Day 2 #30DaysSaveEarth - Matikan! Jika tidak perlu.

Sebagai mahasiswa jaman sekarang kayaknya gak bakal lepas dari yang namanya laptop. Secara mayoritas udah banyak banget yang pake gadget satu ini. Selain buat memenuhi dan menunjang kebutuhan kuliah. Digunakan buat ngerjain tugas kuliah dan lain sebagainya, laptop juga berfungsi sebagai sarana hiburan juga. Tentu saja ada sisi positif dan negatifnya.

Semakin banyaknya pengguna laptop maka akan meningkat pula konsumsi energi listrik. "Udah gausah pake laptop aja kalo gitu?" Oh gak segampang itu. Why not both? Bisa kok asal seimbang, gak berlebihan dan juga gak kekurangan. Secara wajar juga pemakaiannya.

Masih belum ngerti juga? Misal kalo kita menggunakan laptop dan baterai sudah terisi 100%, lepas aja. Gunakan energi yang tersimpan dalam baterai. Jangan terus-terusan di charge. Namun pengecualian untuk laptop yang sekarat. Dalam artian perlu suplai daya bukan dari baterai. :)

Selain itu, mematikan komputer selama tidak digunakan akan mengurangi emisi karbondioksida sebanyak 8.3 juta ton per tahun loh!! Wah hal kecil aja bisa menghasilkan sesuatu yang besar loh. Kenapa nggak? - #30DaysSaveEarth

Sumber:
eia.doe.gov
climatecounts.org
stepitup2007.org

Komentar

  1. Memang sesuatu yang besar harus dimulai yang kecil dulu. Simple bgt sebenernya, mencabut colokan yg ngga terpakai. Tanpa disadari inilah yg sering terjadi di masyarakat. tivi yg dimatikan lewat remote tanpa memutus koneksi listriknya, padahal arus msh terus berjalan. juga perangkat2 elektronika lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk kita sadarkan masyarakat. Setidaknya dengan tulisan #30DaysSaveEarth kita bisa menggugah kesadaran mereka :)

      Hapus
  2. Dan sayangnya baterai laptop saya rada rusak, jadi charger harus nyolok terus. Oh manusia emang banyak alasan ya.

    BalasHapus
  3. sadari semua dari sekarang ya sob.. ok lah kalau begitu, tulisannya bermanfaat bgt sob :)

    BalasHapus
  4. wah harus gitu ya sob? oke deh, terima kasih sudah di ajarkan :D
    izin follow ya bang, izin minta di folbek jg hehehehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Post

Pengalaman Pengembalian Dana (Refund) Tiket Pesawat di Traveloka

LOGO BARU PIZZA HUT

SAMUDRA!