Tips Ngeblog

Blog! via ilovetypography.com

Nah ini, gue mau share tentang hal-hal yang berbau blog. Jadi bukan cara-cara ngetwit lagi yang mau gue bahas disini. Karena kemaren sudah gue bahas.

Dan disini gue mau ngebahas tentang blog. Loe tau kan kalo blog itu tempat kita menulis. Dan kadang yang kita tulis sangat berguna dan penting buat orang lain. Nge-aksesnya pun harus gampang.

Misal bikin blog yang url-nya enak didengar dan gampang dihapal.

Contohnya "polbekakak.blogspot.com" atau "likestatusgue.blogspot.com". Jangan mencampur adukkan huruf dan angka terlalu ekstrim, itu bikin mata yang denger rusak. Misal "n0m3ntion.blogspot.com", ini gaenak banget. Banget!
Judul! via my.copyblogger.com

Dan viewers dari pengunjung di blog kita itu tertarik dengan judul. Itu yang pertama. Usahakan bikin judul yang penasaran dan bisa dibilang "kepo-able". Misal "Rahasia Cewek di Pagi Hari" ini bisa jadi sasaran empuk buat perjaka-perjaka yang jomblo.

Selain itu kenyamanan pengunjung saat berada di blog loe harus diutamakan. Gue paling gaenak kalo blog yang 'ads' nya bertebaran dimana-mana, apalagi 'ada pop-up ads'. Ini disuruh baca postingan apa ngelirik obat kuat?

Belum lagi kalo loadingnya lama, nah ini ada hubungannya sama widget dan template dari blog tersebut. Widget yang lebay dan kebanyakan bisa bikin loading blogmu kelamaan. Kelamaan nunggu bikin visitor ngambek. Loe sih nge PHP-in visitor!

Selain itu usahakan untuk rajin ngeupdate blog loe. Kasihan pembaca yang nunggu postingan loe. Tapi gak kunjung di post. Lagi-lagi PHP. Biasanya lakukan seminggu dua kali udah cukup kok. Tentu sebelum ngepost jangan lupa review dulu yang akan di publish.

Promosikan!! Nah kalo yang satu ini adalah pilihan. Jadi ada suatu saat loe bakal jadi pengiklan. Ngiklanin blog loe dimana-mana. Karena sekarang udah banyak social media yang bakal ngebantu loe buat promosiin blog loe. Misal loe minder buat promosi, misal. Dengan alasan "gue masih amatir". Persetan dengan amatir!! Dengan diketahuinya kekurangan loe oleh orang lain itu bakal jadi kritik yang membangun. Misal gak ada yang tau, trus yang ngritik loe siapa? Simi-simi?

Tapi jangan sampe kelewatan promosinya. Terkadang ada yang sampe ngiklan dan komen dimana-mana. Begini, ada suatu saat blogger modern membuat suatu tulisan yang bermanfaat. Dan tentunya dengan senang hati pembaca akan menunggu-nunggu tulisan tersebut. Masalah followback atau nggak, dikunjungin atau nggak, dikomentarin atau nggak tentang blog loe, itu urusan belakangan. Jujur gue sering gak follow, komentar tapi blogwalking. Ini bukan kepo, tapi eksisisme itu akan muncul dengan sendirinya. Bukan orang lain yang 'terpaksa' mengakui ke-eksis-an loe.


Marketing blog udah, konten udah, nah sekarang apa lagi Jung?

Sabar dikit. Disini gue akan jelasin gimana caranya liat pengunjung. Amati statistik di blog loe. Dari mana, siapa dan bagaimana mereka dapat ngejangkau blog loe. Ini udah bisa dilihat dari blog yang udah berumur lebih dari 3 bulan-an. Istilahnya kita mencari momentum pasar buat ngepromosiin blog kita. Contohnya kayak jas hujan, iyakali kalo jualan jas hujan dimusin kemarau. Yang bener itu pas bulan puasa kita usaha jualan hijab atau baju muslim. Itu namanya memanfaatkan momentum.

Gitu aja sih sebenarnya tips-tips dari gue tentang gimana caranya bikin blog kita jadi optimal. Kalo udah lama ngeblog pasti 'feeling'nya dapet kok. Gue juga pengen promosi nih.

Dan buat blogger yang statistik blognya banyak diakses dari smartphone Android bisa bikin mobile app nya. Ya agak ribet sih, tapi siapa tau berguna. Banyak kok app maker online dan bagus, AppYet salah satunya. Untuk nerbitin aplikasinya secara indie saja. Alias nggak submit ke Play Store.

Minusnya ya.. visitor nggak bisa nikmatin template loe via desktop. Kan liat di mobile app. Dan nggak bisa nulis di kolom komentar. Hehehe...

Komentar

Posting Komentar

Popular Post

Pengalaman Pengembalian Dana (Refund) Tiket Pesawat di Traveloka

LOGO BARU PIZZA HUT

Sebenarnya, +62282 Ini Nomor Siapa Sih? Kok Misterius.