawa menuju paddock masing-masing tim, begitu pula dengan Samudra. Setelah itu Samudra dikarantina kembali sampai jam 1 siang setelah sholat jum'at.

Pukul 1 siang paddock dibuka dan seluruh peserta mempersiapkan mobilnya untuk melakukan scrut. Sayang disore harinya hujan turun sehingga menghambat proses scrutineering setiap mobil. Scrut ditunda.

16 November 2013
Day 3 IEMC 2013! Ini adalah hari yang sesungguhnya. Disini setiap peserta harus mempersiapkan setiap mobilnya untuk melakukan race. Namun bagi yang belum lolos scruting atau uji kelayakan masih belum boleh race di lintasan. Dan sekedar info saja, IEMC tahun ini diikuti oleh 53 tim dari universitas seluruh Indonesia. Jadi kampus kamu ikutan nggak? Kalo belum buruan tahun depan ikutan juga!

Di IEMC ini ada 6 kelas mobil yang dikompetisikan dari seluruh universitas di Indonesia. Ada UrbanConcept dan Prototype. Setiap kategori dibagi menjadi 3 kelas berdasarkan energi yang digunakan yakni diesel, bensin (gasoline) dan listrik (electric). Sehingga total ada 6 kelas yakni:
- UrbanConcept Gasoline
- UrbanConcept Diesel
- UrbanConcept Electric
- Prototype Gasoline
-Prototype Diesel
-Prototype Electric


Prototype Listrik dari Bumi Siliwangi
(Universitas Pendidikan Indonesia) runner-up kelas Prototype Listrik

Terus apa bedanya Prototype dan UrbanConcept? Banyak sebenarnya yag perlu dijelaskan namun lebih singkat sajalah biar gampang. UrbanConcept adalah kendaraan roda 4 yang didisain mirip dengan mobil yang ada sekarang, seperti kelengkapan lampu-lampu, wiper kaca dan bagasi. Sedangkan Prototype adalah kendaraan rancangan masa depan dengan 3 roda dan didesain sangat aerodinamis untuk menempuh jarak yang paling jauh atau dengan kata lain paling irit.

Udah paham kan dikit dengan kompetisi ini? Oh iya, didalam kompetisi ini juga terdapat rules untuk setiap kelas. Jadi gabisa seenaknya wae bikin mobil. Ada aturannya bos! :D

Balik lagi ke paddocknya Bengawan Team UNS, kami lolos scrut di hari kedua. Sebab dihari pertama kami terkendala hujan. Oke yasudahlah gapapa bos. Alhamdulillah lolos dan kami berkesempatan race untuk pertama kalinya. Sebelumnya sudah ada race mobil dari ITS dan berhasil finish dengan capaian 148 km/L. Wah, Samudra harus lebih dari ini nih.

17 November 2013


Hasil IEMC 2013

Kami berhasil race dengan capaian terbaik 135 km/L sedangkan ITS lebih baik lagi, 191 km/L. Alhasil menempatkan Samudra di posisi runner-up. Alhamdulillah banget karena ini adalah peningkatan yang cukup signifikan dari tahun sebelumnya. Sekedar info, ini adalah kali kedua IEMC digelar. Di IEMC 2012 yang dilaksanakan di tempat yang sama, Bengawan berhasil dengan capaian 65 km/L. Tidak naik podium karena ada di posisi 4 (yang naik podium hanya juara dan runner-up).

Pada hari yang sama kami langsung pulang ke Solo. Kembali ke kenyataan hehe. Setelah ini kami akan mempersiapkan kompetisi selanjutnya yang akan kami ikuti yakni Shell Eco-marathon Asia 2014 di Manila, Filipina. Yang insyaallah akan digelar pada 4-7 Februari 2014 mendatang. Masih ada sedikit persiapan waktu untuk memperbaiki dan meningkatkan capaian konsumsi bahan bakar yang kami dapatkan.

Di SEM 2014 kami mengikuti kelas yang sama yakni UrbanConcept Gasoline. Insyaallah ini adalah kali pertama kami berlaga di event internasional. Sebelumnya di SEM 2013 kami juga lolos dan siap untuk berangkat. Saat itu event dilaksanakan di Sirkuit Sepang, Malaysia. Namun SEM 2013 dibatalkan karena kabut asap yang berasal dari kebakaran hutan di Riau. Yasudahlah.

Semoga SEM 2014 tidak 'ikut' dibatalkan juga bro. Semoga. Oh iya, untuk target di SEM 2014 kami melihat hasil dari SEM 2012. Di SEM 2012 yang menjadi juara dari UrbanConcept Gasoline adalah ITB dengan capaian 196 km/L. Tentu paling tidak kami harus menyentuh angka 190. Mohon doa dan dukungannya ya bro, bisa follow akun @bengawanteamuns atau like Fan Page Facebooknya disini bisa kok! Bismillah untuk masa depan yang lebih baik.

"develop energy-saving and fuel efficiency for better future"

Komentar

  1. semakin banyak sumber daya alam terorsir dan susah dpt inofasi baru buat bahan bakar, inofasi dlm bentuk kendaraan ginian nih yg paling penting :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inovasi mas. Bukan inofasi. Hehe

      Semoga semakin berkembang ya teknologi di Indonesia. Apalagi karya-karya putra bangsa :D

      Hapus
  2. Selamat kakak!
    Moga di kompetisi selanjutnya bisa berhasil. Semangat buat temen2 lennya!
    Salam buat Samudra, bilangin ke Samudra untuk selalu semangat ya kakak. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ntar dibilangin ke Samudra-nya :D
      Thanks doa-nya ya.

      Hapus
  3. Ternyata banyak kreasi mobil2 dengan "keiritan yang nyata" buatan anak bangsa, nggak kayak LCGC. Ntahlah kenapa mobil2 super irit kayak gini belum diproduksi secara massal :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena ini adalah kompetisi kak. Dan juga masih prototipe. Jadi belum bisa di produksi massal seperti LCGC yang sudah melalui banyak RnD. :D

      Hapus
  4. wainih suka soal perbaruan energi.. mantap men :D

    BalasHapus
  5. Keren!! Selamat ya kak atas keberhasilannya! :)

    BalasHapus
  6. huebat... Pemerintah kapan yee mau serius marakin produksi ginian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disaat mereka mulai serius terhadap masa depan. :v

      Hapus
  7. keren , , , ,
    semoga sukses . . .

    salam kenal . . .mampir diblog q yaa . . .

    BalasHapus
  8. mantap bro :D
    semoga lo dan semua tim mendapat hasil yang terbaik.
    eniwey bikin postingan yang membahas ginian lagi boleh nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Thanks bro.
      Bentar lagi bakal ada kok. Tunggu aja :D

      Hapus
  9. keren yak bisa bikin mobil begitu,
    semangat ya UNS bengawan, tapi jangan lebih tinggi dari ITS ya :p

    hiks bercanda bercanda :p

    BalasHapus
  10. Asli, gue pasti bangga banget jikalau bisa ikut berpastisipasi dalam event kayak gini. Apalagi dapet penghargaan.
    Beh, itu impian gue deh. Btw, keren jung. Semoga sukses ya untuk kedepannya! :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Post

Pengalaman Pengembalian Dana (Refund) Tiket Pesawat di Traveloka

FONT UNTUK NUANSA RAMADHAN DAN IDUL FITRI

LOGO BARU PIZZA HUT